Monday, June 12, 2006

Ready, Get Set, Fly!

Sodara-sodara terkasih, besok gw akan memulai liburan musim panas gw (tssaaahhh) ke Koln-Bonn-Paris bersama M'Eni terkasih.. Lho lho lho. Kok tiba-tiba ke Paris aja?

Ooh iya dwongs. Kebetulan tanggal 19-21 Juni mendatang, Sly dan Citta bakalan plesir ke Paris naik Eurostar. Nah, agak pas dong sama tanggal keberangkatan gw ke Jerman. Jadinya ya dipas-pasin sekalian deh kita ketemuan di Paris. Gw dan M'Eni ntar naik kereta cepat Thalys dari Koln ke Paris, sementara Citta dan Sly naik Eurostar ke Paris. Idih, tooopp..

Jadi, gw akan plesir terhitung tanggal 13 sampai 20 Juni, dengan 13-17 di Koln dan Bonn, sementara tanggal 18-20 akan di Paris. Semoga lancarrrrr semua di perjalanannn... lalala lilili...

Gini lho lika likunya demi mendapatkan visa Jerman...

1. Tiket
Untuk ke Jerman, pilihan menawan jatuh pada GermanWings. Gw tau doi ini dari Citta, yang tentunya tau dari warga lokal temen sekampus dan se-flatnya, Esther. Di sini, tiketnya mayan murah, lagi-lagi kalo pesen jauh-jauh hari lah. Bisa £1 doang gitu tiketnya. Tapi teteup aja siy, tax-nya bisa £27 sendiri getoh...



Gw pesen tiket dari tanggal 22 April untuk berangkat 13 Juni dan pulang 20 Juni. Agak mepet sebenernya, sehingga gw gak dapet harga yang termurah yang mungkin ada. Tiket London-Koln (return) itu harganya £68.67. Berhubung pesen online dan gw gak punya kartu kredit, jadilah gw membajak kesediaan permataku Swastika Nohara untuk ngebooking-in tiket.

2. Visa Appointment
Karena Kedubes Jerman ini laknat adanya, maka untuk ngurus visa appointment mesti lewat telfon. Biayanya £1 per menit. Jauh-jauh hari, Rini menyarankan untuk nebeng telfon landline temen, jadi hati tenang gitu dan gak tiba-tiba pulsa di hp abis gara-gara nelfon booking appointment ini. Tapi berhubung jadi agak ribet kalo mau nyari tebengan landline, akhirnya ya udah, gw relakan aja pake hp. Setelah gw cek sama Citta, dia menyarankan pake hp ketimbang pake telfon umum.



Hoke deh. Walhasil gw abis £14 untuk booking appointment itu. Sumpeh deh itu mbak-mbak di mesinnya luuuaaammuuuaaaa banget ngomongnya. Eh biar kata gw maki-maki gini, di tengah mbaknya ngomong gw juga sempet nge-hang dikit (baca: budek) dan jadi mesti rikues ngulang informasi. Huhuhuhu...

Gw nelfon untuk booking visa appointment ini tanggal 16 April malem banget. Untung aja line telfonnya 24 jam, jadi kan gw bisa telfon kapan aja. Dengan menelfon tanggal segitu, gw dapet appointment tanggal 11 Mei. Jauh ya bow. Besoknya, pas gw ngebookingin buat M'Eni, eh udah gak dapet aja gitu appointment tanggal 11 Mei. Buset. Apa iya ini negara laris manis tanjung kimpul? Eh tapi kan mau piala dunia yak.. wajarr... *dan gw sumpe mati gak doyan bola*

3. Travel Insurance
Sebetulnya ada banyak pilihan beli travel insurance di situs internet. Tapi gw agak khawatir aja, jangan-jangan travel insurance dari situ gak laku atau gak bisa dipercaya. Gak reliable gitchuw lhow. Kan ngeri aja kalo segala urusan visa mesti gagal berantakan karena travel insurance-nya gak meyakinkan.



Jadilah gw beli di kantor pos. Ah sumpeh deh ini negara kaya dan makmur emang luar biasa. Segala hal ada di internet! Gile, berjaya banget dah. Bayangin, situs kantor pos aja ada branch locator segala.. lengkap dengan petunjuk arah untuk mencapai ke kantor pos terdekat dari tempat tinggal kita! Haduh, sumpah deh.. kapaaan ya PT Pos Indonesia bisa begeneeehhh...

Berhubung gw bepergian cukup lama, total 8 hari, maka harga travel insurance gw adalah... deng dong... £20. Huhuhuhu benci aku! Mahaaaaalllll... Tau gitu kan pegi tiga hari ajaaa biar travel insurance-nya cukup £7 ajah.. huhuhuhu..

