Friday, March 03, 2006

Kari Ayam + Pecel Rocks!

Sedianya, Jumat malam diisi dengan makan-makan di Mawar, sebuah resto Malaysia yang aduhai teh tariknya. Tapi, kedatangan Mas Iwan dari Manchie ke London mesti diberdayakan dan dikaryakan sebesar-besarnya. Hai Mas Iwan!

Mengapa begitu? Sebab, Mas Iwan pandai memasak! Yuppieee... akhirnya tiba juga saat-saat makan serius dan gak cuma ngandelin bumbu instan, kikikik..

Mas Iwan ini nyampe di London hari Kamis, lengkap dengan seplastik berisi bumbu-bumbu aneka ragam. Dia rupanya udah menyiapkan diri untuk memasak, aduh, jadi gak enak, hihihi. Sebagai tuan rumah, maka gw dan M'Eni semena-mena menentukan menu dwongs. Setelah berkutat dan berpikir menyeluruh, akhirnya kita putuskan untuk memasak kari ayam dan pecel. Yum yum.. dubidupapap.. asiiiikkk.. Malemnya, gw langsung email peserta makan-makan dadakan untuk membatalkan rencana Mawar dan memerintahkan mereka untuk bawa bahan-bahan makanan. Aduh, kekuasaan.. emang tiada tara rasanya... hihihi..

Akhirnya, tiba juga hari Jum'at yang dinanti-nanti. Lagi-lagi, kekuasaan gw sebagai tuan rumah membuat gw dapet kerjaan yang cukup mudah: masak nasi. Hihihihi, padahal jadinya gak enteng-enteng amat juga yak, karena gw keabisan beras, huhuhu. Walhasil tadi sore gw jalan dulu ke Sainsburry di Angel dan beli beras (plus beberapa comot cemilan.. sumpah, cuma beberapa comot).

Jam 18 lewat Rini dateng dengan belanjaannya. Dia bawa sayur-sayuran untuk pecel, plus bumbu pecel yang dikirimin adeknya dari Bandung plus ayam. Gak lama, Mas Iwan dateng bareng Citta, mereka abis dari China Town dan beli beberapa bumbu tambahan dan santen. Dudududu, asiikk... semua sudah siap siaga!



Semua orang yang bekerja di dapur udah punya tugas masing-masing. Rini, rebus sayur buat pecel. Citta, nyiapin bumbu pecel dan motong mangga. M'Eni, goreng kerupuk. Mas Iwan, ngulek bumbu dan masak dong tentunya. Gw? Motret dong. Itu tugas berat lhoo..



Makan malam kita kali ini emang sirius banget. Rini nyiapin 5 kantong salad crispy and sweet, yang dengan semena-mena diubah jadi pecel. Citta bahagia menerima tugas motong mangga, karena berarti dia kebagian menggeragoti bagian tengah mangga. Sementara Mbak Eni yang mengaku sebagai tukang goreng andelan keluarga, tentu saja kebagian menggoreng kerupuk. Nasi gw tentu saja udah mateng dan siap disantap. Tinggal mastiin aja semua orang kerja sesuai fungsinya, kikikik...



Dalam waktu singkat, pecel sudah kelar dan menanti dengan manis di tengah meja. Sementara masakan Mas Iwan, dududududu.. baunya sungguh menggoda selera. Langsung deh ketara banget kualitas makanan kita yang selama ini teramat buruk, dengan menggantungkan diri pada bumbu-bumbu instan. Bau bumbunya itu lhooow, endyang banget. Warna kuning bumbu juga merona dengan cantik jelita.. hummm.. andaikata bau bumbu yang ditumis itu bisa direkam, maka udah gw pastikan bau rekaman itu bakal gw puter setiap kali gw masak. Cekikikik, menipu diri sendiri tuh ceritanyah, hahaha..

Karena gak tahan, akhirnya makanan pembuka segera disantap. Kita memulai makan dengan pecel. Huummm.. yummieeehhh... untung aja Rini dikirimin bumbu pecel! Hihi, kita menempatkan pecel sebagai salad gitu jadinya, cuma dressingnya bumbu kacang, kikikikik... Pecel kontan ludes. Kita sempet pikir-pikir juga sih untuk menipu Tika dan pura-puranya gak masak makanan ini. Soalnya Tika belum dateng juga sampe malem, sementara pecel di tengah meja itu sungguh menggoda selera, hihihi.. Tapi untung kita semua masih waras, makanya Tika pun mendapat sepiring kecil pecel supaya dia tetep bisa ngicip.

Lalu tibalah makanan utama. Y u m m i e h. Hmmmmhh sedapnya.. mana ayamnya gede-gede pulaaakkk.. Sumpeh, enak byanget. Ayam bumbu kari, bumbunya hasil ulekan pula, jadi serta merta gw anggap lebih enak aja, hihihi... Sepanjang makan, dikit-dikit kita muji-muji masakan Mas Iwan gitu. Abis gimana dwongs, lah emang enak. Ini adalah jenis-jenis masakan yang a) tidak bisa kita masak, atau b) kita serahkan pada bumbu instan saja; sementara Mas Iwan memasaknya dengan cemerlang untuk kita semua.

Akhir kata: KENYANG BOW. Dengan sangat terpaksa, makanan pencuci mulut yang dibawa Tika mesti ditunda dulu lain waktu. Tenang aja, bisa disantap kapan-kapan lagi kok. Mas Iwan itu ninggalin sejumlah bumbu instan gitu buat gw dan M'Eni, yang mana ini berarti bakal ada kumpul-kumpul makan lagi neh.. cihuuuyy..

Nah, lihatlah wajah kami.. tampak bahagia kan...



Eh eh, kita-kita kan mau ke Manchester nih yee.. masa Mas Iwan udah janji lhow mau masakin ikan bakar dan sayur lodeh! Kikikik.. ooohh indahnyaaaa... maaci maaci maaciiiii..

3 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Memang bener filsafah bangsa kita: kumpul gak kumpul pastinya makaaaan......:) Nah ditingkatkan deh manfaatnya selain "perbaikan gizi" juga jadi ajang tukar menukar referensi untuk thesis gitchu lho...:)

Pa2h

4/3/06 5:58 AM  
Anonymous Anonymous said...

cit...

kaya'nya papah nih yang udah deg2an sama thesis kamu...

6/3/06 6:36 AM  
Blogger pippilotta said...

iya neeh.. sementara kok gw tenang2 aja ya sama tesis gw.. dududududu... kikikik...

7/3/06 11:35 AM  

Post a Comment

<< Home