Monday, June 05, 2006

Party Kagetan

Sore-sore yang ceria, abis pulang internship di Article19, baeknya santai dulu bentar sambil menikmati suasana sore di kamar. Tiba-tiba, bertubi-tubi muncul telfon dari Anto, cetingan dari M'Eni dan gak lama telfon dari Sly. Bla bla bli bli, berkat ide cemerlan Huda yang pengen masakan Jawa -whatever that means- jadilah ada acara masak-masak dadakan di rumah gw. Hayaaahhh.. lagi? Party lagi? Masak-masak lagi?? Yaolooh..

Lalu sampailah rombongan dari tengah kota itu ke rumah gw. Tika dan sepedanya, Neny, Huda dan Anto yang udah siap dengan kantong belanjaan warna merah. Ah ketara banget, dari supermarket Loon Moon di China Town. Okeh. Akan masak apakah kita hari ini? Rupanya menunya cukup menantang. Teri goreng, sayur asem, tempe goreng dan asinan. Sebagai tuan rumah, tugas gw berat dong: nyediain dapur dan alat makan. Kekekekek...

Mulailah persiapan masak memasak itu dilakukan. Potong tempe, bumbuin. Tika sibuk cari ketumbar sementara gw berusaha meyakinkan bahwa gw gak punya ketumbar. Untungnya Tika gigih mencari dan walhasil dia menemukan ketumbar... di tempat bumbu gw. Kikikik.. ooo ternyata gw punya ketumbar tooohh...



Neny juga sibuk nyari bawang merah dan cobek buat ngulek bumbu sayur asem. Dia mempertanyakan bagaimana gw bisa ngulek kalo gak punya cobek. Laaahh, pan kita gak pernah ngulek, kikikikik.. Gw juga bersikukuh bahwa gw gak punya bawang merah karena seinget gw emang gw gak punya. Ehh, ternyata dia nemu... di lemari dapur gw. Kikikik, hadooh.. ternyata gw punya bawang merah ya? Astaga.. tau gitu kan gw rajin masak.. kikikik..



Huda sebagai pemohon masakan Jawa dipekerjakan motong-motong segala macem sayur buat sayur asem, motong tempe dan ngebumbuin tempe. M'Eni bikin sambel andelannya. Tika masak sayur asem. Neny goreng teri. Huda pada akhirnya berperan sebagai penggoreng tempe. Sly dan Citta tak lama dateng, keduanya dengan pipi merah akibat abis dari bar. Untung aja mereka nelfon pas masih berjarak 3 menit dari rumah gw, jadi masih sempet diperdaya untuk beli jus, kikikik...



Simsalabim.. tak lama masakan pun siap. Idih gile, top banget dah. Sayur asem, teri goreng, tempe goreng dan nasi panas sudah tersedia di meja. Plus jus apel dan jus jeruk serta Coke. Aih aih.. top bangett.. nyam nyam nyammm... Tapiiii.. poto dulu dong, kekekekke..

Karena peserta makan-makan rada banyak, nasi cepet abis sementara lauk agak menanti dengan tak sabar gitu. Teri dan tempe sih dengan seketika ludes begitu saja. Sementara sayur asem sepanci besar itu masih sabar menanti nasi kloter ketiga. Berasnya ampir sekilo gitu deh yang dimasak. Untung rice cooker gw bisa diandalkan, jadi tak lama pun dia matang.



Makan-makan semalem terfokus di Sly yang lagi meet and greet sama fans-fans Londonersnya. Kita menuntut Sly untuk menghadirkan film 'Kamar Mandi' yang dia bikin bertahun-tahun lalu pas house warming party di flatnya yang baru di Baker Street. Sementara Citta tiba-tiba memekik dan bilang Anto mirip penyanyi cilik karena potongan rambutnya yang ngebob abis gitu.

Ngobrol punya ngobrol, lho, kok gw punya kerupuk ya? Akhirnya Tika menjadi penggoreng kerupuk. Sementara Citta lantas keluar dengan ide cemerlangnya: goreng kerupuk pake microwave! Aih aih. Penemuan abad ini nih! Mengalahkan Candi Borobudur! Keajaiban dunia ke... eh ke berapa ya?

Jadi ternyata goreng kerupuk itu bisa pake microwave. Panasnya yang medium aja, cukup 2 menit. Itu kerupuk ditata aja di piringannya microwave, lalu nyalain, trus tunggu deh. Kerupuk akan tersedia dalam waktu singkat. Aroma udangnya sih emang jadi ilang, tapi krius-kriusnya mah mantep. Krupuk goreng konvensional yang dikerjain Tika tentunya teteup mendapat sambutan meriah. Karena nasi masih ada, jadilah kita makanin kerupuk plus nasi, hihehiheihei...



Makan-makan akhirnya ditutup dengan doa bersama. Lho, enggak ya? Kikikikik.. Yang jelas, es krim yang dibawa Tika sejak Wok With Wan edisi pertama akhirnyaaaa abis juga. Gile, tangguh banget itu es krim, menemani kita semua di empat ronde makan-makan, haha! Eh atau jangan-jangan udah expired? Ah gapapa.. makin enaakkk.. Neny yang cerdik pandai sudah menyiapkan asinan juga buat pencuci mulut. Sementara Huda dan Anto sibuk menyesal karena keinginan beli onde-onde tadi di China Town hanya sebatas dalam hati saja.

Tetamu-tetamu gw akhirnya baru pulang jam 23 lewat gitu. Seperti biasa, Sly yang mengingatkan akan waktu karena dia masih tinggal di suburbia Hendon sana. Sementara Citta sebagai party-goers masih lanjut ke bagel 24 jam di Bricklane bareng temen-temen kampusnya. Gw mah langsung selimutan aja dan bersiap tidur. Tentunya dengan syal merah dari minke yang gw jadikan penutup mata penghindar silau. Kalo kata Anto, gw kayak Rambo karena tidur pake iket kepala. Ih, Rambo? Sori ye! Chuck Norris dooongg!

1 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Wah kalau CV untuk masak memasak dan bikin party ini makin panjang, balik ke Jakarta bisa bikin bisnis rumah makan atau event organizer nih....:)

Pa2h

7/6/06 7:21 AM  

Post a Comment

<< Home