Thursday, June 15, 2006

Napak Tilas Robert-Koch Strasse

Begitu nyokap tau kalo gw mau mampir ke Bonn, dia langsung mengajukan satu rikues maha penting. Gw diminta mencari rumah masa kecil dia dulu (bareng kakung, uti serta tante dan om gw tentunya) di Bonn. Duluuuuuu banget lah yang jelas. M’Eni sang jagoan ngitung, berhasil menemukan bahwa pas nyokap gw tinggal di Bonn berarti nyokap berumur 16 tahun dan itu adalah sekitar 37 tahun yang lalu. Ih hebat pisan dah M’Eni, karena dia cuma berhitung berdasarkan angka kelahiran nyokap gw serta umur dan angkatan tante gw. Hebatttttt…



Alamat rumah yang harus gw cari adalah 24 Robert-Koch Strasse, Bonn-Venusberg. Menurut Mas Ging, daerah situ agak tinggi, karena ‘berg’ berarti pegunungan. Ancer-ancer nyokap gw sih cuma ‘bukit’ yak… yaah, mirip deh.. Agenda napak tilas ini gw lakoni di hari ketiga gw di Jerman, pas gw nyampe di Bonn. Malemnya emang mau nginep di hotelnya Nita, biar ganti suasana dikit lah. Lagian, pergi ke Jerman gak akan ada artinya kalo gak ke Bonn. Eh, gak gitu-gitu amat yak…



Jam 10-an, gw berangkat dari rumah Mas Ging. Okeh, kita menuju Koln Hbf, beli tiket. Maknyos, tiketnya 6.10 euro nih ke Bonn?? Monyet. Mahaaaalll.. Tapi ya bagaimana. Ntar gw bisa gak masuk sorga kalo gak menuntaskan keinginan nyokap gw, hihihi.. Begitu nyampe di gleis/platform 10, horeeee.. kita bisa naik kereta double decker! Cihuuyy. Kalah mah London, cuma ada double decker yang bus!



Kita nyampe di Bonn Hbf sekitar jam 11-an. Biasa, nyasar-nyasar dikit dulu deh. Sembari kita nyari tourist information-nya Bonn, akhirnya kita jalan-jalan aja dulu di sekitar itu. Standar lah, ke rumahnya Beethoven, Munsterplatz, foto-foto kiri-kanan gitu deh. Di Bonn itu jauh lebih sedikit yang bisa diliat dibandingin Koln. Apalagi kita nyampe di Bonn itu pas hari libur. Jadinya ya sumpah sepi pisaaaaaann di kota itu. Udah kota kecil, libur pula, makin-makin dah sepinya. Untung aja tempat-tempat plesirnya gak tutup. Kalo tutup, wah mati angin banget dah gw.



Berbekal peta, kita nyampe di Beethoven Haus. Atas nama penghematan, akhirnya gw dan M’Eni cuma mampir di shop-nya ajah. Males lah masuk, wong bayar lagi 4 euro. Daripada buat masuk ke dalam rumah Beethoven, mendingan kan gw beli suvenir toohh.. Abis itu puter-puter dikit, foto-foto kanan kiri, abis itu end up makan siang di McD. Setelah makan siang, energi terisi, hati cerah ceria, mata terang benderang setelah perut kenyang, nah baru deh napak tilas dilakukan. Ready, get set, go!

Bonn Hbf itu kan letaknya di tengah-tengah kota, dan mengingat orientasi kanan-kiri-atas-bawah gw suka ngadat, maka mencari jalan Poppelsdorf Alle itu susahnya minta ampun. Berdasarkan peta, gw harus mencari Poppelsdorf Alle, lalu menemukan Botanical Garden, lalu tinggal pilih jalan yang paling deket untuk menuju Robert-Koch Strasse. Patokan gw adalah St Marien Hospital yang beralamat di 1 Robert-Koch Strasse. Dari situ, cincai lah mestinya.



Setelah puter-puter arah agak gak keruan, akhirnya ketemu juga itu Poppelsdorf Alle. Tentu saja, penemunya adalah M’Eni. Dia langsung nunjuk-nunjuk gedung kuning di Botanical Garden dengan kegirangan. Modalnya adalah ingatan yang tajam akan brosur Bonn Tourism yang dibaca sembari makan siang. Dari situ kita jalan deh menyusuri Poppelsdorf Alle. Jalannya penuh pohon-pohon rindang gitu, jadi ahoy deh. Di pinggirnya juga banyak bangku-bangku taman, jadinya siap leyeh-leyeh kapan pun pegel linu.



Jalan teruussss aja, nyampe deh di gedung kuning Botanical Garden. Poto-poto dikit, sambil ngecek peta, jalan mana lagi yang harus ditempuh. Karena kita terlihat kebingungan, akhirnya disamperin deh sama seorang bapak yang ngasih tunjuk arah yang benar. Tsaaaahhh… kayak dapet wangsit ajeh. Ternyata kita sebaiknya lewat jalan Clemens-August Strasse, lalu belok di Im Winger dan nyampe deh di Robert-Koch Strasse. Cincaaaiii.. hayoh jalan! Semangat semangat semangaattt…



Smangat sih semangat, tapi kalo jalannya nanjak.. wadooohhh.. ngos-ngosan abis dah. Nanjaknya emang gak langsung tinggi. Perlahan tapi pasti. Dan ini membuat tubuh gw yang gak pernah olahraga kecuali yoga kalo niaaaaat banget jadi sulit beradaptasi. Untung aja cuaca lagi adem, mataharinya gak ada, trus angin sepoi-sepoi gitu. Gw jadi berasa jalan kaki di Puncak aja gitu.



