Friday, April 21, 2006

Tamu dari Berbagai Penjuru Mata Angin

Di tengah deraan essay menjelang deadline geneh, Mas Iwan dateng bersama istrinya, Mbak Eka dan mertuanya. Hualaah.. bad timing banget neeehh... Bukannya gak cinta lhow, tapi kan gw tidak bisa mendedikasikan waktu dan profesionalitas gw sebagai guide London terpercaya! Huhuhuhu...

Berhubung Mbak Eni masih di Makasar, sekali lagi kamarnya gw lego buat Mas Iwan dan rombongan. Siang tadi Mas Iwan dateng, nyampe rumah gw tanpa bantuan (hebat!) lalu sesiangan sampe malem jalan-jalan deh menjelajah London. Sebelum Mas Iwan cabut, dia sempet bilang pengen masakin buat kita-kita. Idih ya ampyuuun... gak usah repot-repot lhoo Masss... *basa-basi* Tapi dia ngotot.. gimana dong.. kekekek...



Lalu siang-siang, sembari mencari wangsit dan mewujudkan eureka moment buat nulis essay, gw mulai berpikir ulang. Dwoh, udah jam 1 siang gitu kali, belum sempet ngontak siapa pun buat acara masak-masak gitu. Lagian gw gak punya modal yang berarti kecuali sekilo beras. Itupun peninggalan (tepatnya, curian) dari dapurnya M'Eni. Huhuhu. Pigimana ini. Ada sih ayam, tapi kan sepotong dua potong doang. Waduh, berarti kan mesti mikirin masak apa, lalu bagi-bagi bahan masakan ke anak-anak, trus nyuruh pada belanja bla bla bla bli bli bli.. huuuuhhh.. repooottt...

Akhirnya dengan berat hati gw sms Mas Iwan, mengusulkan supaya program 'Wok With Wan' (mengutip Tika) ditunda jadi besok. Jadi cukup waktu gitu buat ngasih tau anak-anak. Okeh, delivered. Lalu tak lama kemudian Mas Iwan menjawab sms gw. Menjelaskan bahwa memang dia yang akan belanja dan masak, jadi kita semua tinggal terima beres. Lalu Mas Iwan bahkan menjelaskan bahwa kita bisa rikues masakan apa pun.

Lho! Apa-apaan nih! Dengan tangan gemetar dan hati terharu gw segera cetingan sama Citta mengabarkan berita gembira ini. Huhuhuu.. Asiiiikkkk... Cihuy!

Langsung deh gw bagi tugas sama Citta. Gw nelfon Pauline dan Rini, Citta ngontak Tika dan Sly. Ada M'Dedy online, langsung deh gw kasih tau. Pas gw nelfon Rini, gw terbata-bata nanya menu yang dirikues Rini, mengingat dia yang suka ngigo ngidam masakan Indonesia gitu. Dia langsung bilang, "Telur balado!" Hokeehhh.. gw sms Mas Iwan, mengabarkan jumlah tamu plus menu rikues-an Rini.

Gw melirik jam. Oke.. jam 2 siang. Hmmm.. masih ada waktu sampe makan-makan jam 6 sore nanti. Berarti dalam waktu 4 jam, otak gw ini mesti diajak kerja rodi dikit. Baca dan ngetik. Huhuhu.. essay gw masih kering kerontang neeeehhh... Hokeh. Hap hap hap, baca!

Gak lama setelah gw berniat baik itu, Tika nelfon. "Cit, di rumah kan? Gw di depan pager lo nih." He? Yaoloohh... Ya udah deh gw buru-buru ke bawah menjemput Tika yang naik sepeda. Gile aja. Dia naek sepeda dari Peckham yang ada di zona 15 itu ke tempat gw yang ada di pusat metropolitan? Fiuh!

Ternyata, Tika itu sejatinya janjian sama Mbak Iis di Leicester Square. Mbak Iis dateng dari Reading ke London untuk rapat apaa gitu deh. Di tengah penantian Tika sambil baca buku di taman serasa bule-bule itu, eh ternyata rapatnya Mbak Iis baru kelar satu jam kemudian. Trus tiba-tiba hujan rintik-rintik. Ya udah deh, buru-buru aja Tika berubah haluan jadi ke rumah gw. Berteduh dwongs...

Untung Tika baik hati dan pengertian. Oooh.. permataku.. Jadinya kita berdua diem-dieman gitu di kamar, ditemani sayup-sayup Virgin Radio. Gw baca dan Tika baca. Tekun deh pokoknya. Hokeh.. kayaknya sejam lah dapet nih kita baca-baca.

