Sunday, April 16, 2006

Mari Kita Yoga!



Hari ini gw mencoba yoga dengan baik dan benar, karena semua badan gw pegel linu total. Gile ini, sumpah mati gak pernah olahraga. Olahraga paling rajin cuma ngetik dan jalan dari kamar ke dapur. Gak ngaruh banget toh? Kekekekek... Makanya hari ini gw mencoba yoga dengan menggunakan panduan tertulis yang dikirim sama nyokap ke gw.

Enam bulan sebelum gw berangkat ke London, gw emang sengaja ikutan yoga di Pusat Kebudayaan India. Tujuannya jelas mulia, supaya selama di London gw bisa tetep olahraga dengan memanfaatkan ilmu yoga yang gw miliki. Tiga bulan pertama les yoga, sukses dong. Meski itu berarti mesti banting tulang bangun pagi di hari SABTU, setelah hari Jumatnya maen sampe malem. Huhuhu, perjuangan banget tuh. Rumah gw di Pondok Bambu, yoga-nya di deket Imam Bonjol. Huhuhu. Kalo nyokap gw pas mau nganterin mah ayo. Lah kalo mesti naek bis? Kejam emang dunia ini...

Tiga bulan kedua gw ikut yoga, semangat mulai kendur. Soalnya gerakannya itu-itu melulu. Gak pernah nyampe posisi terbang gitu lho. Atau tidur di atas paku-paku deh, kayak di Tintin. Padahal kan asik dong kalo bisa terbang. Impresif. Kekekekek...

Naaah, mengingat pegel linu gw udah makin akut, jadinya gw tadi yoga. Beberapa minggu lalu nyokap emang udah ngirimin gerakan yoga itu, karena nyokap juga ikutan kelas yoga itu.

Tapi sumpah mati gw pusing banget menerjemahkan instruksi yoga tertulis. Gw lupa blas sama semua gerakannya. Yang gw inget cuma posisi telentang sambil merem. Kekeke, gacel banget mah itu. Ada gerakan 12-langkah gitu yang cuma gw inget sebagai 'gerakan yang susah' tanpa gw inget sedikit pun gerakannya kayak gimana. Huhuhu gawat ini.

Gerakan yoga ini tuh terdiri dalam 4 posisi: berdiri, tidur telentang, tidur tengkurap dan duduk. Tapi proses mengingat gerakannya itu makan waktu banget.

Coba terjemahkan instruksi di posisi berdiri ini:
Stretching lain: tangan terbentang, pegang pergelangan kaki dengan tangan kiri, badan distretch ke samping belakang kiri. Tahan. Gantian tangan kanan.

He? Gimana gimana? Tangan terbentang, oke. Pegang pergelangan kaki dengan tangan kiri? Pergelangan kaki mana? Ha? Badan di-strecht ke samping belakang kiri? Di mana pula itu? Huhuhuhu... pusiiinggg... Tapi untungnya ingatan gw tajam seperti gajah (boong banget) sehingga gw akhirnya inget dan bisa melakukan gerakan ini.

Atau instruksi lain yang akhirnya gak gw kerjain, yaitu gerakan dalam posisi tidur tengkurap:
Relax, lengan ditekuk 90 derajat ditaruh di lantai, kaki ditekuk 90 derajat ditaruh di lantai, arah sama, tahan. Gantian.

Heee? Lengan ditekuk, kaki ditekuk, arah sama? Maksudnyaaaaahhh? Mendingan bikin panekuk dah!

Walhasil yoga yang mestinya gw lakukan dalam waktu 1 jam, cukup 30 menit aja deh, karena sisanya mesti menerjemahkan kode-kode rahasia gerakan yoga yang dikirim sama nyokap gw.

Yang gw paling demen itu instruksi yoga di gerakan-gerakan terakhir, dalam posisi duduk.
- Nafas panjang, sambil mendengung seperti lebah, kaki dilipat (sila khas yoga).
- Bersila, bungkuk, nafas biasa, tahan.
- Selesai.
- Makan bubur ayam.


Kekekekek... yuuukk yuukkk.. makan bubur ayam yuuuuk!

5 Comments:

Anonymous Anonymous said...

TAIII yoga apaan di foto lo,kaya gitu sih gue juga bisaaa! huuu!

16/4/06 11:27 AM  
Blogger pippilotta said...

iiiiihhh sirik aja de kamuuu... itu yoga tingkat ulung tuh. penuh konsentrasi ngadep tembok, kekekekek..

16/4/06 1:13 PM  
Anonymous Anonymous said...

adek, arah sama maksudnya sama2 kanan, atau sama2 kiri. lengan 90 derajat ke atas, kaki 90 derajat ke bawah. jadi angka 4 ke atas dan ke bawah gitu.

terus yang tangan terbentang, tangan kiri pegang pergelangan kaki kiri, pokoknya kiri semua. dan sebaliknya. tustel masih dipinjem YKB sih, entar dipotret deh.

17/4/06 4:43 PM  
Anonymous Anonymous said...

dek, itu yang kamu lagi ngadep dinding, sekarang aku belajar yang lebih susah.
kaki begitu, tangan satu ke bawah, tangan satunya ke atas serong ke atas, dan lalu kita harus menengok ke atas menatap tangan itu.
kalau ga' fokus.....ditanggung....jatoh gedubrag deh !!!
hihihihi.... - ta2h

18/4/06 2:42 PM  
Anonymous Anonymous said...

Sun salution emang the best Yoga pose dahh!!

Tapi saya merasakan kepusinganmu nak Cit..karena saya juga bingung pas bacanya..berhub kita ini kaum wanita yang otak bag. kiri eh kanan..eh yang bag. visual itu lha kurang oce jadi ribet ya bow.

Tapi yang pose tekut lengan 90 deg. and legs 90 deg. itu susah bet nahan perut men! kalo abis Yoga..di jaminnnnn encok pegel linu menambah TIDAK berkurang!

Yoga lagi yukkkkss! ^^;;

22/4/06 1:07 AM  

Post a Comment

<< Home