Sunday, February 19, 2006

Tour de Jorvik

Tunununut tunununut tunununut.. jam 7! Yak mari-mari kita bangun semuanyaaa... Hap hap hap, semangat mulai dipompa demi jalan-jalan sepanjang hari ini. Pakaian mesti cukup hangat mengingat kita gak paham cuaca di York. Trus jam 8 kurang gitu kita menelfon Erwin, meminta dia datang menjemput kita. Soalnya Elizar sudah berjanji akan menyiapkan sarapan buat kita di flatnya, tapi kan kita gatau flat Elizar ada di mana. Makanya itulah, perlu pendampingan dari Erwin.

Erwin dateng, ngopi-ngopi dulu, mandi dulu biar cakep, trus kita jalan ke tempat Elizar. Matahari bersinar cerah ceria, langit biru terang, haduh, top banget deh buat jalan-jalan. Erwin sampe berkali-kali bilang ke gw,"Kalian beruntung banget." Ah, tentu saja. Matahari di York pasti tau banget kalo kaum Londoners ini ogah kecewa sepanjang tur di York ini. Cihuy!

Kayaknya sih Erwin khilaf gitu deh ketika bilang jarak flatnya ke tempat Erwin adalah 500 meter. Soalnya pas kita jalan kaki, huhuhu.. kok jauuuhh siiiiyyy... Mana perut udah keroncongan pula. Laper dong bow. Gak sempet diganjel apa-apa, kecuali Citta yang udah ngunyah roti pagi-pagi.

Akhirnya kita sampai lah di tempatnya Elizar, kita langsung menuju dapur. Di dapur, Elizar ternyata sudah siap dengan masakan supermi-nya. Bukan sekadar supermi polos begitu aja dong, tapi udah ditambahin bumbu-bumbu rahasia, plus jamur dan udang segala. Huiiihh, senangnya! Rasanya pedesssss boooo.. huhuhu Elizar ini gak kira-kira. Dikira ini mi Aceh kali yak mengingat Elizar ini warga Aceh, huhuhu.. gw dan Citta sampe megap-megap gitu makan mi-nya. Nambah sih teteup, tapi megap-megap, huhuhu pedes kan mengurangi kenikmatan makanan, huhuhu...

Di kamar Elizar, kita nginternet sebentar. Memastikan agenda perjalanan hari ini dalam rangka Viking Festival. Kan ceritanya kita jauh-jauh ke York buat liat Viking. Hokeh, cek-cek lokasi, plus beberapa tempat plesiran lain yang patut disamperin sepanjang hari ini. Tongkat ke-guide-an pun dialihkan kepada Erwin dan Elizar. Cihuuy.. asik juga gak jadi pemandu wisata :P

Jam setengah sepuluh-an, kita berangkat dari rumah Elizar. Jalan kaki dikit menuju ke halte. Bis-nya warna putih, bayar tiket return itu £ 2.50 (kalo single £ 1.50, one-day trip £ 3.00), dan bayarnya di atas bis. Beda dengan prosesi naik bis di London yang punya mesin tiket di halte. Kita naik bis ini tuh menuju pusat kota alias city center. Di situlah denyut kota York berada, tsaaahh.. Asiiikk.. plesiiirr...

Plesir 01: Cliffords Tower

Ini inceran pertama gw sejak browsing tempat plesir di York. Abis keliatannya kan keren gitu bow. Di tengah kota, ada bukit, trus di atasnya ada tower gitu. Huduh, keyen bow. Apalagi pas Erwin cerita, kalo sejarahnya si Cliffords yang bukan Geertz ini adalah tempat bunuh diri massal-nya warga Yahudi di York. Waduh, mestiii ini diliat!