Lalu telfon gw bunyi. Mbak Iis di ujung sana. Dia ketawa-ketawa dulu dong di awal pembicaraan. Soalnya semalem pas Mbak Iis cetingan sama gw, dia emang sempet nanya,"Cit besok bisa diganggu gak?" Dan dengan kejamnya gw jawab tegas,"Enggak!" Dan voila... tak lama kemudian dia sudah hadir di kamar gw bersama Mas Okta, suaminya.

Yak.. the more the merrier.. semakin tidak konsentrasilah gw membaca... Awalnya sih sok gigih pake headphone trus dengerin lagu, biar gak tergoda ikutan ngobrol. Tapi apa daya.. oh.. kenapa huruf di bacaan gw pada lari-lari gini yak? Aaaahh ya udah deh ngobrol aja deehhh...

Dan berbunyilah sms gw. Mengabarkan berita... mmm.. agak gimanaaa gitu. Mas Iwan. Mengabarkan bahwa dia masih di tengah-tengah Thames, baru akan belanja, jadi mulai masak-masak jam 8 malam. Wakwakdut. Ah ya udah. Koki sudah bicara, apalah yang bisa kita katakan.. Ooh.. Lalu Tika pun eureka moment. Menurut dia, telur balado pasti terlalu gacel buat koki sehandal Mas Iwan. Jadi dia memutuskan untuk menguji Mas Iwan dengan merikues sayur lodeh! Yippiiee...

Tak lama, M'Dedy nelfon. Dia dah nyampe Kings Cross dari Kingston alias London coret, kekekek.. Nah, baru deh dia gw kasih tau kalo acara makan-makannya diundur jadi jam 8, dududuu.. Tapi berhubung dia udah jauh-jauh dateng gichuw lhow, jadinya ya bertahan aja deh. Tak lama, dia bergabung bersama kita semua di kamar gw dan segera bikin indomi karena udah kelaperan, hihihi...



Okeehhh. Gw teteup gigih, mencoba belajar. See, gw gigih banget kan anaknya! Tapi gimana dong, tamu-tamu gw begitu menggoda gitu lhow. Belum lagi tak lama kemudian kloter berikutnya datang, Citta dan Rini, yang dua-duanya abis seharian di perpus ngerjain essay. Aih, kalian tekun deh. Saya bangga pada kalian!

Yak, mari kita berhitung. Mbak Iis dan Mas Okta dari Reading, Tika, Citta, Rini, gw, M'Dedy. Tujuh orang. Wekekekek, banyak ya bo! Menunggu dengan perut lapar itu emang bikin suasana agak lebih dramatis. Terbukti M'Okta dan M'Dedy udah ganjel duluan dengan indomi dan kita semua dengan cemilan-cemilan yang ada di kamar gw. Biskuit McVitties coklat yang endang itu, crisp rasa barbeque, trus coklat Cadburry peninggalan dari Neny. Kikiki, cemilan gw banyak ya boooww..



Setelah dinanti-nanti, akhirnya tamu agung kita datang juga! Ooohh.. selamat datang Mas Iwan dan Mbak Eka! Rini langsung sukarela menemani mereka berdua menjajah dapur gw untuk masak. Tepatnya sih mengawasi dengan ketat supaya itu masakan bener-bener segera diwujudkan. Telur balado dan sayur lodeh. Udah pasti, sampe September besok pun itu dua makanan gak bakalan bisa gw masak... Hadoh itu gw Jepun amat! Peace boooowww...



Wok With Wan! Horee.. mulai jugaaa.. Rini mulai motong-motong segala macem, kecuali ngupas bawang merah. Tika muncul dan mulai motong-motong. Gw nyiapin piring dan gelas buat makan ntar serta masak nasi. Dan Citta.. hmm.. dia ngapain ya? Hmm.. oiya, foto-foto dan jadi mandor. Taela, mandor... Tuh liat tuh bahan-bahan masakan kita. Meyakinkan toooh... hihihi...



Di tengah-tengah sesi masak kita, datanglah Sly dari Hendon yang dibenci sama dia itu. Hihihi.. heran, benci kok ya sama tempat tinggal sendiri, kikikik.. Akhirnyaaa dia mau juga ikutan.. meski perlu diancem dan dibentak dulu buat dateng, hahaha.. Tapi setelah melihat peta tube-nya Sly yang udah jadi treasure map yang compang camping getoh sih, hummm.. mungkin itu sebabnya dia males jalan-jalan, huekekekek...



