Thursday, August 24, 2006

Si Cantik Edinburgh

Jam 9 pagi teng rombongan nyampe di Edinburgh. Inget ya, bacanya Edinbra, kayak Adakadabra gitu. Hihiehiehie. Dari perjalanan, Elizar dan Rury dah dikontak. Elizar supaya bergabung bersama kita di haltenya Megabus, sementara Rury selaku tuan rumah biar gak lupa ngejemput kita gituh.



Begitu nyampe Edinburgh, belum sempet mengagumi kotanya nih, kita udah sibuk ngedumel. Dingin bangeeettttt.. tulluuunggg.. Huhuhuhu, ini Scotland mungkin emang sinting ya, dinginnya ampun-ampunan. Sementara mau langsung pake jaket, rada tengsin. Soalnya orang-orang yang lewat sebelah kita pada anteng-anteng aja cuma pake kaos, huhuhuhu.. Dan pas Rury nyampe pun, kita nyaris pengsan. Rury juga cuma pake kaos dan gak ngerasa kedinginan! Huhuhuhu.. nanti kan kamu sakit.. *cie*

Dari bus stop-nya Megabus, Rury mengajak kita jalan kaki ke asramanya di Richmond Place. Rury memutuskan untuk gak ikut jalan-jalan sama kita,huhuhuhu, soalnya dia mesti ngerjain disertasi yang deadlinenya adalah tanggal 1 September. Huhuhu, ya udah, kerja yang rajin yaaaaa... Tapi tentunya dia menampung barang-barang kami dulu dong di asramanya, trus nganterin kita ke Scotline Tours buat bayar Highland Tour untuk hari Jumat. Siiiiipp deeehhh..



Abis kelar urusan administratif, rombongan plesir mulai bergegas. Tim begowl kali ini adalah gw, Citta, M'Eni, Erwin dan Elizar. Tika dan Ucup ngelayap sendirian. Dan Rury kembali belajar. Mari kita hajar Edinburgh Castle, teman-teman? Mariiiiiihhh...

Jalan utama Old Town-nya Edinburgh disebut Royal Mile. Di ujung sono adalah Edinburgh Castle, sementara di ujugn sini adalah Holyrood Castle. Jadi ya menu utama plesir Edinburgh yang cuma sehari ini ya membelah Royal Mile doongg.. apalagi?

Waaa.. Edinburgh cantik sekali deh. Mmmm agak sulit ya menggambarkan cantiknya gimana. Sama-sama kota tua kayak York siy, tapi lebih menggetarkan gitu. Kekekke.. apaaaa coba menggetarkan. Tapi berasanya emang lebih beda, kayak ada di manaaa gitu. Bangunannya tuaaaa semua, tapi caem-caem. Pas kita mulai jalan pun suasana kota udah agak rame. Kita emang nyampe di bulan rame-ramenya di Edinburgh. Sepanjang bulan Agustus adalah bulan festival buat kota ini. Festival macem-macem. Ada festival film, buku, military tattoo, fringe festival, banyak deh. Tapi ya sudah lah, biarlah para festival itu berlalu, kami mesti membuat prioritas neeehh.. Dan Edinburgh castle jadi pilihan pertama.



Ngantrinya rada panjang ya bo. Sebelum masuk ke Edinburgh Castle, kita ngelewatin lokasi tempat Military Tattoo berada. Military Tattoo itu pertunjukan ala militernya Scotland gitu deeei. Tiketnya udah sold out dari berbulan-bulan lalu, jadi ya lupakan saja. Udah ngantri niy, pas baca papan tiketnya, huuuuu payah, gak ada concession ticket buat pelajar! Hhhhhh.. yang dapet concession cuma yang umurnya di atas 60 tahun. Gw udah ada keriput sih di ujung mata, tapi kan gw belum umur 60 tahun.. kalo gitu boleh dapet concession gak? Kekekekeke.. Jadilah bayar £10.30 buat masuk kastil. Awas ya kalo gak keren!



