Saturday, March 04, 2006

National Express Bikin Sinting!

Amboooyy.. kita mau plesir lagi neeehh...

Setelah menuntaskan plesir York dengan sukses, maka rombongan pelajar dengan visa full-time tourist ini mengagendakan perjalanan berikutnya ke Manchester dan Liverpool. Ciiihuuuyyy... Ketika usulan ke Manchester pertama kali dilontarkan Erwin, gw udah langsung ngecek-ngecek harga tiket dan mendapati bahwa perjalanan ke Manchie bisa lumayan murah. Lalu setelah tanya-tanya kiri kanan, cek-cek website lain, maka ada tur tambahan yaitu ke Liverpool. Agendanya ke mana? Museum The Beatles! Huhuhuhu.. mauuu...

Mengingat perencanan plesir mesti matang, dewasa dan terencana, kita mencari penawaran harga termurah untuk menuntaskan nafsu duniawi kita semua untuk jalan-jalan. Tanggal pun ditentukan, yaitu tanggal 17-19 Maret. Pilihan berangkat bagi Londoners agak terbatas mengingat M'Eni ada kuliah sampai jam 5 sore. Okeh, jadilah kita pesen tiket kereta yang paling murah, yaitu berangkat hari Jum'at jam 8 malem dari London, dan akan sampai di Manchie sekitar jam 10 malam, naik kereta perawan alias Virgin Trains (najong, gak lucu).

Nah, langkah berikutnya adalah mengatur rute tek-tok Manchie-Liverpool-Manchie untuk hari Sabtu serta perjalanan Manchie-London di hari Minggu. Penawaran paling menantang datang dari bis National Express (NE)karena dia punya tiket funfares. Prinsipnya, siapa cepat dia dapat. Berarti, tidak ada kata lain... Hajar bleh! Sikat cing!

Sebelum lebih lanjut, ini sekadar memperjelas aja. Rombongan Londoners bakal sampai di Manchie hari Jumat malam, lalu Sabtu kita semua plesir di Liverpool (berjarak 1 jam dari Manchie)dan malemnya balik ke Manchie, lalu Minggu baru deh kita habiskan di Manchie. Gitu yah. Semula, plesir Liverpool akan dilangsungkan hari Minggu, sembari pulang ke London. Tapi berhubung Anto dan Mas Iwan gak bakat jadi pemandu wisata ("Ntar kalian ke mana ya di Manchester?" dwoh!) maka rencana pun dimodifikasi sedikit. Gitchuw yah.

Rombongan yang akan plesiran kali ini adalah gw, Citta, M'Eni dan M'Anta dari London, serta Erwin dan Elizar dari York. Sementara penerima tamu kami yang baik hati adalah Mas Iwan dan Pak Sipri yang menyediakan rumahnya sebagai tempat bernaung (lengkap dengan iming-iming masakan ikan bakar dan sayur lodeh! dudidam didam..) serta Anto yang akan kita paksa jadi guide, paling enggak ke Moonlight Cheesecake, hihihi..

Barusan ini, gw menyelesaikan pemesanan tiket bis NE. Huaduh, berat emang tugas jadi travel agent. Meskipun dalam tur kali ini gw tidak berperan sebagai guide, nyatanya gw gak tahan untuk gak ngurusin tiket bla bla bli bli gitu. Jadilah gw yang memesan tiket London-Manchie-London serta Manchie-Liverpool-Manchie buat rombongan plesir. Fiuh. Sedikit pijit plus segelas camomile tea panas gak bakal gw tolak lhow.. dudududu..

Pertama, rute Manchie-London.

Begitu situs NE gw buka, funfares rute ini masih dibuka dengan harga £4. Nah, asik toh. Lalu ada kotak yang mesti dicentang, mau menambah ongkos asuransi atau enggak? Murah sih, cuma 99 pence, tapi ya gitu deh, gw suka berasa gak guna gitu kalo menambah uang untuk asuransi. Tapi setelah konsultasi sama M'Eni, jadinya oke deh, boleh lah kita tambah asuransi. Kan daripada daripada, mendingan mendingan.. ya gak..

Sip. Gw cek dulu dong sebelum memesan. Rute, Manchester-London. Tanggal, 19 Maret. Person, 1 adult. Pilih jam berangkat, yaitu jam 15. Klik, continue. Hore, betul, funfares £4! Okeh, jajal lagi. Rute sama, tanggal sama, jam berangkat sama. Person, 2 adults. Klik, continue. Funfares £10.

