Friday, April 07, 2006

Kontemplasi Pagi

Essay horror = 3389 dari 3500 words
Essay diaspora = 2922 dari 5000 words
Essay playboy = 0 dari 5000 words

Susah bener nyari kata-kata hari gini. Kayaknya mereka semua beterbangan di udara. Kalaupun berhasil gw tangkap, maka harus gw sulap lagi dalam bahasa Inggris. Trus ntar begitu gw ketik, gw gak nyandak sendiri sama apa yang gw tulis lalu gw ubah lagi, gw ubah lagi, gw ubah lagi. Trus dikit-dikit ngecek tools-word count, berharap ada keajaiban terjadi dan tiba-tiba essay gw udah kelar.

Gak mungkin ya?

Gw easily distracted total. I mean, TOTAL. Langkah awal standar gw adalah invisible di YM. Tapi orang-orang mah udah tau sama tau aja, biar kata gak keliatan online, udah pasti online deh. Dan bener aja, godaan mah di mana-mana ada. Seperti kemarin, pas Arry ceting nanya soal Kew Garden. Huhuhuhu, pingin ke sanaaa..

Langkah kedua adalah nyalain skype, tapi di-invisible juga. Jieh. Abis skype bisa jadi sarana cetingan juga sih, jadi kan rawan ketak-ketik gak perlu neh. Lalu tiba-tiba ada cetingan di skype dari Anto: udah berapa kata? Aaarrrrggghhhh...

Duluuuu gw pikir belajar di perpus adalah ide yang bagus. Jadi kan gw gak tergoda melakukan hal-hal yang gak perlu. Konsentrasi gitu. Apalagi gw akan berada berdekatan dengan kumpulan buku-buku. Selain bikin jiper, juga memudahkan akses gw untuk bergerak ambil buku yang gw perluin. Teorinya gitu kan.

Tapi gak berlaku buat gw. Kalo belajar di perpus mah gw bawaannya ngantuk. Sumpeh mati bow. Perpus itu terlalu sepiiiiii buat gw. Dan karena terlalu sepi, gw berkecenderungan untuk mencari distraction. Kalo ada orang masuk, gw liatin. Kalo ada orang melakukan pergerakan apa gitu, gw noleh. Trus sok nengok-nengok ke arah koleksi buku. Yang gak puguh-puguh gitu deh gw kerjain, huhuhuhu...



Lalu kekurangan paling penting dari belajar di perpus adalah susah makan minum. Nah, bener kan. Coba bayangkan. Kita lagi asik-asik belajar (oooyyyeeeaaahh) lalu tiba-tiba laper dan makanan gak ada dalam jangkauan tangan. Mesti beres-beres barang dulu di perpus, lalu ke kantin, lalu makan dan balik lagi ke perpus. Belum lagi kalo balik lagi ke perpus trus udah gak kebagian tempat duduk di reading room. Tuh, males kan? Malesss dwongs.

Dan di reading room itu gak semua meja/tempat duduk ada internet point-nya. Let's say gw lagi ngetik essay di kampus dengan tumpukan buku di sekeliling gw. Lalu kalo ada bahan yang mau gw cari di internet gimana? Gantung kan? Masa gw mesti turun dulu ke computer room untuk mengakses internet? Ih ribet.

Gw sempet nemu tempat andelan untuk belajar di kampus, yaitu di learning resources-nya SOAS Language Center. Nah ini top banget. Ruangannya penuh jendela-jendela besar, jadi gak menimbulkan claustrophobic. Lalu meja diletakkan di tepi jendela gitu, nah asik kan. Trus di ruangan yang sama ada komputer plus internet yang bisa gw manfaatkan setiap saat. Tinggal pindah tempat duduk aja. Dan, ruangan ini tuh gak crowded, mungkin karena gak semua orang ngeh sama keberadaan tempat asoy ini ya. Tapi ya itu. Karena ada jendela gede, gw bawaannya pengen motret-motret luar gitu. Huhuhuhu..



Ah pencarian gw belum kelar soal perpus itu. Gw jajal Senate House. Siapa tau bisa belajar di situ. Halah, malah tambah enggak banget. Claustrophobic abisssss... bikin stres bow.



Hm, lalu sebenernya gw butuh suasana belajar seperti apa? Mungkin belajar sambil ngopi, bisa kali ya? Hoke, waktu dulu masih ada Bimo di London, gw sempet jajal. Waktu itu kita janjian di Starbucks Leicester Square, lalu gw mesti baca bahan. Sialnya, gak dapet tempat duduk di dalem. Gile aja, lagi winter terus belajar di luar. Brrrrr... salah banget daah..

Hadoh. Sulit yaw bow. Mungkin menemukan suasana belajar yang tepat itu sama sulitnya seperti nyari soulmate. Anjrit, daleeeem bennerrrr..

0 Comments:

Post a Comment

<< Home