Thursday, June 15, 2006

Die Bahn - The Train

Agak membingungkan juga memahami sistem transportasinya Jerman. Tepatnya sih sistem perkereta-apian yak. Hm, tapi palingan sih ini karena gw cuma beberapa hari di Koln dan Bonn, jadi gak sempet menelusuri dan memahami dengan saksama gitu kali yak. Untungnya, gw melek peta kereta, jadi ya cincai-cincai ajalah kalo mesti naik kereta dari anu ke anu.



Kereta di Jerman itu ada yang U-Bahn, S-Bahn, RE/Regional Express dan RB/Regional Bahn. U-bahn itu semacam underground. Anggep aja U-nya itu ‘underground’ deh. Keretanya emang agak lambat, trus berenti di setiap stasiun. Karena itu dari Koln ke Bonn-Bad Godesberg naik U-bahn itu tuh makan waktu 1 jam.



Geng kereta yang lain adalah S-Bahn, RE dan RB. Rute keempat jenis kereta ini sering juga barengan, jadi bisa pilih mau naik kereta yang mana gitu. Kalo beruntung, kita bisa dapet kereta RE/RB yang double decker gitu. Ih lucu kan, kereta kok bertingkat… Untungnya, gw sempet ngerasain kereta bertingkat itu meski mesti bayar 6.10 euro untuk perjalanan dari Koln-Bonn. Huhuhu, mahal! Tapi gapapa deeey, yang penting kan pengalamannya.. Ya gak ya gak ya gakk.. pengalaman kan nilainya tak bisa dihitung dengan uang… * menghibur diri *



Sialnya, stasiunnya U-bahn itu pasti berbeda dengan geng kereta yang lainnya. Penandanya adalah lambang U berlatar belakang biru itu. Kalo stasiun kereta S-Bahn dll-nya itu dianggap sebagai stasiun utama. Jaraknya sih biasanya deketan, tapi mengingat gw adalah turis yang gak paham situasi, hal-hal seperti ini tentu membingungkan dong. Aih, terbayang betapa nikmatnya transport di London yang semua tapsiunnya barengan gitu. Jadi kan kita gak pusing-pusing nyari gitu lhow.

Harga tiketnya itu seragam bagi ke-4 jenis kereta. Yang gw inget cuma ‘einzel ticket’ yang artinya adalah ‘single ticket’. Sebetulnya ada sih penjelasan soal sistem pertiketan gitu, dalam bahasa Inggris pula, tapi gw suka bingung gimana menuruti sistem itu.



Mesin tiket U-Bahn dan 3 jenis kereta lainnya tuh beda. Yang oranye adalah mesin tiket S-Bahn dkk, sementara yang merah adalah mesin tiket untuk U-Bahn. Ketika gw beli tiket di mesin merah untuk U-Bhan, gw klik ‘language: English’ dong, abis itu gw pencet ‘Adult, Single’. Harga tiketnya adalah 1.30 euro. Mayan dong, gak mahal-mahal amat gitu.

Ternyata kata Mas Ging, tiket 1.30 euro itu berlaku hanya untuk perjalanan pendek, yaitu rentang 4 stasiun. Yah, meneketehe alias mana gw tau gitu lhow. Lagian di mesinnya itu gak tertera penjelasan soal perjalanan pendek atau panjang. Jadi kalo gw beli tiket U-Bahn dari Bonn ke Koln, yang berjarak lebih dari 4 stasiun, harusnya gw bayar tiket 2.20 euro. Murah juga siy… Tapi kan kalo bisa beli yang 1.30 euro dan nyampe Koln, kenapa mesti beli yang 2.20 euro coba? Bener gak? Kekekekke…



Kalo mesin tiket yang oranye, ini lebih bersahabat. Ini adalah mesin untuk beli tiket S-Bahn, RE dan RB. Tentunya, di mesin itu ada pilihan bahasa Inggris. Aman. Lalu di setiap mesin tiket itu ada daftar kode tujuan. Misalnya, Bonn itu 2500, Koln itu 2100. Jadi tinggal ketik aja kode tujuan itu, lalu pencet ‘einzel’ alias tiket single, lalu si mesinnya yang berhitung sendiri deh. Kalo pake geng kereta S-Bahn dan RE/RB yang bermesin tiket oranye ini, harga tiket Koln-Bonn adalah 6.10 euro. Jauh yak. Berasssaaa bener dah tuh ngeluarin duit. Tapi lagi-lagi, ini kan pengalaman. Cieh, bijak bener toh gw menyikapi pengeluaran duit yang di luar dugaan gini.. hihihihi..



Nah, lalu soal tapsiunnya. Petunjuk di dalam tapsiunnya sih cukup jelas. Ada plang di mana-mana gitu, jadi gak bakalan nyasar. Stasiun menuju hotel Nita, yaitu Stasiun Bad Godesberg Bf, yaoloh sepinya ampun-ampunan. Sepiiiiiiii benerrrrr.. Tapsiunnya itu lega gitu, jadinya ya berasa banget kalo orangnya dikit. Kotanya sendiri emang sepi sih, isinya orang tua melulu gitu. Bener-bener kakek nenek di mana-mana. Gw jadi ikuta-ikutan berasa sepuh gitu.



Untungnya sih gw gak sering-sering amat naik kereta. Gw cuma naik kereta dari Koln/Bonn Flughafen alias bandara ke Koln Hbf, dari Koln Hbf ke Bonn Hbf atau Bad Godesberg Bf, serta untuk perjalanan ke Bruhl (antara Koln dan Bonn). Belum lagi kita memanfaatkan ketidaktahuan kita sebagai turis atas sistem transportasi di Jerman… itu juga ikut berperan dalam hematnya ongkos transport kereta gw selama di Koln dan Bonn.. cihuuyyy…

1 Comments:

Blogger NYC TAXI SHOTS said...

This comment has been removed by a blog administrator.

23/6/06 10:32 AM  

Post a Comment

<< Home