Okeh, kita nikmati terus pemandangan di jalan Im Winger, sampai akhirnya kita sampai di ujung jalan. Nah itu dia rumah sakitnya! Akhirnyaaaa… Kalo udah ketemu rumah sakit St Mariane Hospital, mestinya udah deket sama rumah nyokap gw. Rumah sakitnya itu tuh yang putih itu.. Tinggal jalan dikit nyari rumah bernomor 24 aja deh.



Karena rumah sakit ini ada di pengkolan jalan, jadinya kita mesti memilih dan menebak-nebak, di mana lokasi rumah bernomor 24. Kita jajal ke kanan dulu. Sial, jalannya nanjak lagi. Huhuhuhu.. tuluungg.. Tapi demi menuntaskan impian maminda, hajar terus aja dah. Naik naik ke puncak gunung lagi, tengok-tengok kiri kanan, lah kok nomor rumahnya makin lama makin besar ya. Nomor genap sih, tapi makin lama makin gede gitu nomernya. Nah lho nah lho, kok gak ada ya? Okeh, kita coba ujung jalan yang sebelah kiri. Turun lagi, lalu nyebrang, lalu menyusuri jalan Robert-Koch Strasse yang sebelah sononya. Wah, rumahnya cuma sedikit gini dan jelas-jelas gak ada nomor 24 di sana. Nah lho nah lho. Di mana gerangan ini nomor 24?



Kita balik lagi menyusuri Robert-Koch Strasse yang sebelah kanan. Kali aja tadi ketelisut si nomor 24. Jalan pelan-pelan, tapi kok gak nemu juga. Adanya nomor 25 dan 23, tapi trus 24-nya missing in action gini. Akhirnya kita disamperin sama seorang bapak yang lagi berkebun dan nanya kita lagi nyari apaan. Soalnya kan gw dan M’Eni terlihat celingak celinguk banget, bulak balik naik turun jalan Robert-Koch Strasse itu. Tanya punya tanya, dia menduga nomor rumahnya salah atau si rumah Robert-Koch Strasse 24 itu sudah berubah menjadi flat. Itu tuh yang ketutup pohon-pohon.



Di ujung jalan Robert-Koch Strasse, pas di pojokan lampu merah itu emang ada flat dua lantai yang terdiri dari 8 rumah. Itu adalah flat milik rumah sakit yang dijadiin tempat buat nampung pasien tambahan atau gimana gitu deh. Okeh, makasih Pak. Lalu kita liat deh itu rumah-rumah itu. Gak ada nomernya. M’Eni lalu berhitung. Menilik dari nomor rumah di sisi kanan dan kiri Robert-Koch Strasse, maka hampir bisa dipastikan rumah bernomor 24 adalah salah satu dari flat itu.



Okeh. Ready, satu dua tiga, senyuuumm… Mari mari saya persembahkan... Robert-Koch Strasse nomor 24 (mudah-mudahan)!

Foto-foto ini diambil dengan cara sembunyi-sembunyi. Daerah jalan ini nih sumpah mati sepinya minta ampun. Itu bule-bule pada bingung kali ya, sejak kapan Bonn-Venusberg ini jadi tempat wisata dan kenapa juga ada dua perempuan Asia bulak-balik motret kiri kanan di daerah situ. M'Eni yang mengingatkan gw, bisa aja tuh bule curiga gitu karena kita motret-motret. Jadinya mesti sok cool gitu deh motretnya. Tadinya sih gw udah ancang-ancang untuk bilang "My mother used to live here" tapi kayaknya alasan itu agak sulit dipercaya. Ya gak sih? Ntar gw dikira mengada-ada pula. Jadinya ya sok candid aja deh. Lagian, flat yang kita duga bernomor 24 itu ada penghuninya. Kalo dia keberatan trus dia lari keluar rumah sambil ngacungin pisau, gimana hayo?



Tante gw yang tinggal di Bandung, sempet ngirim foto-foto jaman rikiplik pas mereka masih tinggal di Robert-Koch Strasse. Hiyah, kagak keliatan gitu rumahnya. Yang ada gw jadi memandangi bentuk rupa emak dan tante dan om gw jaman mereka masih cilik. Naon mana rumahnya ye? Kagak keliataaannn.. Cuma keliatan nomor rumahnya doang gituh…



Lewat email dari tante gw itu juga, gw mengetahui kalo dulu kakek gw dan tante gw kerja dan sekolah di Bad Godesberg. Halah, what a coincidence sodara-sodara. Gw kan nginep di Bad Godesberg juga!

Ih, kok jadi napak tilas total gini yak. Top pisan daahh...



Akhir kata, capeeeeekkkk...

0 Comments:

Post a Comment

<< Home