4. Bank Statement
Biasanya sih gw selalu ngecek kondisi keuangan gw lewat online banking-nya HSBC, jadi gak berasa perlu punya bank statement. Pas cetingan sama Citta, dia cerita kalo tiap bulan dapet bank statement dari Natwest. Ooo mestinya gitu ya? Hmmm oke deh kita cek.



Trus gw cek dong ke HSBC Charing Cross, tempat account gw berada. Dicek sama mbaknya, eh ternyata gak ada UK Postal Address. Dia nanya ke gw,"Kok bisa?" Lah ya gw mana taauuu lah ya.. pan situ petugasnya! Jadilah gw memasukkan UK Postal Address gw di dalam datanya HSBC. Beberapa hari kemudian, datanglah itu bank statement yang mencantumkan pundi-pundi emas gw di HSBC *yea you wish*



5. Evidence of Student Status
Nah kalo ini yang paling gampang. Sumpah gacel abis. Tinggal masuk ke situs SOAS, lalu masuk ke bagian registry, isi formulir... dan voila! Surat bukti itu punya nyampe di kotak pos rumah gw dalam waktu tiga hari saja. Wah ini paling effortless neh!

6. Ngurus Verpflichtungserklärung
Kesintingan dan kegilaan gw selama ngurus surat undangan bajingan laknat keparat ini bisa dibaca di sini.

Demi mencegah stadium 4 sakit jiwa karena ngurus surat bajingan ini, gw putuskan untuk mengelabuhi pemerintah Jerman. Caranya adalah dengan tetap menginap di tempat M'Ayu, tapiii pura-puranya kita berlaku sebagai turis. Caranya adalah dengan tetap memesan kamar hotel, tapi ntar dibatalin. Jadi, yang penting adalah cari hotel yang tidak memberlakukan cancellation fee. Mantep toh? Manteepp.. Maafkan kami pemerintah Jerman...

7. Booking Hotel
M'Ayu ngasih tau kalo hotel yang tidak memberlakukan cancellation fee adalah Hotel Ibis. Nah mantep dong. Demi keamanan kantong, maka cari aja hotel yang rate-nya murah meriah. Jadi kalo tiba-tiba ada hal buruk yang terjadi dan kita mesti bayar rate semalem, tetep sanggup lah gitu. Pilihan jatuh pada Hotel Ibis Koeln West Frechen. Di manakah itu? Sebodo teuing dah. Kagak bakalan gw inepin juga gituh.



Berhubung gw pergi berdua M'Eni, sejatinya kita tentu bakal tinggal sekamar, double atau twin bed. Tapi demi menjaga kemungkinan terburuk, akhirnya kita pesen kamar sendiri-sendiri dulu. Takutnya ntar diresein sama orang Kedutaan Jerman gitu lhow. Dengan membooking sendiri-sendiri kan nama kami masing-masing akan tertera di lembar konfirmasi pemesanan kamar. Gitu lho maksudnyah.

Okeh semua beres. Visa pun akhirnya beres di tanggal 26 Mei setelah melalui sekian panjang perjuangan berkeringat, air mata dan berdarah-darah. Fiuh.

Nah berarti tugas selanjutnya adalah mengatur perjalanan ke Paris dong. Cincay. Sini! Hajar bleh!

1. Kereta Thalys Koln-Paris
Kereta cepat yang menghubungkan Koln dan Paris adalah Thalys. Aseeekkk, bisa ngerasain kereta caem! Gapapa deh melewatkan pengalaman Eurostar, yang penting pernah ngerasain Thalys sebagai pelipur lara.



Wah, ini berarti kita memasuki dunia pertiketan baru lagi, setelah gw agak terbiasa dengan dunia pertiketan di London. Tiket bisa dibeli di sini atau di situ. Gw akhirnya beli di sini, karena... mmm.. karena apa ya.. Gak ada alesan sih, hihihi.

Sialnya, harus berpacu dengan waktu gitu pas mesen tiket. Soalnya tiket yang murah meriah itu diembel-embeli dengan tulisan "Hurry, limited seats available!" Siwalun. Akhirnya dengan sangat tergesa-gesa itu tiket mesti dipesen, di tengah-tengah M'Eni lagi persiapan mau ujian terakhirnya. Gw dapet tiket return seharga £44. Mayan deh, untuk tiket berangkat dan pulangnya dapet yang paling murah.



2. Hotel dekat Gare du Nord
New Hotel Gare du Nord ini adalah hotel pilihan M'Eni karena dia kepincut sama tampilan kamarnya. Kalo gw sih kepincut sama free wi-fi-nya ajah. Pas dong, cocok. Hajar bleh. Akhirnya kita pilih hotel ini juga. Alasan fungsionalnya sih karena lokasi hotel ini sangat dekat dengan Gare du Nord yang akan jadi stasiun Thalys tiba dari Koln. Jadinya cocok dong. Lagian kan ntar pulang dari Paris ke Koln juga mesti naik Thalys juga gituh.