Lalu kita masuk dong, eng ing eng. Waaaa besarrr deh kastilnyaaaa... Asik asik asiiik, seru! Kita langsung cari tempat yang paling atas biar bisa pose-pose asik. Kastilnya ini emang asoy. Terletak di tengah kota, trus di atas bukit. Nah kontur-kontur ini jugalah yang membuat Edinburgh tampak cantik jelita, karena banyak naik turunnya gitu. Ini juga yang membuat jarang ngeliat orang pake sepeda di kota kecil seperti Edinburgh ini. Ya karena jalannya banyak yang nanjak!



Di kastil itu banyaaaaaakk bener yang bisa diliat. Banyak museumnya, trus spot foto-fotonya keyen-keyen. Ahh susah deh emang kalo plesir dengan tujuan cari background foto yang beda... dikit-dikit pose, dikit-dikit foto, kekekeke.. Tapi ya gitu deh, lagi-lagi cuacanya bikin binun. Panas mataharinya oke, pas buat foto-foto. Tapi makin ke atas, anginnya juga makin mantep. Huhuhuhu...

Setelah perut laper, penjelajahan di kastil pun kita sudahi secara paksa. Selain karena emang laper banget juga karena masih banyak yang perlu dijelajah di kota ini. Cuma sehari neeehhh kesempatannyaa...



Di jalan, rame orang dah! Maklum, Agustus kan emang bulannya festival di Edinburgh. Segala festival ada di sini. Jadi di tengah kota emang penuhhhhhh banget. Ada pertunjukan di pinggir jalan gitu, trus rame orang sliweran bagiin selebaran. Aduuuuu kepinginnya siy menjelajah festival-festival itu, tapi kami cuma punya sehari nih di sini... pigimana dong? Hidup emang penuh pilihan-pilihan sulit.

Kelar dari situ, okeh, kita cari tempat makan. Wah, wasalam aja deh kayaknya kalo nyari makanan Asia. Susye, gak nemu-nemu. Apalagi kita ada di tengah kota gitu, udah pasti makanan andelannya adalah fish and chips yang maha gak enak itu. Huhuhu, apbolbu. Jalan-jalan dikit, mampir toko suvenir bentar, trus nemu lah itu sebuah resto kecil nyempil. Yang lain makan fish and chips, gw dan Elizar beli kebab. Mayaaaann, porsinya geda minta ampyun..



Setelah makan, plesir lanjut dong. Kita menyusuri Royal Mile yang berujung di Holyrood Castle, sesuai promosi Rury. Capek juga ya jalannya. Jauh boooo. Tapi ya jalannya turis dikit-dikit berhenti pose atau mampir. Satu yang gw heran adalah toko suvenir di tengah kota Edinburgh ini kayaknya gak niat-niat amat jualan. Bukan perkara mereka tutup cepet atau gimana. Pilihan suvenirnya itu lhoooo, dikit banget! Udah dikit, gak terlalu keren pula. Gw dan Citta kecewa gitu dong. Soalnya kami menahan diri gak beli gantungan kunci di Edinburgh Castle dengan dugaan bahwa toko suvenir di luar pasti menjual dengan harga lebih murah. Eh malah lebih mahal! Idiiihhh. Di kastil, gantungan kunci harganya £1.50, sementara di luar £1.99. Iya siiiii cuma beda 49 pence, tapi kan tetep aja! Huh!



Nah salah satu mampiran kita adalah museum kecil berjudul Museum of Childhood. Aih lucunya. Di Edinburgh itu juga ada museum buat ordinary people lho! Kekekekeke lucunyaaaaa.. tapi sayang gw gak sempet mampir di sana. Di Museum of Childhood ini, huhuhuhu.. ceyem. Gw gak berasa teringat masa kecil gitu. Yaaaa ada sih spot-spot yang oke, tapi pas masuk bagian boneka, hiiiiiii... Serem! Kayak boneka yang di film horor gitu. Hiiiiii.. trus ntar bonekanya melek, gerak sendiri, atau tiba-tiba bawa piso.. idiiihhh.. malessss...



