Tuesday, June 13, 2006

Menonton Piala Dunia dengan Tatapan Hampa

Jam 11-an akhirnya gw keluar dari urusan bagasi dan imigrasi di bandara Koln/Bonn. Wah udah lewat 45 menit dari jadwal dijemput Nita nih. Eh perkenalan dulu dong. Nita ini adalah temen sekantor gw di 68h. Sekarang dia lagi training di Deutsche Welle (DW) sekaligus liputan piala dunia. Ih top pisan toooh… Mengingat dia adalah editor olahraga dulunya, tentu saja ini penting bagi peningkatan gaji dan karir (kalo ini mah boong banget, kikikik…)



Begitu gw keluar pintu, langsung disambut sama Nita yang udah kelamaan nunggu. Ngedumel dikit lah dia. Pertama, karena gw lupa ngasih nomor flight gw, jadi dia bulak balik naik turun nyari terminal arrival yang paling tepat untuk ngejemput gw. Kedua karena dia nunggu 45 menit dalam kesendirian. Cieh, kesendirian… preettt..

Setelah kelar cerita soal koper nyangkut di London dan tiga kali diperiksa paspor dalam perjalanan menuju Koln, kami pun segera bergegas menuju bahnhof alias stasiun kereta (bahn = kereta, hof = tapsiun). Mengingat gw turis handal yang udah riset mati-matian sebelum berangkat, maka gw tau gw harus mencari kereta S-13 yang akan membawa kita ke Koln Haupbahnhof alias Hbf (haup = central) dalam waktu 20 menit saja. Tapi dari pencarian gw, belum ketemu gimana caranya beli tiket kereta. Waktu itu dah pernah ketemu sih di situs (semacam) PJKA-nya Jerman, tapi lupa dulu itu gimana nemunya.



Tentunyaaaahh, Nita gatau dong cara beli tiket! Ih dasar perempuan gampangan, kikikik. Mentang-mentang dapet tiket gratisan dari DW untuk naik transport apa pun ke mana pun (kecuali pesawat pulang ke Indonesia siy), jadinya dia gak peduli gitu gimana caranya beli tiket dan berapa harga tiket dari anu ke anu. Untung aja ada bapak-bapak penjual tiket gitu. Jadi Nita yang nanya dalam bahasa Jerman survival dan sukses membeli dua tiket ke Koln Hbf. Lancarrrr…



Sesampainya di Koln Hbf, sempet cari-carian gitu sama Mas Ging yang udah menanti lama di Zeit Café, persis di depan Dom alias katedral-nya Koln. Begitu keluar dari tapsiun, yaoloh itu Dom geda bener. Sumpaaaahhh gedanya ampun-ampunan. Tinggi, megah dan warnanya gelap gitu jadi bikin seyem. Warnanya jadi gelep karena debu kali ye, tapi ya gitu, jadinya serem abis. Kata Nita, warga setempat pernah ngajuin permohonan dana untuk ngebersihin Dom karena warna asli Dom itu adalah warna kuning pualam. Tapi karena muahil, permohonan itu tidak dikabulkan. Dasar warga Koln gigih nan pantang menyerah, mereka bersihin sendiri lah itu Dom dengan jerih payah sendiri. Tuh liat tuh bedanya antara yang udah digosok bersih dan yang masih berwarna abu-abu gelep.

Setelah miskol-miskolan (Nelfon mahal! Sms mahal! Ih!), akhirnya bertemu dengan Mas Ging. Inilah dia the famous Ging Ginanjar, mantan warga 68h yang hijrah ke Deutsche Welle. Peluk-pelukan dikit dong kayak udah gak ketemu ratusan tahun, hihihihi. Dari situ, Mas Ging ngajak kita makan siang di sebuah restoran Cina. Untung aja doi bahasa Jermannya lebih lancar dari kita semua. Dengan begitu, ditemukanlah menu makan siang yang lebih murah. Kalo mengacu sama harga di menu, idih, makanannya 10 euro semua gitu. Males dah, mahallll… Akhirnya berkat kejelian Mas Ging, kita menemukan menu makan siang yang harganya cukup 4 euro saja per orang. See, beda jauh kan? Emang deh nyari yang murah emang mesti tekun dan sabar!



