Wednesday, April 12, 2006

Mari Membajak Lagu Trendi

Semenjak di London, gw jadi updated banget sama lagu-lagu terkini. Kikikik... biasanya mah.. wasalam aje. Nita juga bangga sama gw karena biasanya gw sangat tidak bisa diandalkan dalam blantika per-lagu-an. Kini, semuanya berbeda! Selain menjadi penikmat, gw juga menjadi pemilik lagu-lagu terkini itu. Idih, seneng gak siiih? Seneng dwongs.. lah wong gretong!

Semua ini berkat perpaduan ciamik antara radio, internet dan CoolPro.

Mari kita berkenalan dulu. Apakah cool pro ini? CoolPro adalah peranti lunak yang biasa dipake kantor gw untuk ngoprek-ngoprek file audio. Lalu radio yang biasa gw dengerin sehari-hari adalah Virgin Radio. Dengan internet broadband ini.. ah.. dunia ada dalam genggaman!



Biasanya semua berjalan seperti ini. Gw denger lagu di radio. Tentunya, gw gatau dong itu lagu baru atau lagu lama. Pokoknya sering diputer aja, gw mah hayuh aja. Dengan mengandalkan telinga gw yang tajam, maka gw mencari tau judul lagu yang diputer lewat cuplikan liriknya. Begitu denger lagu, klik google, ketik lirik yang ketangkep kuping, lalu search. Voila, muncul deh itu judul lagu, penyanyi, plus liriknya. Nah, jadinya nyanyi-nyanyi deh gw. Dan dari situ juga gw akhirnya tau itu lagu baru atau lama.

Ini yang terjadi dengan lagu-lagu Jack Johnson. Sejatinya, keberadaan Jack Johnson baru gw ketahui dari Anto. Tepatnya dari blog Anto ketika dia menulis lirik lagu "Better Together" pas merana dilanda rindu sama pacarnya. Dari situ deh baru gw tau "Ooo.. ada toh makhluk bernama Jack Johnson. Kirain adanya Jekjon doang!" Kikikikikik...

Ada banyak lagu-lagu yang gw temukan berkat metoda listen-and-google ini. Selain lagu-lagu Jack Johnson yang seriinng , juga "Somebody Told Me" The Killer atau "Put Your Records On" Corinne Bailey Rae. Yang paling caem tentu saja lagu "Crazy"-nya Gnarls Barkley yang ahoy banget. Bikin ngangguk-ngangguk kalo kata Victor.

Apakah gw berhenti di situ? Tentu tidak. Ingat, kita masih punya internet dan CoolPro. Apa yang akan kita lakukan?



Aih, tentunya kita gak boleh mengaku sebagai warga dunia ketiga kalau tidak melakukan apa...? M e m b a j a k. Kikikikik... duh, maaf ya Citta.. Elu kan sekolah jauh-jauh di Queen Marry untuk belajar hak cipta yaak.. Maaf juga ya bagi sodara sekalian yang mendukung copyright..

Caranya gimana? Download? Aih, susah nyarinya bow. Meskipun gw nemu juga sih situs MuchMusic yang baik hati ini. Dari sinilah gw mendapatkan lagu "Crazy"-nya Gnarls Barkley. Nah, tapi situs ini gak melulu menyediakan lagu-lagu terkini yang telah gw temukan dengan metoda listen-and-google itu.

Menyerah? Tentu tidak.

Langkah selanjutnya adalah pergi ke Yahoo Lauch Cast. Dulu gw pake situs ini cuma sebagai pengganti radio aja, karena dia menyediakan berbagai 'radio station' yang tematik gitu jenis lagunya. Cuma beberapa kali aja gw menilik video klip yang disediain di sini.

Tapi pikir punya pikir... tring! Ide cemerlang pun datang.

Jadi gini. Pertama, gw cari dulu lagu yang pingin gw dengar dan miliki. Tepatnya, mau gw bajak. Kedua, gw buka file CoolPro. Lalu secara simultan, gw klik video klip dari lagu yang mau gw bajak dan klik record di CoolPro. Voila! Lagu tertrendi pun berhasil gw curi dari dunia maya!

Berkat metoda ini, gw sudah memiliki lagu-lagu Jack Johnson, single terbaru Morrissey, lagu-lagu Graham Coxon yang gak masuk Indonesia buat minke, Arctic Monkey yang belum masuk Indonesia, terakhir "One"-nya Mary J Blige dan kini "Music is Power"-nya Richard Ashcroft.

Senang! Duh, udah bisa ikut Gita Remaja dwong neeehh..

Ngemeng-ngemeng, gw gak terpelajar bener yak. Yang di-download kok ya lagu gitu lho.. bukannya jurnal.. oh...

5 Comments:

Anonymous Anonymous said...

lohh.. cit, kan private use.. gapapa lah, kl lo ada apa2 gue bakal belain, kikikik.. (citta)

13/4/06 12:06 AM  
Anonymous Anonymous said...

eh, jgn salah. citra berencana ngeburn lagu2 nya gitu ke cd lalu dijual ke anak2 loh... ini bakal segera jadi peer use!

13/4/06 7:40 PM  
Blogger Unknown said...

Cit, kalo di sini bisa kena denda sama Uni, kalo ketauan seh, £50! Mending beli CD-nya aja. hehehe.. BTW, ada site lain juga buat online MP3 gratis: MULTIPLY! Di situ banyak member multiply yg upload lagu2 yg bisa kita donlot.

BTW, Jack Johnson seh udah terkenal atuuuhhh.... Selain 'Better Together' gw juga suka 'Situation'. Ada CDnya gw, 2 biji pulak.

16/4/06 1:47 PM  
Blogger pippilotta said...

aduh martin. sebaiknya gw mencari tau peraturan di uni gw gak ya? atau gw copot aja postingnya? *sok panik, padahal cuek*

waaaa... boleh deh gw menjelajah ke multiply! *bukannya insap*

huhuhu, gw emang agak gak bergaul nih tin di blantika perlaguan.. huhuhu.. ntar gw pinjem aja deh cd lu, kikikik.. tapi gw curi juga yak isinya, kekekekek... teteuuupp..

18/4/06 7:31 AM  
Blogger Imansyah said...

hihi.. do almost the same thing with:
- YouTube
- keepvid
- total .. video converter

jadi, gw pergi ke YouTube, kopi link nya, paste di KeepVid, download video nya.. dan kalo mau jadiin mp3 ato wma, tinggal convert pake TVC.

btw, salam kenal.. dapet link ini dari sebuah aggregator.. :)

2/5/06 8:14 AM  

Post a Comment

<< Home