Akhirnya kita sampe juga di ujung jalan, yang artinya tiba di Holyrood. Dipagerin. Apa? Mesti bayar buat liat dalamnya Holyrood. Apaaa??? Emoh emoh emoh. Mendingan liat-liat aja deh. Kasian itu anak-anak, kayak anak ilang gak boleh masuk rumah orang kaya, kekekekke..

Abis dari situ, mmmmm kemana lagi ya? Dudidamdidam. Mari kita cek buku panduan wisata. Ooooo kita ke Calton Hill aja yok! Emang ada apa di sana? Tauk. Trus ngapain ke sana? Errrrr... soalnya ada fotonya di brosur? Kikikikik.. Jawaban gw cukup cemerlang gak?

Setelah ditilik-tilik, ternyata deket juga tuh dari Holyrood. Okeh, mari kita hajar bleh. Yang penting kita menyusuri Calton Road dulu, trus ntar nyari belokan ke kanan biar ke Regent Street/Road gitu, nahhhh Calton Road udah deket deh. Tapi ini jalan Calton Road kok mencurigakan sepi gini yak? Gak ada turis lewat. Mmmmm jangan-jangan salah jalan? Ah enggaakkk *ngotot* Trus Erwin berbaik hati naik tangga yang ada di sebelah kanan kita, untuk mengecek ke mana tangga ini akan membawa kita. Ooooo ternyata tangga ini pilihan tepat. Dari situ, ternyata itu tangga membawa ke Regent Street atau Road itu, trus nyampe di Calton Hill deehh.. Sip sip sipp..



Mengingat namanya adalah Hill, tentu saja nanjak. Aduuuuu dengan bodi yang makin rontok, gak pernah olahraga, kebanyakan belajar *cie* kayak gini, jadi beraatttt bener pendakian. Tapi kita harus semangat! Semangaaaatttt! *keringetan*



Perjuangan kita tidak sia-sia! Horeeeee... Indahnyaaaa pemandangan dari atas. Nyam nyam nyam. Kita langsung foto-foto mati mampus gitu di sana. Tidur-tiduran di rumput, ngaso, sok berjemur kayak bule *padahal abis itu Citta ngeluarin payung*



Ayoooo ngapain lagi yuuukk! Tika mengusulkan ke sebuah toko kue yang direkomendasikan temennya. Penjualnya udah tuuuuaaaa banget, trus kuenya murah-murah. Yang lain setuju doongg! Oke, trus gw sebagai pemandu mendiskusikan sama Tika. Lokasinya di mana ya Jeung? Ooooo ternyata mesti balik ke arah Holyrood. Idih, males. Pertama, udah ke sana. Kedua, sepiiiii gitu di sono, rugi rugi rugi. Jadi dengan culasnya *maaf teman-teman* kami dokem-dokem wae dan mengarahkan rombongan ke tengah kota Edinburgh. Kekekekeke.. terungkaplah taktik busuk gw.. kekekekek..



Gimana kalo kita cari taman trus buka bekel? Eh, bekelnya sih belum ada.. makanya mampir M&S dulu nyari cemilan, hihihihi. Abis itu kita ke taman depannya Arts Gallery gitu sambil duduk-duduk. Tadinya mau naik Scott Monument yang tinggiiii dan ada di tengah kota itu, seperti usul Tika. Oke, kebetulan tamannya juga deket-deket sono, jadi pas. Eeehh apa? Bayar lagi? Ckckckckc, keterlaluan ini Edinburgh. Mbok yao belajar dari London gitu, banyak tempat yang gratisan gitu. Heraaaaann.. Jadi ya, lagi-lagi, lupakan saja. Kamu tidak beruntung nak.

Ya sudah, kita ke taman aja. Gratis kan? Kikikiki. Menikmati bekal, sambil tidur-tiduran di rumput lagi. Aduuuu kebayang gak siy kalo rumput di Jakarta. Bawaannya curiga kalo bikin gatel-gatel, hiehiehiehie..

