Tuesday, June 13, 2006

Kutukan Jerman Belum Berakhir

Hari Selasa jam 02.30 pagi M’Eni telfon untuk ngebangunin gw. Sejatinya, gw dan M’Eni emang mesti berangkat jam 03.30, demi mengejar bus 73 yang akan lewat pukul 03.50 dan membawa kita menuju Victoria Station, bertemu dengan Terravision jam 04.50 yang akan membawa gw ke bandara Standsted untuk terbang bersama GermanWings jam 08.15. Kekeke, pusing gak sih banyak angka jam geneh… kikikik… Sejam kemudian M’Eni telfon lagi dengan satu pertanyaan saja,”Udah siap belum?” Gw pun gelagepan bangkit dari tempat tidur, keluar dari selimut gw yang maha hangat dan kebingungan menjawab,”Siap apa?”

Dweng dwong… ketebak banget gak sih gw… kesiangan bangun dooongg.. Niat tidur lagi cuma 5 menit, eh kok ya jadi sejam ya? Ih heran deh gw. Tempat tidur gw pasti ada peletnya! Kekekekekek.. bisanya nyalahin tempat tidur, hihihihi. Dengan sigap dan cekatan gw langsung siap-siap, mandi dan ngerapiin ransel serta travel bag yang baru gw beli seharga 5 poundsterling. Dalam waktu 10 menit saja, gw langsung ke kamar M’Eni bawa laptop gw.

Idih gile. Liburan musim panas ke Koln dan Paris bawa laptop? Mau ngerjain disertasi? Untungnya sih enggak, kikikik. Mengingat gw pergi selama 8 hari, koleksi foto-foto gw pastinya sangat-sangat banyak dong. Demi mencegah adanya foto-foto yang mesti diapus karena storage-nya kurang, dengan penuh pertimbangan gw membawa laptop serta. Tapi karena gw males gotong-gotong tas laptop dan bikin bahu sakit, akhirnya disepakati bahwa laptop akan gw titip di koper merah M’Eni. Okeh, deal.



Jam 4 kurang, kita buru-buru turun ke bawah dan menuju halte bus. Menurut jadwal journey planner, mestinya akan ada bus 73 yang lewat di pukul 03.50 dan jam 04.02. Bus yang jam 03.50 lewat sudah tanpa jejak, dan kita pun menanti bus yang jam 04.02. Ada ibu-ibu yang juga ikutan nunggu 73 bareng kita. Dia merasa aneh karena bus 73 belum liwat juga, padaha mestinya udah jam-nya lewat. Tunggu punya tunggu, wah gak lucu nih. Ini bus 73 gak nongol juga. Akhirnya si ibu memutuskan untuk naik bus ke Kings Cross lalu nyambung naik 393 ke arah Marble Arch. Si ibu itu mengajak gw dan M’Eni juga karena dia mau turun di Oxford dan dia tau gw mau ke arah Victoria. Okeh, hajar bleh! Daripada gw dag dig dug nungguin bus 73 yang tak kunjung datang… huhuhuhu bisa mati berdiri gw kalo ketinggalan pesawat!

Okeh, hap hap hap, kita naik bus ke Kings Cross, lalu naik 393 ke Marble Arch. Dari Marble Arch, kita nunggu bus lagi yang ke arah Victoria Station. Waktu sudah menunjukkan pukul 04.30. Hati mulai degdegplas lagi karena bus ke arah Victoria Station gak nongol juga. Dengan pertimbangan cepat dan masak, akhirnya kita nyetop taksi aja dah. Dalam hati berharap jarak yang dekat berarti harga taksi tidak terlalu mahal. Ternyata keleruuuuu sodara-sodaraaaa.. Dari Marble Arch ke Victoria Station yang cuma se-encret itu di pagi hari yang sepi itu, menghabiskan ongkos taksi 10 pounds! Iiiihhh amit daaahhhh… malesssshhhh… Tapi ya mau pigimana lagi..

Tapi beneran, untung aja kita memutuskan untuk naik taksi. Karena begitu taksi nyampe di Victoria Station, bus Terravision itu sudah menanti. Udah ada beberapa penumpang yang siap di dalam bus, lalu kita buru-buru nyerahin tiket dan naik ke dalam bus. Aaaahh… legaaaa…



Satu jam kemudian, jam 6 pagi, kita nyampe di bandara Standsted dengan selamat. Buru-buru deh kita check in di GermanWings. Ih gak nyangka deh. Perasaan bawaan gw gak berat-berat amat, tapi kok ternyata travel bag gw beratnya 6 kilo aje. Buset dah. Sementara koper M’Eni itu beratnya 17 kilo aja. Gileee.. Mau pindahan neng? Eh, gw gak boleh gitu yak. Pan gw nitipin laptop di koper doi…



Abis itu jalan-jalan dikit di seputaran Standsted, trus kita mulai masuk ke antrian lagi. Ada plang khusus buat tujuan ke Jerman, palingan karena ada piala dunia yak jadi mesti dibikin khusus gitu. Okeh, langsung aja kita menuju Gate 37. Trus ya udah, tunggu sebentar, trus disuruh masuk boarding deh. Berhubung GermanWings itu free seating, jadinya ya kita buru-buru masuk aja ke pesawat biar dapet tempat yang enak gitu. Ngantri dong sebagai warga dunia yang baik. Bule-bule yang antri di depan gw semuanya melintas tanpa beban, gak dicek paspornya or whatsoever. Tapiiiii pas gw… hell yeah! Si mbak-mbaknya itu secara khusus membalik satu per satu lembar paspor gw, ngecek Schengen visa gw, trus nanya kapan gw pulang, apakah gw punya ijin balik ke UK atau enggak dengan muka yang rada bete gitu. Iiiiihh pliisss dehh Mbak. Eke pan dah dapet visa, situ gak usah jutek gitu dong! Reseeeeeee… Ihh bener dah. Dari situ gw udah berasa kesel banget getoh. Diskriminatiiiffff… sebel sebel sebellll…