Di depan Cliffords Tower ini tentu saja ada papan admission fee. Pikir punya pikir, udah lah hajar bleh aja. Kita masuk. Untung aja semuanya bawa kartu pelajar alias student card, jadi bisa dapet diskon. Tiket masuk buat adult adalah £ 2.80, tapi berhubung kita pelajar, maka bisa dapet dengan harga £ 2.10 saja. Berhubung Erwin dan Elizar juga belum pernah masuk, hayuh dah, kita masuk sama-sama deeh..

Di dalem, ternyata disediakan tangga untuk menuju ke atas. Ih asik dong, bisa liat York dari atas tanpa perlu naik helikopter... (apa seh!) Jadilah kita masuk dan naik ke atas. Aduh, menyenangkan sekaliiiii... Di atas juga ada petunjuk bangunan apa aja yang ada di seputaran York, yang bisa jadi sasaran kita selanjutnya. Di dalam Cliffords Tower ini juga menyenangkan sekali. Termasuk museum shop-nya! Huhuhu, kayaknya gw mulai menobatkan museum shop dalam kategori tempat asoi juga deh.

Di luar, kita berjumpa dengan Anto yang datang secara impulsif dari Manchester dengan tiket kereta seharga £ 20. Gitu deh akibatnya kalo dadakan, hihihi.. Nah, trus kita nunggu Tika-Ucup dulu. Mereka telat bangun gitu, jadinya ya kita berangkat duluan ajah. Abis gimana dong, wong matahari lagi cerah ceria gitu, masa dianggurin...

Sembari menunggu, kita geser ke museum yang di sebelahnya Cliffords Tower. Yaitu museum... duudud, hmm.. apa ya namanya. Huhuhu, lupaaaa... Tapi museum shop-nya oke lho! Hihihihi.. Untungnya gw masih tebal iman, jadinya gak belanja apa-apa.

Setelah Tika-Ucup tiba, kita bergerak menuju tempat selanjutnya.

Plesir 02: St Sampson Square

Eh ternyata keriaan Viking Festival sudah dimulai. Orang rame banget pada ngumpul di city center.

Ada antrian panjaaang di Jorvik Museum. Huhuhu, sebenernya pasti asik deh kalo bisa ke sana, tapi gimana dong, kan York menjanjikan banyak tempat wisata, jadinya kita harus membuat keputusan sulit. Akhirnya kita memutuskan untuk tidak mengantri dan lanjut jalan-jalan ajah.

Ada juga tenda putih tempat paduan suara bernyanyi lagu-lagu khas Viking gitu. Di dalamnya juga ada jualan berbagai macam benda-benda Viking. Penuh bener itu tenda, jadi kurang nyaman gitu lho kalo liat-liat, apalagi memutuskan untuk belanja. Jadinya ya lanjut aja deeeh...

Plesir 03: Coopland

Eh ini bisa diitung tempat plesir gak ya? Ini bakery kecil andelannya Erwin dan Elizar di York. "Apple pasty!" itu yang menurut mereka paling enak. Jadilah kita mengantri. Aduh, enak bener ya bow ngantri di toko roti, baunya itu lhooo kan enak bangettt.. Mana harga roti-roti di situ murah-murah banget pula. Gw dan Citta beli dua apple pasty, seperti yang dipromosikan tour guide kita, seharga 55 pence. Gapapa deh nunggu 5 menit, yang penting ngerasain yang yummieh.

Selagi nunggu apple pasty kita mateng, icip-icip punya yang lain dong. Hmmm enaaakk.. Aduh senangnya! Lumayan lah buat ganjel-ganjel perut.

Begitu apple pasty mateng, si mbak penjual roti-nya bilang kalo ini masih panas banget, jadi jangan langsung dikunyah. Hokeh deh, kita tunggu dulu lah sembari plesiran. Gw juga beli 5 cheese straw seharga 65 pence. Yummieh gitu bentuk rupanya. Rasanya jelas endaaaanggg... huhuhu enak banget.. mau lagi dooongs!

