Friday, August 25, 2006

Mencari Nessy

Gw kenal Monster Loch Ness ini gara-gara baca komik 4As jaman SD dulu. Aduuu gw udah lupa itu nama tokoh komiknya, tapi yang jelas mereka pake mobil butut kotak-kotak putih merah gitu. Eh itu mereka bukan yak? Kekekekeke.. susah, ini otak kayaknya perlu gw defrag.

Dan hari ini kami mencari si monster dooonggg.. Caranya adalah dengan mengikuti Highland Tour. Tur kali ini disponsori oleh Scotline Tours. Bayarnya £28 per orang. Mayaaan ya boooo.. Tapi masa ke Scotland tapi gak ke Highland? Idiiih, kurang pooooll itu namanya. Jadi ya kita bela-belain ajah. Sekali seumur idup neeehh! *sunat juga sekali seumur idup*



Jadilah kita jam 8 teng teng teng udah duduk manis di dalam bus-nya Scotline Tours. Pemandunya itu namanya Fred. Orangnya gondrong sebahu, pake kacamata, trus pake rok Scotland warna ijo gitu. Eh ngemeng-ngemeng soal rok Scotland, gw baru tau kalo ternyata motif itu berdasarkan klannya. Jadi kalo ke toko rok itu yang resmi gitu, ntar kita sebutin dulu klan kita apa, trus ntar dicariin motif rok yang tepat. Makanya di toko-toko itu biasanya ada poster silsilah keluarga gitu. Idiiihh mantep yak. Klan Sasongko motifnya apa ya? Bunga-bunga?

Perjalannya jauh nih boooo.. Sayangnya gak mampir Inverness, yang adalah ibukotanya Highland. Tapi gapapa deh. Kalo kebanyakan mampir, ntar di Loch Ness-nya cuma bentar, kan rugi. Scotline Tours ini gw pilih berkat riset mendalam. Sama mendalamnya kayak riset buat disertasi gw. Sumpah. Di antara tur-tur lain, dia yang paling murah karena sudah termasuk tiket masuk ke Urquhart (baca: Urket) Castle dan di Loch Ness-nya paling lama. Yaaaa beda tipis siy, tapi secara ongkos tetep aja Scotline Tours yang masi murah. Dan bener aja. Soal murahnya Scotline Tours ini sering banget diungkit-ungkit Fred sepanjang jalan. Dikit-dikit doi ngebandingin sama jualan toko sebelah. Dasar deh pedagang.

Fred ini pemandu yang sangat jago dan menyenangkan. Dia itu memandu sambil nyetir lho! Jadi doi sorangan wae. Gile gak siy.. mana trus dia kadang-kadang sambil baca gitu kalo dia agak lupa sama keterangan tempat wisata yang lagi kita lewatin. Padahal jalan di Highland ini rada berkelok-kelok. Amppuuuunn deh. Untungnya gw baru tau kalo dia nyambi baca itu pas udah mau pulang. Kalo enggak kan gw bisa cemas sepanjang jalan, kikikikik..



Fred ini juga lucuuuu bener. Dia ngejelasin dong ya sejarahnya Scotland. Pas kita lagi kena macet di tengah kota gitu, Fred bilang, kita lagi lewat di depan US Embassy. Orang-orang pada nengok dong ke jendela. Lah, mane? Kagak ada bendera Amriknya atuh di sini. Trus dia nunjuk deh ke McDonalds. Kekekekek.. ah kamyu, bisa aja. McDonalds, kata dia, lebih deket ke Irlandia ketimbang ke Scotland. Kenapa? Karena kalo Irlandia itu Mc... sementara kalo Scotland itu Mac... Jadi kalo minta menu BigMac di McDonalds Scotlandia, yaaa gitu deh, kekekeke. Trus Mac itu tuh menandakan dia itu anaknya siapa. MacKenzie, berarti son of Kenzie. MacPherson, berarti son of Pherson. Nah trus kalo MacBitch? Kekekeke.. ah kamyu, lucu deeehh..

Jam setengah sepuluh gitu kita mampir di satu tempat. Entah namanya apa, lupa. Yang jelas di sana ada toko suvenir yang lebih serius. Barangnya lebih banyak dan caem-caem. Kita berhenti di situ karena itu jam ngopi pagi, trus sekalian liat hammish. Eh, hammish bukan ya namanya? Semoga bener deh, gw males ngegugel nih.. hihihi..



Sepanjang jalan, cuma satu kata deh buat menggambarkan pemandangannya. Caem banget. Eh, itu dua kata yak. Yaaaa caemmm deehh pokoknya. Huhuhuhu, sebelnya, kita cuma bisa motret dari balik kaca bus dong. Namanya juga masih dalam perjalanan. Kalo semua tempat keren dimampirin mah bisa gak kelar-kelar ini plesirnya. Jadi yaaa selalu ada aja momen-momen gagal motret. Pemandangan bagus, eh tapi keliatan pantulan kamera gw. Hhhhh enggak banget daaahh..



