Monday, March 20, 2006

Instan Kok Repot



Ini semua gara-gara dia.

Gw melihat dia di Manchester dan gw langsung membayangkan enaknya makan ayam bumbu lemon. Slurup. Yum yum. Akhirnya gw beli itu bumbu instan idaman, trus bertekad untuk segera memasaknya. Pikiran gw melayang ke freezer, di sana ada 8 potong ayam paha. Sip.

Nah, gw udah di dapur nih ceritanya. Oke, bumbu udah siap. Baca-baca dikit. Liat-liat bungkusnya sebentar. Waduh, ini ayamnya potongan gitu yak. Tapi kan ayam gw ayam paha.. waduh, gimana dong? Oke, sesuai saran M'Eni, akhirnya itu ayam gw kuliti dagingnya. Dalam hati gw menyesal, kenapa pula gw gak punya ayam fillet ya, jadi gak perlu sinting gitu melepaskan daging ayam dari tulangnya. Hhhh, tapi sudahlah. Apa pun yang terjadi, ayam bumbu lemon sudah memanggil dari kejauhan. Dengan susah payah, itu ayam berhasil gw potong kecil-kecil juga. Huhuhuhu, belom apa-apa kok udah pegel.

Hum, oke, kita ke dapur lagi. Baca bungkusnya. Corn starch. Waduh apaan tuh. Gw balik dulu ke kamar deh, nge-google dikit. Idih gile, gw modern banget dah, mau masak aja pake nge-google dulu, wikikikik.. Ternyata corn starch itu adalah tepung maizena. Ngublek-ngublek dikit, nemunya corn flour. Samakah dia dengan tepung maizena?

Oke, kita pencet nomor ekstension kamarnya Mbak Eni. Setelah berdiskusi sebentar sebagai non-kokiers, diputuskan bahwa mereka berdua sama aja. Apa pun yang terjadi. Gak ada yang bisa mencegah gw.

Gw balik lagi ke dapur. Siap memasak. Semua udah siap. Baca lagi bungkusnya. Mix chicken with egg. Mati gw. Telor terakhir gw udah berubah jadi telur orak arik sebagai temen roti goreng. Dan dia udah berada di dalam perut gw! Huhuhuhu.. Okeh, balik lagi ke kamar, telfon M'Eni, minta telor, turun ke bawah, ambil telor, naik ke atas, balik ke dapur. Ngos-ngosan.

Sip, sekarang udah siap. Bener-bener siap. I mean, really ready.

Okeh, ayam yang udah gw potong-potong itu gw masukin dalam telur yang udah dikocok. Lalu pindah ke mangkok berikutnya yang berisi tepung maizena, trus pindah ke piring datar sebagai tempat menaruh ayam berbalut tepung itu. Okeh, satu dua potong ayam sih lancar. Tapi trus kan maizenanya menggumpal-gumpal gitu. Trus lengket-lengket di tangan gw. Huhuhuhu ribetttt amattt boooo...

Ternyata lama juga membalur ayam-ayam laknat ini dalam tepung maizena. Huhuhuhu. Abis itu dateng Xiao-ying, flatmate gw. Dengan penasaran dia melihat hasil karya gw. Trus gw cerita bahwa sebetulnya gw cuma punya niat sederhana, masak makanan dengan bumbu instan, yang ternyata sebegini repot. Dudududu. Dengan baik hatinya dia berkata,"Yeah, it looks complicated.. but professional. You look more professional than the Chinese!" Yea yea yea yea... semoga aja enak jadinya. Huhuhuhu..

Tapi heran deh. Katanya ini bumbu instan, kalo baca dari step-by-step-nya juga terlihat sederhana. Tapi kok ribet geneeehh... huhuhuhuhu... Berhubung udah separo jalan, ya udah lah, hajar bleh aja. Kita pikirin yang enak-enak aja dah.

Abis itu gw nyalain kompor, manasin minyak. Oke, semakin dekat menuju tujuan. Oh, hatiku mulai berdebar-debar. Satu per satu ayam berbalur tepung maizena itu gw cemplungin ke dalem minyak panas. Cihuy, sampe sini lancarrrr...

Setelah semua ayam gw goreng dengan sempurna, minyak gw singkirin. Masukin lagi minyak untuk numis bumbu idaman ibukota itu. Set set set... sreng sreng sreng.. jadiii deeehhhhh...



Not bad toooohhh, kikikik...

Yang pasti, besok-besok kalo gw beli bumbu instan, maka gw akan cari yang seriueus instan...

1 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Aku juga punya teman di UCL namanya Xiao-Ying yang aku kenal di awal kuliah dulu. Jangan-jangan itu nama pasaran ya di China? Atau dia melarikan diri dari UCL ya?

21/3/06 10:33 PM  

Post a Comment

<< Home