Dari situ, baru deh kita jalan ke istana Domstrasse nomor 64, ke rumahnya Mas Ging. Secara tampilan, agak gak representatif siy karena bagian depannya lagi dibenerin gitu. Jadi banyak palang besi yang malang melintang di dunia persilatan gitu. Masuk pintu, lewatin lorong dikit, baru deh sampai di rumah Mas Ging. Rumahnya menyenangkan dan sangat sangat adem. Maklum, makhluk tropis pasti nyarinya rumah adem dong. Sementara Laurence-nya M’Ging, yang lagi hamil 6 bulan itu, justru mencari rumah yang dapet sinar matahari. Hihihihi, emang dah beda kebutuhan mataharinya, hahaha.

Rumahnya enak bener, dengan segala furniture yang didatangkan dari Indonesia. Dari sofa, kursi tamu kayu, lemari, tivi dan segala macem, dibawa dari kampung halaman. Untung aja kontenernya gretong, jadi ya hajar bleh aja. Di rumah M’Ging, naro-naro barang dikit, trus jalan lagi deh. Jangan lupa, saat itu kopernya M’Eni masih raib tertinggal di London yak, huhuhuhu…



Karena M’Ging juga mau ngantor, jadinya kita langsung cabut lagi dari rumah. Gw, M’Eni, Nita dan M’Ging pun berjalan menyusuri Sungai Rheine. Sungainya mah biasa-biasa aja yak, kayak Thames gitu. Tapi tanpa bermaksud menghina atau mencela, asikan jalan di Southbank-nya Thames dah. Sumpeh. Lebih menawan, terawat dan banyak yang bisa ditengok kiri kanan gitu. Belum lagi banyak kursi-kursi pelepas lelah. Kalo di pinggir Rheine mah gitu doang. Lantai beton, trus gak ada pemandangan di sisi daratan. Jembatannya pun ya gitu doang. Besi. Ih, gak menawan hati deh. Gak bikin hati berdesir-desir gitu deehh.. Eh, tapi sekali lagi, ini tanpa bermaksud mencela apalagi menghina lhow, kikikikik…

Di tengah perjalanan, M’Ging membelok ke arah tapsiun untuk naik U-bahn (semacam underground, meski sering aboveground juga) ke kantor. Sementara Nita menjadi tour guide yang baik dan berjalan-jalan bersama turis-turis liburan musim panas dari London ini. Kita pun puter-puter Koln.



Perjalanan dimulai dari Altstadt (Old Town). Gw mengenali tempat itu, tentunya, karena udah riset soal tempat-tempat plesiran paling mantep di Koln. Beli eskrim bentar, leyeh-leyeh bentar, lalu perjalanan pun diteruskan mengelilingi Altstadt itu, mampir ke FanFest alias tempat nonton bola gratisan di Koln, terakhir menclok di Neumarkt. Neumarkt itu semacam Oxford Street-nya London kali yak. Sebagai turis tropis, tentuyna yang dicari adalah kacamata item. Untungnya gw udah bawa kacamata item, jadinya gak perlu melakukan pengeluaran ekstra yang gak pentiiiing itu.



Nah sebetulnya sih abis itu udah kelar aja. Koln itu kota kecil doang gitu, satu puteran aja udah abis. Jalannya emang rada jauh sih, tapi ya selama santai-santai aja jalannya, asoy geboy aja. Karena capek, kita pun duduk-duduk di taman kecil seberangnya Dom. Nita pun mendapat ajakan dari Sheila dan Nadia, temen trainingnya Nita, untuk nonton pertandingan Brasil vs Kroasia. Sheila ini dari Brasil sementara Nadia dari Afrika Selatan. Mengingat ada keterikatan batin antar Brasilians, jadinya Sheila nyari bar/kafe yang dipenuhi fans Brasil. Bla bla bli bli, akhirnya kita menuju FanFest di Altstadt.