Tapi beneran deh. Pemandangannya manteeeeeeppp banget. Aduaduaduuu.. bahagianya berhasil ke Highland. Bisa cerita ke anak cucu teman sodara. Tapi ini membuat gw berpikir. Di Indonesia ada gak ya tur yang kayak gini? Jalan-jalan pake bus, trus ada pemandunya gitu. Pemandunya yang lucu gitu kayak Fred, jangan yang basi. Masa sih gak ada? Atau ada tapi buat bule doang? Hhhhh ini dia yang bikin kesel. Turis lokal mah gak pernah dapet perhatian. Dan ini membuat pemandangan-pemandangan indah hanya milik anak pecinta alam yang lebih punya akses ke sana. Padahal kan gw pengen juga ke sana, tanpa perlu jadi anak pecinta alam. Gw juga cinta koookk.. beneran!

Di jalan, tanpa diduga, gw rada mabok. Puyeng gitu gw sepanjang di bus. Dasar memalukan. Masa gw mabuk darat kayak Rini? Idiiiihhh enggak banget. Tapi begitulah kenyataan yang harus gw hadapi *keluh* Gw udah berteman Vicks vaporub aja sepanjang jalan. Biskuit udah gw abisin, gw udah bulak balik makan permen, teteup aja berasa mual. Huhuhuh enggak banget. Soalnya kalo ketemu udara segar, gw baek-baek aja. Gak berasa mabok lagi. Huhuhuhu, gak bisa mampir warung beli antimo dulu ya Fred?



Tapi mungkin juga karena gw laper. Kekekeke, payah bener ini perut gw, sulit kompromi. Jam 12-an gitu kita mampir makan siang. Assseeeekkkk. Liat-liat menu, APA? Fish and chips? Adddoooohhhh.. gak ada nasi rawon neh? Huhuhuhuhu. Masa abis puyeng-puyeng gini mesti makan fish and chips LAGI? Tidaaaaaaakkkk.. *oh Sly betapa kami merindumu* Tapi yaaaaaa... mau pigimana lagi? Makan aja dah, gak usah dirasain.

Heraaaaaannn kenapa sih orang Inggris gak bisa bikin menu yang lebih canggih dibanding sekadar fish and chips? Fish-nya mak plek digoreng gitu doang, kadang masih berminyak jijay gitu, hhhhh. Trus chipsnya gede-gede, gak ada rasanya... Heraaann.. Mereka apa gak kenal bawang putih atau garem gitu ya? Percaya deehh, lebih enaakk tauuukk..



Perjalanan pun berlanjut. Lagi-lagi di dalam bus kita dihibur dengan musik khas Scotland dari bagpipe. Satu dua jam mah masih keren. Berasa heroik gitu. Kalo pas musiknya asik, dipadu dengan pemandangan alam yang manstaf, berasa kayak di film gitu, kekekkeek.. Tapi setelah lewat dari satu dua jam... aaaaahhhh, boleh gak volumenya dikecilin dikiiiiitttt aja? Atau musik diganti deehh. Emang gak bosen apa situ denger bagpipe melulu? Kami bosaaaaaaaannn.. Citta udah melolong aja setiap kali musiknya diputer lagi.. Tapi ya gimana, kita mesti toleran. Namanya juga di kampung Scotland, yaaaaa mesti dengerin musik bagpipe.. sabar.. sabar.. sabar..



Jeng jeng jeeengggg.. akhirnya kita sampe juga di Loch Ness! Jauh lho perjalanannya! Jam 14-an gitu kali kita baru nyampe sana. Jadi di tepi Loch Ness itu tuh ada Urquhart Castle, kastil dengan batu yang pertama kali dibangun di daratan Scotland. Kastilnya sih gak gede-gede amat, malah udah rada ancur, karena sempet diserang gitu. Diserang siapa? Ada deehh, gugel dong makanya yang rajin.. ya ya ya ya...

Loch Ness-nya sendiri biasa-biasa aja. Yaaaa danau gedaaaaa gitu deh. Airnya item-item wae tuh. Tapi teteup aja berasaaaaaaa gitu dong udah tiba di salah satu lokasi komik favorit gw jaman kecil dulu, kikikikik. Tentu saja kita gak ketemu sama si monster Nessy-nya. Tapi itu tidak membuat kita gentar.



Urquhart Castle-nya juga mayan. Tapi gak terlalu sempet menjelajah, soalnya waktu yang disediain itu cuma sebentar. Lho, kok waktu yang disediain? Iyah, soalnya kita akan naik kapal untuk melintas di Loch Ness ini. Idiiiiihhh mantep. Seperti dipromosikan Fred, "This is going to be the best £9 you spend today!" Iiiih situ bisa aja promosi. Ya udah, situ jual, kita beliiiiiiii...



Pose turis yang paling mantep hari ini adalah meniru turis Jepang. Bukannya kita benci lhooo sama mereka. Iiihh mereka mah mantep-mantep. Apalagi posenya. Dahsyaatttttt.. Dari hari ke hari, konsisteeeenn bener itu gaya. Perasaan gaya dua jari itu udah basiiiiiii bener.. tapi teteup aja turis Jepang selalu bergaya gitu. Demi menghormati mereka, maka jadilah.. senyuuuummmmm.. kita kasi dua jari!