Abis itu sambil misuh-misuh gw masuk ke antrian berikutnya, untuk masuk ke dalem pesawat. Biasa dong, begitu masuk pesawat, ada pramugarinya yang kerjanya senyam senyum gitu. Daaaann guess what dooongg… Pramugarinya ngecek paspor lagi! What the hell was that?! Masa iya pramugari sampe ngecekin paspor juga?? Dan lagi-lagi, tentu saja, bule-bule yang di depan gw gak ada satu pun yang diminta ngasih liat paspornya. Lah ya udah tinggal duduk di dalam pesawat gitu lho! Iiiihh sumpah ngehe abis.

Pas turun di Koln/Bonn Airport, diskriminasi ini tentunya masih belum berlanjut. Kan mesti lewat imigrasi lagi tuh. Kalo di situ ya udah lah terima aja kalo ditanya-tanyain lagi. Tapi petugasnya itu lho. Juteeekkk bener tampangnya. Semua dokumennya diliat, termasuk bookingan hotel dan tiket pesawat pulang segala. Iye iye dah gw bakalan balik ke Inggris kok gak bakalan tinggal di Jerman, kayak situ punya negara oke banget aja! Iiiih sumpah kesel banget dah gw.

Dari situ, gw masih nyolot aja bawaannya. Kalo sekali lagi gw ditanyain paspor, itu orang bakalan gw interogasi abis-abisan kenapa dia mesti nanyain paspor gw dan gak nanyain paspor bule-bule laknat lainnya. Tokaaaaiiiii… Begitu kelar urusan imigrasi, gw langsung sms Tika, minta tolong dia ngebatalin bookingan hotel Ibis gw. Siiiipp. Beres dah..

Tapi, tetep aja gw masih nyolot berat gitu. Gw dan M’Eni jalan ke arah tempat ngambil koper. Gw dan M’Eni tuh udah orang terakhir yang ada di arrival situ, karena yang lain kan gak perlu ditanya lama-lama gitu. IIiiihhh sebel. Dasar orang Jerman katro! Dari kejauhan, gw ngeliat travel bag gw dan gw langsung ngambil itu travel bag. Lah, tapi… kopernya M’Eni mana?

Monyooooongggg… Kopernya gak ada! Aaarrrrggghhhhhh…

Langsung aja gw cari petugas bandara yang ada di situ. Kalo sampe dia gak bisa bahasa Inggris, waduh gw udah mau pengsan aja dah rasanya. Untung aja si mas itu bisa bahasa Inggris. Amiiinnn.. Langsung deh gw tanya di mana gerangan kopernya M’Eni. Dia langsung nelfon-nelfon, entah ke mana dan bicara dalam bahasa Jerman. Dalam kalimat-kalimat antah berantah yang dia katakan, dia sempet menyebut kata ‘computer’. Gw langsung maknyooosss gitu rasanya. Mati gw. Ada apa dengan laptop gw di dalam koper M’Eni? Tolooooonngggg….

Jantung gw dah mau copot dah rasanya. Iya sih, bahan-bahan disertasi udah gw taro di dalem USB. Foto-foto selama term1 udah gw burn ke dalam CD. Tapi kan tetep aja gitu malessssss gilaaa keilangan laptop saat-saat disertasi geneh. Huhuhuhuhu… Tapi nyolot mesti tetep berlanjut dong. Gw nyecer melulu nanya kenapa ini bisa terjadi, apakah sering kejadian gini, apa yang dicurigai dari kopernya, bla bla bla. Apalagi sebelumnya gw udah total TIGA KALI ditanyain paspor dan kelengkapannya dalam perjalanan London-Koln, jelas aja gw nyolot pol gitu.

Lalu si petugas itu menjelaskan bahwa kopernya masih ada di London. Bahwa hal seperti ini sering terjadi kalo petugas keamanan merasa ada yang perlu diperiksa lebih lanjut. Tapi tentu saja dia tidak menjelaskan, atau emang gatau kali yak, soal kenapa-kenapanya. Jadinya ya dia gak bisa terlalu menjelaskan juga. Tapi si petugas itu bilang, semoga aja itu koper diikutkan dalam penerbangan berikutnya ke Koln, yaitu jam 5 sore ntar dan jam 10 malemnya. Okeh. Dia bilang, kalo kopernya ketemu, bakalan dianter ke tempat kita tinggal. Okeh, langsung aja gw kasih alamat dan nomor telfon Mas Ging, mengingat gw akan tinggal di rumah Mas Ging selama di Koln. Okeh. Sampe di situ beres.

Tapi tetep aja keseeeeeeelll rasanya. Gile aja ini kutukan gak berakhir-akhir juga. Udah gw telat bangun, bayar taksi 10 pounds, diperiksa paspor tiga kali… eh ini kok pake acara koper berikut laptop gw masih nyangkut di London pula.. Huhuhuhuhu… terkutuklaaaaahhhh… hhuhuhuhuuhuhu…

0 Comments:

Post a Comment

<< Home