Lhoooo... kenapa jadi £10? Perasaan tadi ngakunya funfares itu £4, kenapa tiba-tiba nambah £1? Idih, sinting kali ini NE. Lalu gw jajal lagi dong dengan jumlah person ditambah. 4 adults. Klik, continue. Funfares £36. Heeee??? Laaaahhh.. kenapa jadi segini? Kalo 4 adults itu £36, kan berarti tiket tiap orang itu £9! Mana funfaresnyaaahh kalo getooo.. itu mah gak ada fun-fun-nya!

Kemudian gw konsultasi dengan Erwin yang lagi online. Bla bla bli bli, ya udah deh, kita sikat aja. Sebelum harga tiket nambah mahal lagi. Dan keliatannya ini NE memaksa gw untuk pesen 4 tiket bagi warga Londoners untuk ke Manchie satu per satu. Huhuhu, bayangkan, berarti gw mesti masukin nomor HSBC gw yang panjang banget itu sebanyak 4 kali.. dududududu.. ah tapi sudahlah...

Oke, gw ulang lagi pencarian tiket gw. Manchester-London, 19 Maret, depart 15:00, 1 adults, £4. Fiuh, lega. Sesuai saran M'Eni, gw tambahin asuransi dong, 99 pence. Jadinya total harga tiket gw adalah £4.99. Lega.

Okeh, kita ke pemesanan tiket kedua. Gw ulang lagi prosedur semula, dengan masukin rute, tanggal, dan jam keberangkatan. Lalu, apa yang terjadi sodara-sodara? HARGA TIKET FUNFARES UDAH NAIK JADI £5! Yaoloooohhh... sintiiingg daaahhh... perasaan rentang waktu antar pemesanan gak terlalu jauh deh! Lalu kenapa bisa tiba-tiba naik £1?! Ngehe ngehe ngeheeeee...

Karena panik tiba-tiba harga tiket NE naik lagi, gw langsung buru-buru pesen. Nah berhubung buru-buru pesen itulah, lupa centangin pas di kotak asuransi. Begitu juga ketika gw memesan tiket ketiga. Lupa lagi. Huh, ya udah lah. Jadinya, tiket kedua dan ketiga gw beli dengan harga £5. Setelah gw melihat print out e-ticket dari NE, gw baru nyadar kalo ada yang aneh. Tiket pertama ada tulisan "including insurance", sementara gak ada tulisan seperti itu di tiket kedua dan ketiga. Hadoohhh.. mati dah ekyee...

Lalu gw telfon M'Eni, nyeritain kondisinya. Masih ada tiket keempat yang belum dipesan, gw nawarin ke M'Eni gitu, kali-kali dia mau jadi si tiket terakhir, tapi ditambahin asuransi 99p itu. Dia setuju. Ya udah, gw ulang lagi dong prosedur pesen tiket itu. Set set set, semuanya dimasukin dengan cermat. Okeh, kita liat harga.

FARES FROM £12.

Apaaaa???? Heee???

Pengsan dah gw booow.. perasaan jarak antara pemesanan tiket ketiga dan keempat itu cuma gw seling nelfon M'Eni untuk nanya asuransi doang.. huhuhuhu.. kenapa tiba-tiba harga tiket melonjak dengan TIDAK sopan begini? Ya ampyuuunnn...

Abis itu gw langsung buru-buru telfon M'Eni lagi untuk membicarakan langkah selanjutnya. Setelah gw meng-klik di tombol continue, lalu di halaman selanjutnya tertera tiga jenis tiket. Go anywhere dan single economy, lalu di bawahnya ada funfares. Dengan edannya, funfares itu gak lucu sama sekali, karena dia berharga £12, sementara yang go anywhere berharga £9. Widih. Ya sudah, akhirnya diputuskan untuk buru-buru pesen tiket bis yang £9 itu, keburu tiba-tiba naik lagi harganya... huhuhuhu...

Kepanikan memesan tiket Manchie-London membuat gw segera bergegas untuk memesan tiket Manchie-Liverpool-Manchie. Apalagi gw mesti mesen tiket buat SEMBILAN orang... dasaarrrr dah kaliyan semuwa pada kagak mau repoooottttt... huhuhuhuhu... Cepat, sogok gw pake teh camomile!

Mulailah kita menilik bis rute Manchie-Liverpool-Manchie.

Mengingat tur Liverpool ini cuma akan berlangsung selama seharian aja, yaitu di hari Sabtu, maka jam kedatangan dan kepulangan mesti diatur dengan cermat, supaya sempet liat-liat Liverpool dengan tenang dan bahagia. Betul toooh... Jadinya diputuskan untuk berangkat dari Manchie jam 9.45 pagi (semoga sanggup bangun..) dan pulang ke Manchie jam 6.45 sore (semoga abis itu Mas Iwan masih sempet masak.. hihihihi...). Okeh, sip.

