Saturday, April 15, 2006

Anak Dapur



Kayaknya gw makin menikmati kegiatan di dapur. Cieh, ih gw kagum sendiri gini.. Gw gak segetol dulu masak segunung-gunung biar gak masak keseringan. Soalnya lama-lama bega juga kalo makan ituuuu melulu dalam seminggu. Males dey bow. Setelah insiden M'Eni gak doyan soto ayam yang dia bikin trus dihibahkan ke gw dan berakibat gw DUA MINGGU makan soto ayam terus menerus... huhuhuhu, gak lagi-lagi dah!

Sebetulnya sih kemampuan masak gw juga gak berkembang amat yak. Gak terus pulang-pulang gw buka restoran gitu. Ya gile aja. Kalo gw sekolah kungfu dan dapet gelar Master of Kungfu, nah baru tuh bisa.. "You kill my brotha!" Ih apa seh gw...



Let's see, kemampuan gw apa aja ya? Rupa-rupa tumis sayur mah cincay. Selama tinggal potong-potong sayur, cemplungin, lalu ditambah penyelamat masakan sepanjang masa (bawang bombay dan saus tiram), semua beres. Gak ada masalah kalo gitu doang. Andelan sayur pertama gw adalah tumis sawi dan telur, plus minus bakso, crab stick dan udang. Andelan sayur kedua gw ya geng-nya brokoli bareng wortel, paprika merah-kuning-ijo plus minus bakso dll gitu. Mantep dah pokoknya...

Kemampuan gw yang lain apa ya? Hooo iya.. ayam masak.. hm, masak apa tuh ya? Ayam masak kecap? Yaa bentuknya kayak gitu deh. Pokoknya, semua bisa terjadi berkat Amoy All Purpose Marinade. Ih apa jadinya gw tanpa dia.. Kalo kakak gw memasukkan bumbu Kikoman sebagai keajaiban dunia ketujuh, maka gw memasukkan Amoy sebagai keajaiban ketujuh gw. Eh tapi ngemeng-ngemeng, gw jadi lupa deh, sebenernya keajaiban dunia ada berapa ya? Males nginget dan males nge-google neehh...



Hoke, apa lagi yang bisa gw banggakan? Ooo gw tau! Gw semakin pandai memilih bumbu instan! Eh, itu kemampuan bukan ya? Huekekekek... Yang jelas gw menemukan bahwa bumbu Brahim's itu endyang. Bumbu Brahim pertama gw adalah kuah masak merah yang membuat gw teramat bangga dengan masakan enak gw. Oh indahnya bumbu instan! Rini udah merasakan nikmatnya bumbu Brahim ini pas dia jajal masak rendang. Ah, top dah ini bumbu Malaysia..



Nah trus gw juga semakin cermat dan teliti memilih bumbu instan. Gw gak lagi mudah jatuh cinta sama judul masakannya, tapi gw segera membalik bungkus untuk memperhatikan cara masak dengan saksama. Gak lagi-lagi gw milih bumbu instan yang menjebak gw pada makanan lemon chicken. Enak sih enak, tapi instan kok repot gitchuw lhow.



Sebagai anak dapur, tsah, beginilah tampilan lemari dapur gw. Isinya apa aja ya? Bawang merah-putih-bombay, saus tiram, cornflakes, teh tongdji dari Djatu, rupa-rupa bumbu instan dalam plastik putih itu, beras, cadburry chocolate drink, dll. Di samping kompor, gw juga naro rupa-rupa bumbu. Kekekek, ya gak satu pun pernah gw pake dong. Untungnya bukan gw yang beli, karena ini adalah lungsuran dari Yudi dan Sari, sodara gw yang dah balik ke Jakarta itu lhow. Di antara bumbu-bumbu itu tentu udah ada yang kadaluarsa, tapi sutra lah. Mayan bikin temen se-flat keder!



Daaannn.. hari ini, secara gw masih punya utang essay gitu lho, tentu saja gw kembali menambatkan hati pada bumbu instan. Masih dari serial bumbu chicken lemon itu, entahlah merk-nya apa. Yang gw inget, judulnya itu Lee Kuan Yew. Tapi kan gak mungkin dong.. Masa mantan PM Singapura tiba-tiba bikin retail line berupa bumbu instan.. Eh apa iya ya? Ah bukan lah. Kali ini masakan gw berjudul Sweet and Spicy Ribs. Apa gw masak ribs? Ya enggak lah.. pake daging biasa aja lah, wong punya-nya daging, hihihihi...



Sejak gw semakin 'pandai memasak', gw udah gak pernah lagi masak sop. Karena apa? Terlalu gampang! Tsah, belaguuuu.. Juga gak pernah lagi goreng bakwan! Ah untuk yang satu ini gw bersyukuuuurrr banget. Karena tiap kali ide bakwan ini muncul di kepala M'Eni, walhasil gw jadi gadis pemotong bawang. Halah, males dong bow. Masa cakep-cakep motong bawang. Halaahh.. apa pula ini..

Udah udah. Essay masih 0 kata aja malah update blog. Huh.

2 Comments:

Anonymous Anonymous said...

anjriiit dahhhh ciiittt! keder dah guee, makin kesini makin males gue memasak! bosen, ternyata cinta gue ngga di dapur, hehehe.. ah, mendingan nge-Google.. ^_^

16/4/06 1:41 AM  
Anonymous Anonymous said...

aih citra....gak gue sangka cinta loe ama dapur ngalah2in cinta gue ke dapur juga. Gue akan masak kalo emang udah gak ada lagi yang bisa gue makan ama nasi selain telor n indomie...kekekekk.

18/4/06 10:23 PM  

Post a Comment

<< Home