Wednesday, June 14, 2006

Koln Mah Keciiiiillll...

Setelah penemuan koper, maka perjalanan kami sebagai turis benar-benar bisa dimulai dan dinikmati. M'Eni langsung ganti baju yang lebih caem, biar lebih ketara sebagai turis. Gw, ya berhubung udah caem dari pagi, ya lanjut aja, kekekekek...



Pertama, kita berjalan dulu ke Dom. Dengan noraknya, kita turis total gitu. Naik Schoko Express untuk menuju ke Schokoladen Museum alias Museum Coklat. Yippieee... Bayar kereta mini itu cuma 1 euro karena kita adalah student. Ih, manteeeepp dah jadi pelajar di negara-negara ini, dapet diskon meluluuu...

Perjalanan dengan Schoko Express ini ya sebentar aja. Jalan keliling kota dikit, lewat Aldtstadt, menyusuri Sungai Rhein, lalu sampai lah kita di museum itu. Kalo jalan kaki sih emang rada jauh, makanya manja aja naik kereta mini ini. Cuma 1 euro juga gitu lhoh. Daripada betis jadi pegel linu kan mendingan naik keretaaa...



Museumnya itu mayan gede lah. Terletak persis di pinggir Sungai Rhein. Lagi-lagi karena kita pelajar teladan, maka ada concession ticket. Dengan begitu, kita cukup membayar 3.50 euro saja. Aseeekkk.



Di dalam, aih menyenangkan sekali. Kita ngeliat proses bikin coklat, dari jaman rikiplik sampe jaman pake mesin seperti sekarang. Tentu saja mesin jaman rikiplik itu juga dipajang di museum. Trus di satu ruangan, ada display cara pembuatan coklat pake mesin gitu. Jadi kita bisa motret-motret cara kerja itu mesin, plus ada orang juga yang kerja di situ untuk ngepak-ngepakin coklat. Ih ibu, gr gak sih setiap hari kerja diliatin orang-orang gitu... kikikikik...



Abis itu kita ke lantai berikutnya, yang cerita soal coklat sebagai aphrodisiac alias pembangkit selera. Ada resep ramuan cinta dari coklat segala gitu, hihihi, ntar kapan-kapan kita buktikaaaann sodara-sodara, hahahah.. Jalan-jalan dikit, eh nemu kaca ajaib. Eh gak ajaib-ajaib amat sih. Satu cekung dan satu cembung. Yang satu membuat gw tampak seperti lidi. Nah yang satunya itu dong.. waahhhh... seyeemmm... kekekek.. Ini patut gw print deh kayakya, demi mengingatkan gw untuk tidak menjadi segendut ini, kikikik...

Kelar di museum, kita jalaaaaaaannn sampe gempor. Sasaran pertama adalah Neumarkt, karena dia yang jaraknya paling deket sama si Museum Coklat ini. Puter-puter aja gak keruan, sekadar pingin tau kota Koln ini seperti apa. Lama kelamaan, kekuatan kaki melemah dan bener-bener pengen duduk. Tolooonggg, kota ini kenapa gak kayak London yang banyak taman atau banyak bangku siiiyy? Susaaaahhh bener rasanya mau cari bangku. Belum lagi mulut udah bawaan pengen ngunyah aja, kikikik...



Akhirnya kita nemu cemilan yang pas, sebuah mixbox dari Nordsee berisi kentang goreng, udang goreng, fillet ikan goreng... nyam nyam nyam... Sebaiknya segera kita cari bangkuuuuu... Voila... finally...

Abis itu, jalan lagi dong. Tujuan berikutnya adalah mencari asal muasal Eau de Cologne 4711. Penting tuh! Gw mengenal kolonyet 4711 itu dari uti gw dulu. Kata nyokap gw, dari dulu iklannya 4711 itu adalah nenek-nenek. Kekekeke, pas dah sama kotanya, udah tua banget, kikikikik. Setelah mengecek peta berkali-kali (ah untung dipinjemin Lonely Planet Germany sama Mas Ging!), akhirnya nyampe juga di sini.