Plesir 04: Shambles

Ini adalah jalan paling tua di York. Katanya sih ini juga jalan paling ngetop. Idih, keren yak. Jalannya kecil, dengan toko-toko kuno di kanan kiri. Huhuhu, menyenangkan sekali tempat ini. Rasanya gw pingin berlari-larian di jalan ini. Eh, berlebihan ya? Hihihi...

Jalan ini rameeee banget. Udah jalannya sempit, orangnya banyak pula. Jadinya ya gak terlalu bisa menikmati jalan di Shambles ini. Padahal kan asiknya kalo bisa ngelongok tokonya satu per satu dengan tenang gitu lho. Dijamin deh, gw pasti belanja! Kikikikik..

Plesir 05: Yorkminster

Ini adalah bangunan gereja yang keyeeeeeeen banget! Huhuhu, sumpah kerennya ampun-ampunan. Jadinya ya kita dikit-dikit berhenti buat poto-poto. Ya mana tahan gitu lho. Udah gitu matahari cerah ceria pula. Masa dianggurin begitu aja cuaca cerah begini...

Di sini gw agak nyambi jadi fotografer kawinan gitu. Memotret pasangan Tika-Ucup dengan berbagai pose gitu. Yang jadi atraksi buat yang lain jadinya ya karena ngeliat gw yang jungkir balik gak keruan demi dapet angle yang asoi buat motret mereka berdua.

Jalan dikit, trus kita mampir lagi poto-poto. Gile bener deh. Agenda plesir yang disusun Erwin dan Elizar udah porak poranda aja dari segi waktu, karena 100 meter sekali kita pasti berhenti untuk pose, baik sengaja maupun sok candid. Gile, seneng juga nih kita udah pada terlatih pose-pose gak puguh :P

Lalu dari kejauhan, kita melihat tiga orang Viking berjalan ke arah kita. Dari mana kita tau mereka orang Viking? Tentu saja dari bajunya! Hihihi, akhirnya salah satu dari kita merikues tiga orang Viking itu untuk foto-foto sama kita.

Kekekek, kalo gak gini kan mana ada yang percaya kalo kita ke Viking Festival? Hihihi..

Plesir 06: Museum Garden

Tamannya besaaar dan menyenangkaaan sekali. Apalagi udara juga gak terlalu dingin, jadinya kan kebayang betul rasanya pasti amboi kalo bisa baca, ngeteh sambil duduk-duduk di taman. Huhuhu, damai betul rasanya sodara-sodara...

Di taman ini juga ada reruntuhan apa entah gitu. Kita istirahat dulu di sini dengan makanan sekadarnya dan bekal minum teh camomile panas yang gw bawa. Hmm sedepnyaaa... Maklum bow, laper. Makan siang kan terpaksa diliwatkan begitu saja mengingat masih banyak yang perlu dikunjungi di York ini.

Plesir 07: National Railway Museum

Sejak awal kita masuk museum ini, Elizar udah wanti-wanti,"Jangan misah ya. Museum ini gedeeee banget." Hoke hoke. Gw cuma pesen satu sama Elizar,"Jangan lupa sebelum pulang, kita mesti mampir ke museum shop yah!" Sampe tiga kali mungkin gw ngingetin Elizar soal itu, hihihihi...

Di museum ini kita bertemu dengan Mas Santo sekeluarga yang datang jauh-jauh dari Sheffield. Hooo senangnya bertemu kawan! Akhirnya kita tambah besar deh rombongannya, karena bergabung bersama dengan keluarga Mas Santo. Kita mampir dulu di coffee shop-nya, sekalian ngelurusin kaki.

Gw akhirnya jalan-jalan sendirian di museum ini. Kita kebetulan masuk ke bagian museum yang isinya kereta segede-gede bagong gitu. Ngeri ilang gw di tengah-tengah kereta ini. Ih menyenangkan sekali deh, kita bisa naik-naik ke dalam kereta-nya, ngerasain kayak apa, hmmm senang senang senang!