Hokeh. Kita kembali ke acara semula. Mas Iwan sudah berhasil menuntaskan tantangan yang diajukan ke dia. Telur balado dan sayur lodeh! Soal telur balado, ya mohon maaf kalo warnanya gak merah merona. Gw udah jelas gak punya cabe merah. Tomat pun gak punya. Jadinya ya gak bakalan lah ada warna-warna merah. Tapi tentu saja, kami tetap puwasssss... Berhubung seksi dokumentasi acara malam ini (= Citta) kurang giat bekerja *geram* jadinya ya gw gak punya foto teluar balado! Huh!

Aduuuuuhhh.. bener-bener dah ini Mas Iwan top jagoan seibukota dunia akherat! Endaaaannggg boooo telur balado dan sayur lodehnyaaaa! Meski dua-duanya agak pedes bagi lidah gw dan Citta yang rapuh ini, tapi hajar terus bleh! Makan pedes emang gak baik bagi lambung kami, karena begitu ketemu yang pedes-pedes, makan jadi cepet dan bawaannya nambah nasi... eh itu gw aja kali yak? Hihihihi...

Beras sekilo tandasssss dalam tiga kali masak. Sayur lodeh segambreng abis. Telur balado 12 butir berpindah tempat ke perut sebelas orang. Booo banyak bener ya booo makanan dan tamu-tamu gw malem ini!



Satu per satu tamu gw pulai mulai dari jam 10 malem. Mbak Iis dan Mas Okta mesti ngejar kereta ke Paddington sebelum tengah malem, lalu M'Dedy balik ke Kingston yang jauh itu untuk ke ke pub bareng temen-temen sekelasnya. Jadinya yang bersisa masih ada... ya sisanya deh. Banyak seeehh.. Makan-makan kita tutup dengan doa bersama *boong banget* trus makan cheese cake, chocolate eclairs, dan es krim vanila coklat. Waaa Pauline.. you missed all the fun!

Oooohhh.. senangnyaaa.. kenyaaanggg... bahagiaaaa... Makasih Mas Iwan dan Mbak Eka! Kalian telah membuat perut Londoners yang tak pandai memasak ini bahagiyeaahhh..



Pas pulang, udah berasa arisan aje. Semua pada pulang bawa buah tangan gitu. Kotak makan gw yang mini-mini beralih tangan ke Citta dan Rini, pada bawa lodeh dan telur balado yang tersisa. Sementara gw end up dengan cheese cake (amin!), chocolate eclairs (yeah!) dan sebutir telur balado (asik besok gak masak!)...

Mmm.. coba kita liat jam. Tika kayaknya masih di jalan neh, ngegenjot sepeda! Huhuhu.. permataku.. kan udah mayeemm.. (baca: malem).. ati-ati masuk angin yaaa..

Hoyah. Tricky question nih. Kalo kenyang gini enaknya tidur atau ngerjain essay ya?

6 Comments:

Anonymous Anonymous said...

WALAHH! lupa gue telor baladonya! hahaha.. sori bow! lagian pas telornya jadi gue udah duduk manis di meja makan siap makan lodeh hehehe... (citta)

21/4/06 11:55 PM  
Anonymous Anonymous said...

Huaaaaa....I missed all the fun and the food...!!! Padahal kan gue cuma sepelemparan batu dari London *terisak-isak*. Kenapa timingnya mas Iwan ke London selalu tak tepat dengan timingku???? Sayur lodeh...

22/4/06 1:54 AM  
Anonymous Anonymous said...

He..he.. rupanya filosofinya sudah berubah. Bukan lagi: makan nggak makan asal kumpul, tapi kumpul2 sambil makan....:)

P

22/4/06 2:18 AM  
Anonymous Anonymous said...

ditemani 1 album jagged little pill dan beberapa lagu basia, serta berkat energi dari sayur lodeh itu, jarak penton rise-peckham gue tempuh dlm waktu 50 menit... terbukti kan, di london naik sepeda lbh cepet dari naik bis!

22/4/06 8:45 AM  
Anonymous Anonymous said...

adek, kapan2 kirimin camilan yang ada di foto ah. jangan cuma cerita kalau enak.

23/4/06 7:12 AM  
Anonymous Anonymous said...

prinsip hidupku, aku ga' percaya kata-kata 'enak' kalo hanya dari ulasan. harus dari lidahku sendiri. inget ya, dek. kopermu harus dimuati biskuit yang endang itu lho -t2h

23/4/06 12:04 PM  

Post a Comment

<< Home