Dari situ, kita ke rumahnya Kak Icut. Bukaaan, bukan Icut Sugiarto *masyaauloh garing* Ini adalah sodara jauhnya Elizar yang tinggal di Edinburgh. Kak Cut ini mengundang kita untuk makan malam di rumahnya. Apaa? Aduuuuu kok dia baik sekali.. Apa gak takut makanannya abis yaaaa.. ikikikik...



Setelah naik bus nomor 41, kita pun sampai di sana. Di rumah itu emang lagi ada pengajian gitu, 100 hari meninggalnya bapaknya Kak Cut ini kalo gak salah. Jadi ya emang ada makanan banyak gitu. Sampe di sana, kita digiring ke ruang tamu. Wah, sudah ada meja menanti. Baru berapa menit duduk, muncul bakwan. Beberapa menit kemudian, menyusul martabak. Lho lho, apa-apaan ini. Abis itu nongol lagi ayam bakar. Lhoooo. Abis itu mi temennya bakso. Lhooooo.. kok enak! Trus lumpia. Trus bolu pandan. Trus marmer cake. Buseetttttt... Ini udah lebaran ya?





Di rumah ini, Citta langsung punya anak angkat. Anaknya Kak Cut ini luuuuccccuuunyaaaaa minta ampyuuuunn. Yang pertama namanya Adam, yang kedua namanya Fabian. Masaaaalloooohh, cakeeuuuppp bener ini anak dua. Huhuhuhuhu.. Citta udah pengen nyulik Fabian dan masukin ke dalam tas, untung ketauan sama Kak Cut, kekekeke..

Makan-makan dilalui dengan giat. Widih, pigimana enggak, lah wong makanannya nendyaaaaangg semua. Huhuhuhu, ini sungguh mengharukan. Bagai bertemu oase di padang pasir. Bagai bertemu pangeran ganteng setelah tidur 100 tahun. Bagai merem sebentar trus tring tring disertasi udah kelar aja. Aaaahhh..

Setelah kelar makan beronde-ronde, kita pindah ke ruang keluarga gitu. Nonton tipi sambil ngelanjutin ngobrol sama Kak Cut. Waaahh banyak cerita seru deehh, menyenangkan. Belum lagi itu Adam dan Fabian belum bobo juga, jadinya kan kita mainan terus sama mereka.



Akhirnya kita mesti pulang jam 22. Soalnya bus terakhir itu jam 23 dan kita mesti dua kali naik bus gitu kalo pulang ke rumah Rury. Terima kasiiiiihhh yaaaa buat makanan yang enakkk dan hiburan berupa Adam dan Fabian!



Yang seru tuh pas kita udah mau pamitan. Soalnya Adam dan Fabian langsung berebutan lari-lari ke ruang tamu. Di ruang tamu itu kan ada jendela, mereka berdua langsung berdiri di atas kursi yang ada persis di sebelah jendela. Mereka menyingkap korden dan nempelin muka mereka ke kaca jendela. Aduuuuuuu lucunya kaliaaaaannn..

Huhuhuhu.. kita culik aja pigimana itu dua anaknya Kak Cut? Huhuhuhu, gak kebayang, dulu Adam dan Fabian ini nyaris jadi korban tsunami, huhuhuhuhu.. Untung kalian selamat ya nak.. Cinicinipeyuk duluuuu.. *apa seeehh*

3 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Citra, kok gak maen ke Royal Britannia Yacth duh apa ya namanya *loe google aja* yang bekas kapal dinasnya ratu elizabeth. murah kok tiket masuknya cuma 5 pound buat pelajar. ada pralin enak diatas kapalnya...tapi dah lewat ya? kekekekekkk.....

29/8/06 2:07 PM  
Anonymous Anonymous said...

Aduh, kamyuu tuh yang luccyuuu....dasar srimulat!

*siapa lagi kalo bukan si pembawa keceriaan...kik3x

29/8/06 2:56 PM  
Blogger pippilotta said...

ah sly. kamu membuatku tersipyu.

31/8/06 4:38 PM  

Post a Comment

<< Home