Kita mampir juga ke bagian Royal Train gitu. Kereta mewah buat raja dan ratu. Tempatnya aja khusus dikasih karpet merah gitu. Buset deh, jaman rikiplik gitu keretanya udah mewaaaaahhh bennerrr...

Lagi-lagi, poto-poto sampe mampusss...

Plesir 08: City Walls

Jadi ya sodara-sodara, York itu dahulu kala dikelilingi oleh tembok tinggi untuk menghindar dari musuh, tentunya. Gini lho tampilan York masa itu.

Naah, kita sore itu berjalan lah mengelilingi tembok itu. Naik ke atasnya gitu, jadi kita melihat York dari ketinggian. Wah menyenangkan sekali bentuk rupanya. Cantik rupawan lah kota ini, huhuhu senangnyaaaa...

Tapiiii di sini juga gw baru menemukan bahwa ternyata... huhuhu, gw kayaknya takut ketinggian deee... huhuhuhu... gawat gawat, gak keren banget! Apalagi pas jalan di tembok itu, kadang-kadang gak ada pagar pengamannya gitu. Huhuhu, kan ngeri atuuuhh.. Ngeliat kanan sih cuek, karena kan di kanan gw adalah si City Walls itu, jadinya kan batu gitu. Nah di kiri, huhuhu.. kalo ngglundung kan asik banget tooohhh..

Karena itu gw gak berani pose macem-macem dah di tembok itu. Pose aman ajah, huhuhu..

Udah tau gw keder gitu, malah digodain melulu sama Anto. Soalnya jalur gw jalan itu sebenernya jalur buat orang yang jalan dari arah sebaliknya. Tapi tentu saja gw jajah dong, namanya juga keder. Kalo gak ntar disuruh nengok kiri lah, atau tiba-tiba dipanggil dari belakang. Huhuhu, kalo gw limbung gitu kan gak lucuuuu... huhuhuhu..

Plesir 09: McD

Hihihi, ini mah bukan tempat plesir yak? Ganjel-ganjel perut duluuuu, ini kan sebagai gantinya makan siang. Sebetulnya malemnya udah diundang makan sama Trisna, tapi kita sih yakin aja kalo perutnya masih lega buat makan malem ntar, hihihi...

Plesir 10: Flat Trisna

Ini menjadi akhir plesir kita bersama Erwin-Elizar's Tour de Jorvik untuk hari ini. Yuk mari ucapkan bersama-sama... "Maaakaaasiiih Errrwiiiiinn... Maaakaassiiihh Elizaaarrrr..."

Sebelum ke rumah Trisna, kita mampir dulu di flat-nya Erwin. Naro tas Anto yang segede gaban itu. Biar gak berat gitu ceritanya. Nah, pas dalam perjalanan menuju flat Trisna, eh ketemu Mas Santo sekeluarga! Huhuhu, mereka udah mau cabut... huhuh, padahal kan kita belum makan sama-samaaaa... Jadi, sebagai pengganti makan bareng, kita foto bareng ajah!

Di flat Trisna, kita dimasakin pasta tuna. Hmmmm.. betul kan, perut kita semua masih lega! Buktinya pasta yang dimasak Trisna langsung ludes habis tandas tiada bersisa gitu. Cihuy! Emang deh, perjalanan jauh seharian bikin laper, hihihi.. alesan!

Setelah kelar makan malem, eh ada makan lanjutan. Ternyata temennya Trisna yang namanya John ini doyan masak. Jadinya dia pingin banget masakin buat kita semua. Idih, hebat banget ini orang. Dia masak chinese pancake buat kita semua.

Apakah gerangan chinese pancake itu? Dia sebenernya semata-mata dadar tipis yang diisi daging. Ups, bukan daging, kata Trisna. Tapi ini sesuatu yang berbentuk dan berasa seperti daging cincang, tapi sebenernya makanan buat kaum vegetarian. Ih asik banget, hihihi, sayur rasa daging. Ada daging rasa sayur gak? Kekekekek...

