Friday, April 28, 2006

Bang Bing Bung Yuk Kita Nabung

Tadi gw ke bank gw tersayang lagi, HSBC Charing Cross. Kali ini banyak tugasnya. Mau transfer duit ke Tika, trus mau bikin kartu kredit. Soalnya setelah menelusuri calon-calon tiket pulang kelak (duile, masih April dah mikirin pulang!), ternyata mesti bayar pake kartu kredit. Ah ya udahlah, mendingan diurus sekarang aja. Ceritanya kan gw orang yang well-planned banget getoh.. ya gak sih?!

Nah trus tadi gw ke bank, bersama belahan jiwa gw, M'Eni yang sudah kembali menapaki hidupnya di London. Jalan dulu ke Kings Cross, trus naik 91 sampe seberang HSBC. Nyampe deh kurang dari satu jam.



Oke, karena tugas pertama adalah mau transfer duit dulu ke Tika, sebaiknya mungkin kita cut the crap dan jajal pake cash machine alias ATM dulu. Masukin kartu, ketik PIN, hmm oke, ada pilihan transfer antar rekening. Trus disuruh milih, savings atau current. Secara bahasa Inggris dunia perbankan gw cekak ya, tentu saja gw hang mendadak. Current naon? Untunglah ada belahan jiwa gw. Ternyata rekening current itu rekening giro. Ooo mestinya sih gw gak punya ya, oke kalo gitu kita pilih savings. Lhooo ternyata gak bisa..

Kalo gitu kita mesti pake cara konvensional nih, ngantri. Gw longok dulu meja kecil tempat formulir-formulir itu, mana kira-kira formulir yang buat transfer antar rekening. Wah, kok ndak ada. Mumpung antrian nganggur, ya gw tanya aja sama mbak-mbak di loket. O ternyata emang gak ada form buat transfer antar rekening gitu. Yang ada, gw dikasih kertas kosong untuk nulis account details-nya Tika. Siip.. Abis gw isi, trus dia ngeprint selembar kertas yang berisi statement bahwa gw mentransfer uang sekian poundsterling ke rekening Tika. Oke, tanda tangan, beres deh!

Pelajaran yang gw dapat adalah bahwa tiap personil customer service itu tuh beda-beda. Ada yang mensuplai dengan berbagai informasi, ada yang cuma ngasih tau apa yang kita tanyain. Soalnya itu beda antara personil yang ngurusin gw dan yang ngurusin M'Eni.

Ini ketauan pas gw bikin kartu kredit. Bikinnya mah cepet. Tinggal ngasih liat kartu HSBC yang gw punya, trus lima menit kemudian si orang itu balik lagi dengan tiga kertas yang harus gw tandatangani dan kartu akan kelar dalam 2 minggu. Hmm oke deh. Sip. Tapi ya gitu deh, gw yang pemalu dan gatau apa yang mesti ditanya kalo urusan bank gini, jadinya suka speechless gini. Apalagi si petugas yang melayani gw ini gak royal ngasih informasi yang sekiranya diperlukan customer. Huh. Dan ini berakibat gw harus ngantri lagi demi memastikan kartu kredit gw itu ntar direct debit dari account gw. Hihihi, ya maap deh, eke kan suka keder gitu lho kalo di bank...

Pengetahuan baru yang gw dapatkan dari perjalanan gw ke bank hari ini adalah bahwa rekening gw sejatinya adalah rekening giro. Si current itu. Soalnya mbak-mbak yang ngurusin gw bilang kalo gw punya rekening giro, sementara rekening savings gw udah dibuka tapi nganggur karena gak ada isinya. Oooo masa sih gw punya rekening giro? Jadi ternyata selama ini rekening gw tuh rekening giro.. *ngangguk-ngangguk*

Bedanya mayan juga lho. Bunga-nya rekening giro itu cuma 0.60% sementara bunga-nya savings itu 2.7% Lahh mayan doong.. Semula gw ragu-ragu untuk mindahin current account gw ke savings account karena... mmm karena apa ya... mmmm.. ya mau pikir-pikir aja. Cieileh, mau pikir-pikir.. mikir apaan pula. Sempet ngobrol sebentar sama M'Eni, mmm ya boleh deh.

Kalo gitu separo duit gw di current account itu dipindah aja ke savings account. Itung-itung ini cara mulia gw untuk nabung deh. Terharu gak sih : gw pengen nabung di negeri mahal dan kampret kayak Inggris gini, huhuhuhu... Tapi niat mulia mesti dijaga dong. Makanya trus gw menetapkan hati untuk buka savings account itu.

Nah ini dia lagi edannya petugas-petugas customer service: gak ngasih tau nomor account itu kalo gak diminta. Halah. Siwalun. Berhubung gw gak cermat, gw gak ngeh dong awalnya kalo gw gak dikasitau nomor account itu. Dan lagi-lagi M'Eni dan petugas yang melayaninya dikasih tau nomor itu, tanpa diminta. Jadinya ya gw ngantri lagi untuk nanya itu doang. Fiuh.

Mmmm apalagi yang tadi gw lakukan di bank ya? Ooo iya. Gw meng-upgrade kartu debet gw dari Solo ke Switch. Biar dia gak balapan lagi *garing* Kata mbaknya sih Switch itu lebih dikenal secara internasional. Hmmm.. yaa boleh deh. Ingatan gw langsung melayang pada ebay dan barang-barang di toko online lainnya.. ooh...

Eh perasaan tadi gw niatnya mau nabung yak? Damn.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home