Sunday, September 25, 2005

Perkenalkan, Super Asia!

Anjrit nih kartu. Tampilannya keren be'eng gini!



Ini adalah international calling card, yang direkomendasikan oleh sesama warga Indonesia di London (hai Desi!). Dia mempromosikan, kartu ini adalah yang paling murah untuk menelfon ke Indonesia sepuas hati. Menghapus jarak dan waktu dengan siapapun di ujung telfon.

Kombinasi kartu dan toko juga perlu diperhatikan. Kartu Super Asia ini paling murah di satu toko kecil di Leicester Square. Harganya 10 pounds, padahal harga yang tertera di kartu adalah 20 pounds. Ih keren toh. Perhatikan ya, di Leicester Square ini kan ada satu toko gede Switzerland, yang tiap jam ada lagu-lagu dan boneka-boneka kecil nongol, kayak di Plaza Senayan gitu deh (ah, udah pasti Playan yang niru bukan?). Di seberang Switzerland itu, ada KFC. Telusurilah sisi KFC, maka kau akan menemukan toko kecil, dengan penjaga seorang lelaki Cina. Gw lupa nama tokonya. Ada kata 'Wong' atau 'Fung' gitu deh kalo gak salah. Di salah satu tempelan brosurnya ada gede-gede Super Asia gitu. You won't miss it.

Sini, mari gw ajarin gimana make kartu Super Asia ini. Eh, gw jadi inget wafer coklat Superman nih liat tampilan ni kartu.

Kartu ini digunakan dengan menekan nomer telfon yang tertera di balik gambar Superman. Ada nomor London Access, ada juga nomor Freephone Access. Jangan lupa menggosok bagian item-item karena di baliknya terdapat PIN yang juga harus dimasukkan ketika menelfon.

Menurut brosur, untuk ke Indonesia Jakarta, maka kartu telfon ini bisa digunakan up to 4000 menit. Bayangkan. EMPAT RIBU! Hayo berapa jam tuh! Silahkan berhitung ya. Gw bagian ngaga aja deh. Kayaknya empat ribu menit itu untuk nelfon ke nomor fixed gitu, jadi kalo ke hp pastinya menitannya lebih pendek.

Ada dua nomor yang bisa ditelfon. Kalau menelfon ke London Access, maka prosedurnya gini. Kalo kita pake telfon rumah, maka kita bayar ongkos untuk nelfon ke 020 bla bla bla itu, lalu kemudian kartu telfon baru beraksi setelah kita masukin pin, untuk ngebayarin ongkos kita nelfon siapa pun itu di ujung sana. Begitu juga kalo kita pake hp atau payphone, kita bakal kena ongkos nelfon pakai hp atau koin 20 pence ke atas. Jadi, itungannya kepotong dua kali. Pertama, kita mesti bayar ongkos nelfon ke London Access; kedua, angka menitan dalam kartu telfon itu juga tereduksi.

Nomer kedua adalah Freephone Access. Kalo ini gretong, tapi cuma bisa dari telfon rumah. Begitu masukin nomor 0800 bla bla bla itu, terus nomor pin kita, ya udah, langsung si kartu telfon Super Asia ini yang beraksi menanggung biaya telfon kita semua.

Tentu saja lebih menguntungkan pakai yang nomer Freephone Access toh. Tapi, berhubung TELFON DI KAMAR GW SEBATAS PAJANGAN, jadilah semalam gw menjajal kartu Superman ini di telfon umum di gedung sebelah. Nelfon di payphone, nyender dinding kiri, depan mata gw tempat sampah, sebelah kanan gw vending machine gw yang kadang berisik dan kadang diem. Syedep banget dah tu tempat.

Oiya. Int'l calling card ini juga bisa dipake untuk nelfon sesama kawan di UK. Prosedurnya seperti biasa, tapi mestinya siy lebih hemat daripada ngandelin vodafone yang gw pake sekarang ini. [Vodafone gw ini kalo ngirim sms ke sesama nomer UK adalah 12 pence, sementara kalo ngirim ke Indonesia itu 24 pence (= 4 ribu perak = mahal = ngehe)].

Yang pasti, selama di sini, pasti jadi siksaan banget buat 'banci' nelfon dan sms kayak gw ini.. ohh..

3 Comments:

Blogger swastika said...

Taela... Lu pasti dgn tersipu malu mendekati mas Superman dan bilang "Mas, mas, minta fotonya dunk..."! Ngaku deeeh...
Lu udah punya calling card kok nggak nelpon gue sih Cit?

25/9/05 12:38 PM  
Anonymous Anonymous said...

bouw... satu tempat lagi untuk beli calling card murah ada di leicester square. pokoknya, begitu turun dari bis, nyebrang jalan. cari toko yang ada tulisannya "martial art studio" (ini seriussss!).

kalo ga salah inget ya, calling card 20 pound dijual dengan harga 13 pound. haaaaa! lumayan, paket hemat.

pilihan lain selain pak superman itu adalah merk "savers" yang gambarnya muka senyum. yang ini sudah teruji, suaranya bebas gaung.

soal bebas gaung ini penting lhooooo... jadi kalo lagi ngomong2 "jorok" (baca: sayang sayangan, hehehe) jadi ngga garing. yang di jakarta ngga ngomong, "apaan sayang, kok ngga kedengeran..." kan be te...

lu udah nemu toko yang jual indomie goreng dan indomie rasa kari ayam ngga? itu di leicester juga, di ruas jalan yang ada gapura naganya. kalo udah deket-deket deadline essay, disarankan membeli sekardus indomie, biar ngga pusing soal makan.

gerbang liong itu ngga akan keliwatan deh. itu tempat turis jepang suka poto-poto tuh. heran... ke london kok poto-potonya di chinatown, kenapa ngga ke cina aja kalo gitu?!

oh ya, kalo ada acara PPI (pastilah ada, karena udah mau puasa, biasanya suka ada pengajian rutin ama halal bihalal) coba cek apakah udah ada pelajar indonesia yang melampaui rekor gue... sewaktu gue di sono, gue paling top biaya telpon ke dalam negeri! abis 200 pound sebulan buat nelponin yudhi...

...untunglah investasinya berhasil, hehehehehe...

gita

26/9/05 4:45 PM  
Anonymous Anonymous said...

Idih baru ngaku deh. Pantes dulu nggak pernah telpon ke rumah.....:)

Papah

27/9/05 2:55 AM  

Post a Comment

<< Home