Dari situ, kita naik kapal deh melintas Loch Ness. Asiiiiikkkk.. Di kapal, sebenernya ada pemandunya juga. Tapi suaranya kalah kenceng sama suara mesin kapal, jadinya ya lupakan saja. Gak kedengeran juga.

Madonna ternyata punya kastil lho di tepi Loch Ness. Dia beli itu kastil buat anaknya karena mau sekolah deket-deket situ. Sekolahnya sebenernya adalah boarding school, tapi Madonna malah beliin kastil aja buat anaknya. Eh malah anaknya gak jadi sekolah di sono. Gile, beli kok kastil. Bisa aja doi. Dia pasti bingung duitnya mau diapain lagi...



Tante Citta mulai hilang akal di atas kapal. Pose-pose ala Audrey Hepburn udah disikat gak lama kapal jalan. Ampun dah, kita mesti lebih banyak belajar pose dari Citta.

Perjalanan di atas kapal itu kira-kira ampir 40 menit deh. Barang siapa yang gak mau naik kapal siy boleh aja. Tapi abis dari Urquhart Castle itu mereka mesti balik ke bus. Soalnya Fred bakal jemput kita semua di tempat pemberhentian Loch Ness itu. Duuuuhh basi banget gak siy, udah ke Loch Ness malah gak melintas di atasnya, huhuhuhu. Tapi gapapa, mereka punya alasan di balik keputusan itu *pikirin amaattt*



Dari situ, yak perjalanan bus kembali dimulai. Tidaaaaaaaakk, bagpipe lagi? Ah, ini pasti ujian, ini pasti cobaan, hhhhhhh... Ya sudah kita nikmati aja. Sepanjang jalan, kita udah ngayal makan roast duck ala Bayswater yang mengundang selera. Paling enggak makanan Asia deh, apa aja! Citta sampe ngegugel pake cellphone, supaya kita bisa mencari tau di mana lokasi restoran Asia yang paling deket. Hiehiehiehi, niat yaaakk..

Sekitar jam 19 gitu kita mampir di Perth. Wih, jauh ya, tiba-tiba nyampe Australia aja! Ckckckckckc.. Di sono, mampir satu restoran lagi. Ngemil dong. Yaaaaaahhh namanya juga restoran kecil, di kota kecil pula, pastinya makanan andelan adalah fish and chips. Gak lagi-lagi deh! Hhhhhh bisa pengsaaaaannn kalo mesti makan fish and chips lagi. Trus dipaksa dengerin bagpipe sambil naik bus yang jalannya berkelok-kelok? Aaaaaaaaaahhhh tidaaaaaaakkk... Jadinya buat sore ngemil, pilihan kita jatuh pada scampi dan chicken nugget. Yaaaahh, mayan deh, paling enggak beda suasana dikit..



Jam 20.30, kita sampe lagi di Edinburgh. Setelah sujud syukur *ya enggak laaahh* kita langsung bergegas cari makanan. Meskipun akhirnya sukses nemu resto Asia dan memesan roast duck, menu yang keluar ternyata adalah bebek panggang yang pucat pasi dan gak mengundang selera. Aaahhh ya gapapa deeeiii, yang penting bukan fish and chips!

Berhubung udah malem, abis makan ya gak sempet ngapa-ngapain lagi. Kita jalan kaki aja dari Princes Street ke rumahnya Rury. Abis itu, tiduuuurrr dong. Beauty sleep teteup penting meski tengah liburan. Besok pulaang deeeiii..

Makan apa ya begitu nyampe London? Fish and chips kayaknya enak...

5 Comments:

Blogger Unknown said...

gw kudu moto di highland... kudu moto di highland...

cit, ke highland kalo dari rwmangun naik apa ya? macrolet?

30/8/06 5:32 PM  
Blogger pippilotta said...

hayuuuuuuu kamu mesti ke highland! nanti bikin foto pohon yang bagus yaaaa.. dan siapin duit buat beli kilt-nya :D

dari rawamangun, bisa naik macrolet. yang warna ungu itu lho. jurusan scotland, ada kok plangnya. jangan lupa bawa bakso charles rawamangun buat empan nessy ya..

31/8/06 8:10 AM  
Anonymous Anonymous said...

Cit, ngeliat Mas Fred jadi inget seseorang yang dari mana yang mana adalah temen gua juga. Makanya buruan lu balik, ntar gua tunjukin yang mana. Mudah2an dia belum potong rambut.
Tenang aja, lu nggak perlu ngubek jauh2 buat nyari temen gua yang mirip Mas fred ini. Gua naro dia paling depan pas Sept 16th ntar.

4/9/06 8:24 PM  
Blogger wordaholic said...

This comment has been removed by a blog administrator.

4/9/06 8:24 PM  
Blogger wordaholic said...

This comment has been removed by a blog administrator.

4/9/06 8:24 PM  

Post a Comment

<< Home