Situs ini terhitung paling bersahabat lah dibandingin situs-situs pencarian hotel lainnya. Mungkin jadinya agak mahal yak karena dia ada di tengah kota. Yang murah sih banyak, tapi jauhnya segambreng gitu. Nah gw cuma bakalan dua malem gitu lho di sana, gak pengen nyiksa diri lah.

Sebelumnya sempat menyiksa diri gitu lah gw gerilya nyari akomodasi yang tepat dan nyaman buat kedatangan kami yang cuma dua malam itu di Paris. Ada hotel murmer, tapi shower mesti bayar lagi 3 euro. Ada juga yang jauuuhh gitu kayaknya dari pusat kota. Aduh, gw gak pengen buang-buang waktu di jalan deh, jadi pengennya yang deket-deket aja gitu lho.

Lagian, di hari kedua, gw dan M'Eni akan bergabung bersama Citta dan Sly di kamar hotel mereka yang bintang tiga itu. Huhuhuhu, hotel mereka keyen! Benci aku. Soalnya mereka tuh hotelnya sepaket sama Eurostar, jadi itungannya harganya lebih murah gitu. Nah berarti gw cuma butuh semalam di Hotel Gare du Nord itu, dan besoknya hijrah ke hotel Citta-Sly. Seeeppp dahh..

Hal terakhir yang perlu dilakukan adalah: cara ke Stansted Airport.

Sayang ke Stansted itu tak semudah pergi ke Heathrow yang tinggal pake tube sekali doang. Ini mesti agak perjuangan karena tempatnya jauh. Sebetulnya ada Stansted Express, jalan tiap 15 menit sekali, durasi perjalanan 45 menit. Naiknya dari Liverpool Street station dan harga tiket return itu £25. Untungnya, kalo naik kereta itu tuh jam-nya gak ngaruh. Jadi ini memadai lah, kalo-kalo pesawat pulang dari Jerman itu delay atau gimana gitu.



Tapi, mmm gimana kalo kita cari yang lebih murah? Setuju kan. National Express, return £16, tapi jam gak bisa diganti. Lalu kita menemukan Terravision coach. Nah cocok nih, meskipun kita mesti ke Victoria Station dulu. Yaaa gapapa lah, toh bis 73 ada terus 24 jam. Cincay. Kalo naik Terravision itu return £13.5 dan jam-nya juga bebas asal di hari yang sama. Jadi, memadaai juga kalo ada masalah sama flight pulang. Hajar? Hajar!



Berarti, saatnya berhitung mundur. Flight gw ke Koln itu jam 8 pagi. Sebaiknya gw nyampe sana dua jam sebelumnya, karena gw gak paham Stansted dan mesti nyari counternya GermanWings. Okeh, berarti nyampe di Stansted itu jam 6 pagi. Naik Terravision ini adalah 1 jam 15 menit, berarti paling enggak mesti berangkat yang jam 5 kurang. Yak, ada yang berangkat jam 04.50 dari Victoria Station. Dari rumah ke Victoria Station itu 30-40 menit. Berarti mesti berangkat dari rumah paling telat jam 4 atau jam 03.30 kalo gak mau buru-buru. Cek Journey Planner sekarang, yak, ada bis 73 lewat depan rumah jam 03.32. Fiuh. Pagi bener yak...

Aaaahhhhh beressss semua. Tinggal mendedikasikan satu hari penuh untuk riset tempat plesir yang mau gw dan M'Eni datengin selama di Koln, Bonn dan Paris. Ahhh senangnyaaa..

3 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Kalau di Paris, nengok Museum Louvre dong sekalian napak tilas da Vinci code. Katanya kan kuburannya Maria Magdalena ada dibawahnya piramid itu lho...

Pa2h

13/6/06 5:02 AM  
Blogger CIAO ITALIA! said...

Saat baca ini pastilah udah nyampe di Stansted dg sentosa? hehe, beneran cabut dari rumah 3.30 am? Pagi betul euy. Ribet yah tiket murah.

Visa schengen itu emang susah setengah mampus.

Daerah Gare du Nord ngga banyak atraksi sih, mesti ke Arrondissements 1, 4. Jgn lupa ke Le Marais malem ari cari angin yah.



^^

18/6/06 4:41 PM  
Anonymous Anonymous said...

эксклюзивное порно dvd
порно видео мультфильмы бесплатно
киргизия секс
развратный секс любительский
просмотреть порно видеоролики бесплатно
секс измены рассказы
истории группового секса
порно секс эротика девушки
порно девочки 13
реальное порно видео

17/1/10 2:51 AM  

Post a Comment

<< Home