Gw kirain tadinya tuh bakal ada museum atau apalah gitu yang menandai bahwa 4711 itu udah dari jaman rikiplik. Eh ternyata semata-mata toko doang yak. Tapi ya gapapa dong. Kita masuk deh ke dalam tokonya. Gw langsung berasa nyium bau yang sangat familiar. Cieh, sok nostalgia banget gak sih gw...



Demi nostalgia pula, makanya gw membeli sebotol kecil cologne 4711 ini. Sumpah, ini semata-mata nostalgia. Makanya gw beli yang botol kecil aja. Gile aja, masa gw beli yang geda-geda? Malesss dahhh...



Abis itu jalan ke mana lagi ya? Mmmm coba diinget-inget sebentar. Ah ya keliling-keliling aja. Cari jalan menuju ke Dom lagi. Udah pegel linu euy. Mendingan mulai nyari tempat buat nonton bola. Tepatnya, buat M'Eni nonton bola.



Pas jalan ke tengah kota, di Dom udah rame banget. Pun gak ada tempat buat nongkrong yang pas. Jelas gw menolak kalo disuruh berdiri di tengah-tengah fans berat bola dan nonton di FanFest. Emoh! Mendingan cari restoran atau bar atau kafe apa gitu kek. Akhirnya kita jalan ke Aldstadt, lalu duduk di sebuah restoran. Pesen apple struddel, nyam nyam nyam.. Tapi tengok punya tengok, lho kok sepi nian ya di tempat ini? Kayak gak ada kehidupan gitu. Banyak yang pada nonton bola sih. Di restoran tempat gw makan cemilan ini juga ada tipi-nya. Tapi kok sepi pisan. Liat jam, hayyah, masih lama pertandingan yang ditunggu. Ya udah deh. Abis kelar makan dan minum, cabut.



Kita jalan menuju pinggir sungai Rhein. Di situ kan banyak kafe-kafe tuh, jadinya ya udah, kita berharap aja bisa colongan nonton di sana. Eh ternyata bener. Semua orang pada colongan nonton!



Jadi di depan kafe-kafe itu tuh kan ada lapangan rumput lumayan besar. Nah orang-orang udah pada duduk-duduk deh di lapangan rumput itu, sembari nyari spot yang strategis untuk nonton dari tivi yang disediain sama kafe tersebut. Dengan nonton di lapangan rumput itu, maka kami terbebas dari kewajiban beli makan atau minuman dari kafe tersebut. Perfecto toh? Caemmm dahhh..





Seru juga liat suporter-suporter ini. Yang tanding adalah Jerman lawan... mmmmm... lawan siapa ya? Ya lawan sesuatu lah pastinya. M'Eni mah semangat pengen nonton, karena doi pendukung Jerman. Selagi dia nonton, berhubung gw juga gak berminat nonton, ya gw puter-puter aja di tempat itu sembari foto-foto.



Deket situ, ada kios penjual bratwurst alias sosis bakar. Gw udah ngiler aja dari awal, tapi berhubung perut gw baru berisi apple studel, jadinya ya lupakan sesaat. Ntar aja kalo pertandingan udah mau abis baru gw beli, kikikik. Kiosnya lucu gitu. Tempat ngebakar sosisnya juga lucu, kayak ayunan buat bayi gitu. Nyamnyam juga ngeliat sosis berbaris-baris gitu lagi dibakar, mmmm nyam nyam nyam...



Malam semakin larut dan pertandingan berakhir juga dengan Jerman menang 1-0 melawan sesuatu itu. Eh itu skornya juga kalo gak salah inget yak... kekekekek..

1 Comments:

Anonymous Anonymous said...

I was looking for men Jackets & Coats and was wondering if True Religion is the best designer for men Jackets & Coats?

20/3/10 9:02 AM  

Post a Comment

<< Home