FanFest-nya Koln itu tersebar di tiga tempat: Dom, Altstadt dan Neumarkt. Masuk ke FanFest itu gratis-gratis aja. Tapiiii, dilarang bawa minuman dari luar. Kalo masuk ke sana kan tas diperiksa gitu. Jadi kalo ketauan bawa botol berisi air minum, nah itu botol pasti dibuang. Soalnya di FanFest itu mesti beli minuman dari sponsornya Piala Dunia, yaitu Coca Cola. Nah, jadinya males kan. Apalagi nonton di situ berarti mesti berdiri. Mengingat gw non-bolaers, apakah sungguh kiranya gw kepingin berdiri selama 2x45 menit untuk menonton (tepatnya, menatap) sesuatu yang tidak gw mengerti? Tidak dong. Untung aja yang lain juga memilih untuk cari tempat duduk. Bagussss…



Akhirnya kita end up di sebuah kafe Thailand yang ada di samping FanFest. Kafe-kafe di seputaran FanFest-nya Altstadt itu masing-masing punya tivi layar lebar sendiri-sendiri, memudahkan para tamunya menonton pertandingan. Nah cakep dah.



Aturan di Koln itu gak boleh duduk kalo gak mesen. Jangan harap boleh nebeng duduk dah. Atau misalnya kita bertiga, trus yang pesen cuma 1 orang, nah itu juga gak boleh. Ih, dasar edan. Yang sinting lagi di Jerman adalah harga air putih itu lebih mahal dibandingin Coke. Yaoloh, pigimana mau hidup sehat nih kalo gini caranya. Kan jadinya gw terpaksa pesen Coke terus menerus (eh, mumpung juga siy, hihihi). Trus harga minuman itu kan tergantung ukuran gelasnya. Klo biasnaya cuma small, medium dan large, kalo di sini tuh tertera angka liter-nya. Gelas ukuran small adalah 0.3L, dan angka itu tertera di gelasnya. Lucu juga…



Di kafe Thailand itu gw, Nita dan M’Eni pesen makanan. Biasa, makan tengah biar hemat. Paling enggak niatannya pengen hemat dah. Di seputaran kita udah rame fans-fans-nya Brasil. Fans ce Brasil tampil all out gitu dengan baju-baju ketit supermini, lalu berselimutkan bendera Brasil yang warnanya juga gonjreng gitu. Sheila sebel sendiri ngeliatnya, karena itu mengukuhkan stereotype bahwa ce Brasil ya kayak gitu itu. Hoiya, ini skadar berbagi. Yang bener itu ‘Brasil’ yah, bukan ‘Brazil’. Jadi jangan sampe salah beli suvenir gituh, hihihi..



Sepanjang pertandingan Brasil vs Kroasia, tentunya gw cuma menatap layar televisi dengan pandangan kosong. Gw menyibukkan diri dengan motret-motret sekitar gw dari tempat duduk gw. Sialnya, kita duduk deket fans Polandia. Meskipun mereka gak ada pertandingan, masyaoloh berisiknya ampun-ampunan. Jerit-jerit sambil jejingkrakan gak henti-henti “Polska, Polska, Polska!” Ya ampyuuunnn daahhh.. Gile aja itu orang tenaganya kagak ada abis-abisnya. Nita dikit-dikit ngedumel karena Polska Polska gila itu ngeganggu rekaman suara di Marantz dia. Niatnya kan ngerekam suasana gimana pendukung Brasil atau Kroasia dong, lah ini jadinya kan yang kedengeran malah Polska Polska melulu. Sumpah dah itu mereka brisiknya ampun-ampunan…



Kelar pertandingan, gw, Nita dan M’Eni jalan menuju rumah Mas Ging, sementara Nadia dan Sheila balik ke hotel mereka di Bad Godesbereg.

Bad Godesberg ini nama wilayah di Bonn, agak di pinggiran gitu deh. Koln dan Bonn sendiri jaraknya deketan, sekitar 1 jam pake U-Bahn (karena berenti di setiap stasiun dan agak lambat, murah) atau 20 menitan pake RE/Regional Express atau RB/Regional Bahn (gak berenti di setiap stasiun, lebih cepet, mahal). Nyampe ke Bad Godesberg-nya sendiri kira-kira 1.5 jam deh ya.

Sebelum pulang, kita sempatkan diri dulu mampir di telfon umum. Nelfon ke bandara, ke petugas lost and found untuk mencari jejak koper merahnya M’Eni yang berisi laptop gw di dalamnya. Gak ada yang ngangkat. Huaaaaa… huhuhuhuhu… mana kopernyaaaa… laptopku apa kabarrrrr… huhuhuhuhu…

0 Comments:

Post a Comment

<< Home