Bersama Bung John asal Nottingham ini, kita ngobrol panjaaaaaanng bener. Ngobrol sampe jam 1 pagi kali, segala macem diobrolin. Huhuhu, mana serius banget pula obrolannya. Udah serius, pake bahasa Inggris pula! Dwoh, gw berasa di kelas kuliah ginih, hihihihi...

Jam 1 akhirnya kita cabut dari flat Trisna. Ucup dan Tika sih bertahan di situ, karena kan kamar mereka di situ. Sisanya hijrah ke tempat Erwin. Di tempat Erwin, ngobrooooolll lagi gak abis-abis. Citta dan M'Eni udah tepar gitu, berusaha mengikuti percakapan di tengah keletihan setelah seharian jalan. Gw sih malah mandi tengah malem, biar paginya gak usah mandi lagi, hihihi...

Anto, Erwin dan Elizar cabut jam 2 kali ya dari flat Erwin yang kita jajah itu, karena mereka kan tidur sama-sama di flatnya Elizar. Salam salam dulu dong sama Elizar, soalnya besoknya (alias Minggu pagi) dia kerja dari jam 9. Huhuhu, gak bisa nganterin kita deh ke Leeds.

Akhirul kata, PUAAAASSSS DEEEHHH di York! Horeee... cihuuuy.. yuppiee..

Besoknya, alias Minggu pagi, kita jalan ke Leeds untuk bertemu Doan dan Megabus yang akan membawa kami kembali ke London. Kita nyampe Leeds jam 11-an gitu, trus jalan-jalan dikit mampir ke kampusnya Doan, lalu buru-buru balik lagi ke arah stasiun. Laper bow!

Doan mengajak kita makan di SpiceMania, resto all you can eat ala India gitu seharga £ 4.99 untuk lunch buffet. Cihuy! Pas banget perut lagi meronta-ronta, akhirnya kita makan segunung-gunung gitu. Kikikikikik... tapi enak deh, beneran! Dan banyak pula pilihan makanannya, kan asiiiikkk..

Jam 13.20, gw, M'Eni dan Citta berlarian ke tempat Megabus berada. Bis-nya berangkat jam 13.30, dan kita berlari-larian ke sana, ditemani Doan, dengan perut penuuuuuhhh... huhuhuhu... gak enak bangettt rasanyaaaa...

Sepanjang perjalanan, kita tepar dan tiduuurrr melulu.. Oh indahnya tidur lama... kurang selonjor aja neh! Kita nyampe di London jam 18 teng, tepat seperti dijanjikan Megabus.

Ih top deh kamu Megabus!

PS:
Tur ke York ini terlaksana lewat perencanaan yang matang dan dewasa. Kita berangkat dengan menggunakan kereta GNER London-York seharga £ 9.50 yang dipesan sebulan sebelumnya. Itu rute berangkat. Kalo pulang, mesti lewat Leeds kalo mau naik bis. Berhubung udah gak dapet tiket kereta yang murah, jadinya kita pakai Megabus.

Untuk ke Leeds, harus naik kereta dulu. Kali ini kereta yang beruntung adalah TransPenine Express, melakoni rute York-Leeds selama 38 menit dengan tiket £ 8.80 (jadi £ 5.80 saja kalau ada Young Person Railcard). Dari Leeds ke London, pakai Megabus seharga £ 5.00. Gitu yah. Selamat berhitung!

1 Comments:

Anonymous Anonymous said...

kami tidak bangun kesiangan! huuu.. gosip! pitnah! kami terlalu asik menikmati sarapan bersama Trisna, jadi lupa waktu deh! hehehe... (pembelaan, pembenaran). Makasih Trisna, makasih Erwin, makasih Elizar!

Btw, ntar kalo ke Birmingham jgn lupa bawa student card jg. tpt clubbing andalannya Neny ada student discount, setengah harga bo!