Sunday, October 30, 2005

Turn Back The Clock

Ah, gw baru tau penjelasan di balik BST (British Summer Time) dan GMT (Greenwich Mean Time).

Setiap akhir musim semi dan akhir musim panas itu, jam dimajuin dan dimundurin satu jam. Nah lhow, bingung kan. Jadi, selama musim semi dan panas, waktu ditambahin satu jam, sementara begitu masuk musim gugur waktu itu dikurangin satu jam. Hm ini berarti, dalam setahun, ada dua kali waktu untuk menyesuaikan jam.

Jadi sekarang ini kan jam 9 pagi nih di London, jadi gw harus mundurin waktu satu jam. Nah berarti sekarang baru jam 8 pagi. Gitu bukan ya? Ah ya ya gitu.

Kenapa mesti maju mundur gitu waktunya? Teorinya adalah penghematan listrik. Orang itu kan biasanya mulai nyalain listrik begitu sampe rumah sepulang dari kantor. Dan itu biasanya terjadi sekitar jam 6 sore kan. Hm, untuk perbandingan, inget kampanye hemat listriknya PLN yang iklannya Rieke Diah Pitaloka itu? Nah, di iklan itu disebut toh kalo beban puncak listrik 17-22... Kurang lebih itu juga yang disasar sama PLN Inggris sini. Hemat listrik. Dengan mundurin waktu satu jam, berarti orang bangun lebih pagi dan tidur lebih pagi. Nah untuk itu, ada yang spakat mundurin jam, ada juga yang menolak.

Yang sepakat dengan mundurin waktu satu jam adalah mereka yang setuju dengan gagasan penghematan energi. Karena ya itu tadi, penggunaan energi kan tergantung pada waktu matahari terbenam dan kapan orang mulai tidur. Nah, karena orang cenderung tidur pada jam yang sama setiap hari, dengan 'menipu' dan mundurin waktu satu jam, maka energi yang digunakan untuk pakai lampu, dll gitu, bisa dikurangi. Gagasan besarnya adalah lebih me-matchkan antara durasi daylight dan waktu produktif yang bisa digunakan untuk sekolah atau kerja.

Nah tapi yang menolak mundurin waktu satu jam itu juga punya argumentasi. Mereka yang menolak ini termasuk Royal Society for the Prevention of Accidents (RoSPA). Mereka bilang, gak ada keuntungan yang signifikan dengan mundurin waktu satu jam. Karena ini berarti perubahan pola tidur dua kali dalam setahun. Nah belum lagi keterkejutan orang karena bangun tidur pada jam yang salah. Kemudian ini terkait dengan jumlah kecelakaan yang terjadi karena (1) commuters kebingungan dengan jam untuk pulang pergi kerja (2) kurangnya waktu tidur (3) orang buru-buru berangkat ngantor karena dikirain udah telat, padahal waktu sudah dimundurin satu jam (4) kecelakaan di jalanan terjadi karena orang-orang memundurkan waktu satu jam di dalam mobil sambil nyetir. Najong, bisa aja ngait-ngaitin.

Tapi meskipun ada pro-kontra geneh, pemerintah Inggris ya teteup menentukan ada perubahan waktu di awal musim semi dan awal musim gugur. Edannya, Inggris bahkan punya yang namanya Council Directive on Summer Time Arrangements yang menentukan kapan waktu itu berubah. Untuk tahun 2005 ini sudah ditentukan bahwa waktu ditambahin satu jam pada tanggal 27 Maret dan dimundurin satu jam tanggal 30 Oktober. Tanggal-tanggal itu sudah disetujui Parlemen Inggris untuk wilayah Inggris dan Irlandia Utara.

Anjrooooottttt... orang Inggris pada kurang kerjaan ya? Heraaaan. Apa gak mendingan mereka ngurus perdamaian dunia atau menghentikan perang Irak? Atau paling nggak nambah warga Indonesia yang bisa sekolah di Inggris berbekal beasiswa Chevening deh. Kayaknya itu lebih berguna ketimbang maju mundurin jam kayak begini.

Ah gw jadi teringat cerita di komik Asterix, ketika perang dengan Inggris dihentikan demi acara minum teh. Berarti kalo perang itu dilakukan di akhir musim panas, maka mereka mesti baek-baek merhatiin jam, kalo gak, bisa-bisa jam minum teh sorenya salah. Kan kasihan. Berabe dwongs.

Najooooooongggg... dasar orang Inggris eduuuuunnn.. Kurang kerjaan!

*pst, kalo mau baca lebih lengkap, ada di sini ya*

Hoya, jadi apa dampaknya dari aksi 'turn back the clock' ini bagi kehidupan kita bersama? Beda waktu antara Jakarta-London TIDAK lagi 6 jam, tapi menjadi 7 jam. Jadi kalo di London jam 12 malem, maka di Jakarta adalah jam 7 pagi besoknya. Waktu di Inggris kembali bersatu dengan GMT dan kami berada di wilayah yang segaris sama GMT 0 (nol). Gitu. Ngarti?

6 Comments:

Blogger Unknown said...

jadi inget pelem national treasure

30/10/05 11:45 AM  
Blogger pippilotta said...

buat donkeekong : tor, update blog lu dong. bosen gambarnya gitu melulu.

30/10/05 12:22 PM  
Blogger Dyah Puspita said...

percuma kasitau aku soal jam, bo. I don't do numbers, 'kan?? So..remind me from time to time, okay.
BTW, udah ke dokter bloonnnn

30/10/05 4:12 PM  
Blogger pippilotta said...

gajadi ke dokter ah. batuknya udah sembuh berkat obat batuk berjudul "tickly cough relief" seharga 99 pence. tenang, semua sudah dalam kendali.

30/10/05 6:41 PM  
Anonymous Anonymous said...

Penyesuaian waktu itu juga dikarenakan pergeseran letak matahari (inget dulu tuh pelajaran kosmografi), karena sesuai dengan musim maka posisi matahari juga bergeser ke utara atau ke selatan.

Papah

2/11/05 10:17 AM  
Blogger wordaholic said...

Mau dong kenal ama Papah lu. Pasti asyik menimba banyak ilmu dari beliau. Salam kenal metal dari galih

5/11/05 5:10 PM  

Post a Comment

<< Home