Lagi-lagi belajar dari pengalaman pesen tiket NE, gw ngecek-ngecek harga tiket dengan menaruh jumlah adults yang berbeda-beda. Gw masukin 1 orang, 2 orang, trus 9 orang. Kebetulan, di jam yang gw pilih itu, tiket berangkat adalah tiket biasa (£3) dan tiket pulang adalah funfares (£2). Jadinya, gw mau pilih kombinasi itu dwongs.. kan mayan bow pulang balik Liverppol-Manchie bisa dengan £5 saja.

Sip, gw masukin 1 orang. Keluar angka gini: Manchester-Liverpool £3, Liverpool-Manchester £2 (funfares). Sip, berarti bener dong £5. Gw masukin 2 orang, keluar angka gini: Day Return £6. He? Kenapa jadi naik lageeeehhh? Menyot! Lalu gw jajal dengan 3 orang, 4 orang, 6 orang, tetep aja hasilnya sama, tiap orang jatohnya £6.

Lalu gw teringat dengan langkah pemesanan tiket Manchie-London yang sudah gw lakukan. Pesen tiket satu demi satu kayak orang sinting. Tapi wait wait.. ntar dulu deh. Rombongan plesir Manchie-Liverpool ada berapa orang? Sembilan? Trus pesen satu per satu? Yaoloh. Mendingan gw dikasih duit disuruh beli jaket Zara deh!

Akhirnya dengan sangat terpaksa, sebagai travel agent yang kejam, gw melakukan pembelian tiket tanpa konsultasi harga. Takutnya harga naik lagi dan kita bunuh diri rame-rame, kan itu gak lucu banget. Jadilah, gw pesen aja tiket untuk 9 orang, total harganya £54. Kontan bangkrut dah gw dalam waktu semalam saja.

Bangkrutnya gapapa deh, karena toh ntar anak-anak pada bayar duit ke gw, dan itu akan membuat gw kaya raya mendadak di Manchester dan Liverpool. Tapi sintingnya itu lho mana tahan. Gw berasa sakit jantung aja gitu tadi pas harga tiket dari £5 tiba-tiba naik jadi £12 dalam hitungan menit. Atau harga tiket yang berubah-ubah jika jumlah tiket yang dipesan berubah. Atau tiket funfares yang enggak lucu sama sekali itu.

Dwooohh.. National Express bikin sintiiinggggg daaahh...

3 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Mak Ciit..kenaikan harga tiket sejalan dgn pertambahan waktu (duuh..bhsnya ekonometri bgt joo..), jg gw alami saat ngatur tour de East Coast of UK brg suami tercinta tempo hari. Tp gw kejadian sm kereta perawan (Virgin) kbanggaan lo itu. Cuma beda sehari, harga dah naek 3 pound. Hu huu..Namun klo FunFares NE emg lbh kejam, pelonjakan harganya per detik.
Btw, sumpe lo durjana bgt, ga ngobrol mau ke Manchie & L'pool. Tgl 17-19 Mrt itu gw ga bs gabung pula. Krn 18-20 Mrt ada Highland Trip, keliling2 wilayah Highlander nan mistis di dataran tinggi Scotland sana. Ke Loch Ness dkk plus Eilee Donan Castle a.k.a tempat syuting film Harry Potter teranyar yg dia lomba nyelem di danau dkt castle itu (gw lupa nama lombanya apa).
Tapi teteuup..mau ke Manchie & Liverpool. Kpn ya'??
Aniweeiih, salam buat Londoners laen deh...Dagh nee'

Love,
-ss-

5/3/06 10:47 AM  
Anonymous Anonymous said...

Apakah gak mungkin bahwa kenaikan itu karena yang memesan orang yang sama? Paling nggak bisa ketahuan dari no kartu kredit yang sama. Apakah memang begitu kiranya....???

Pa2h

5/3/06 4:44 PM  
Anonymous Anonymous said...

kalau pengalamanku ... tiket NE itu emang berjenjang dan punya kuota.. tergantung kelas posisi tempat duduk, lama pemesanan dlsb.. karena ini online.. yaa gitu deh.. orang yang price sensitive pasti nyamber yang murah dulu doong Citra. Sementara jatahnya kan terbatas (mis sekian kursi). So pengalaman yang berharga hehehe. Hadi

10/3/06 2:27 AM  

Post a Comment

<< Home