Friday, June 16, 2006

Beautiful Bruhl

Hari Jum'at adalah hari yang paling tepat untuk makan siang bersama Mas Ging di DW. Nita berangkat duluan ke DW Akademie untuk belajar dan menuntut ilmu, sementara gw dan M'Eni leyeh-leyeh dulu di kamar. Kita cabut jam 10 gitu, karena M'Eni mendengar cleaning service sudah bergerak menuju kamarnya Nita. Mengingat kami berdua adalah penumpang gelap di kamar hotelnya Nita, maka mendingan buru-buru cabut ketimbang mesti ke-gep sama petugas hotel gitu lho.



Okeh, kita jalan menuju halte bus. Kata Nita, naik bus nomor 610 dari belakang hotel lalu ntar nyampe di depan kantor DW. Okeh, kita jalan ke sana dan menunggu di halte yang tepat. Tunggu punya tunggu, kok gak nongol ya? Yang keliatan malah lagi-lagi orang tua di mana-mana. Bener-bener dah Bad Godesberg ini kotanya kakek nenek!



Setelah gak ada kabar dari bus nomor 610, baru deh gw ngecek jadwal di dinding halte. Yaoloh, ternyata bus terakhir itu jam 9 pagi tadi! Idihhh, bus macam apa nih gak niat beroperasi gini? Ya udah. Apbolbu, akhirnya kita menuju ke stasiunnya U-Bahn aja deh. Kata Nita kan bisa juga tuh naik U-Bahn ke kantor Deutshce Welle.

Okeh, hajar bleh. Sampailah kita di Stasiun U-Bahn Bad Godesberg. Ketemu mesin tiket, pencet Einzel Ticket seharga 1.30 euro, trus liat jadwal U-Bahn. Okeh, kita naik kereta yang jam 11.30 aja deh. Berhubung nemu warnet, ya udah kita nyangkut dulu aja di warnet. Satu jam nginternet itu 2 euro. Ya udah lah gapapa, di London kan nginternet itu £1/jam. Agak serupa lah ya harganya.



Agak ribet ternyata ngetik dengan keyboard Jerman keparat ini. Tombol Y dan Z kebulak balik. Huhuhuhu, kan gw jadi ribet gitu kalo mau ngetik. Padahal maksud hati mau ngetik email penuh kerinduan buat minke, ngasih kabar ke emak gw kalo gw udah menemukan Robert-Koch Strasse 24 itu, bla bla bla. Huhuhu. Gw end up nulis dengan bahasa ajaib gitu karena Y dan Z yang kebalik melulu..

Abis kelar nginternet sejam, langsung deh buru-buru naik U-Bahn. Kita turun di Museumsalle lalu dari situ ada plang yang menunjukkan arah ke kantor Deutsche Welle. Siiiipp dah. Gacel selama ada plang!



Jalan punya jalan, akhirnya ketemu juga kantornya Deutshce Welle. Waaaa gede pisan. Dibandingin kantor gw gitu lho, ini kantor DW mah serius banget, kikikikik.. Setelah nunggu beberapa menit, akhirnya Nita nongol dari balik pintu. Ternyata dia abis lari-larian gitu dari DW Akademie yang terletak di sayap seberang gitu demi menjemput gw. Aih kamu manis banget dehhhh..

Abis itu ketemu sama yang namanya Hendra Pasuhuk. Hai Mas Hendra! Mas Hendra ini adalah salah satu kandidat pengundang gw dulu, jaman gw ngurus surat undangan keparat untuk ke Jerman ini. Bla bla bla, makan siang punya dilangsungkan.

Ih sayang sekali gw gak keingetan untuk foto-foto di kantin DW. Kantinnya seriusssss deh. Kedai Tempo-nya Bu Bambang cuma sepersekiannya doang lah. Ini gw berasa kayak dateng ke kawinan gitu dengan meja prasmanan dengan beragam makanan gitu. Hihihi, dasar katro. Berhubung ini kantin karyawan, bayar makanannya juga gak bisa cash tapi mesti pake kartu. Kartu itu sebenernya kartu security, tapi bisa di-top up dengan duit untuk bayar makanan di kantin. Ih seru kali yak kalo di Kedai Tempo bisa gitu. Biar akhir bulan gw gak dapet tagihan dari Bu Bambang melulu gitu, hihihi...

Setelah makan siang, gw dan M'Eni memutuskan untuk ke Bruhl. Bruhl ini adalah kota kecil yang terletak antara Bonn dan Koln. Kita tertarik untuk dateng ke Bruhl karena promosi Mas Ging. Dia bilang itu kota cantik, okeh kita buktikan dong. Syif dah.

Cek peta dengan segera, mesti naik apa ya ke Bruhl ini? Ada dua alternatif. Kalo naik U-Bahn (murah), ada tiga pilihan stasiun, yaitu Bruhl Nord, Bruhl Sud dan Bruhl Mitte; yang mana tentunya kita gatau itu ada di sebelah mana. Lalu kalo naik RE/RB (mahal), maka kita akan berenti di stasiun utama, yang judulnya Bruhl doang. Mmmmm, tapi atas nama petualangan dan penghematan, maka kita pilih pake U-Bahn aja. Hemat adalah kunci kebahagiaan dalam bepergian sodara-sodara...

Okeh, dari DW, kita menuju stasiun Bonn Bhf, lalu melanjutkan perjalanan ke Bruhl Sud/Nor/Mitte ini. Sepanjang jalan mah gw menikmati pemandangan aja. Sementara M'Eni agak was-was gitu di jalan. Soalnya kita gak beli tiket U-Bahn lagi, kikikik.. dan cuma pake tiket U-Bahn yang udah kita pake tadi buat ke DW. Ah bodo dah. Kan kita turis, jadi gak ngerti...



Jegejegejegejeg... keretanya nyampe deh di Bruhl Sud. Lho lho, kok masih perumahan gini? Ih meragukan ah, jangan turun di sini deh. Pas nyampe di Bruhl Mitte, mmm boleh juga lah kita turun di sini. Hap hap hap.



Berkat kejelian gw dan M'Eni membaca plang jalan, maka kita sampai juga ke pusat kota Bruhl. Ah tidak salah rupanya Mas Ging. Kotanya kecil dan cantik jelita. Lebih ada kehidupan dibandingin Bad Godesberg dan lebih cantik dibandingin Koln. Kota Bruhl ini ngetop dengan Palaces Augustusburg and Falkenlust dan Phantasialand, salah satu amusement park paling pertama gitu deh. Tentunya gw gak ke Phantasialand, karena tidak ada dalam agenda (tepatnya, gak ada dalam agenda pengeluaran, kikikik).



Setelah mampir ke Tourist Information di Bruhl dengan ibu penjaganya yang ramah banget itu, kita mampir ke Palace Augustusburg itu. Iiihh caem. Warnanya kuning merona gitu. Trus di bagian belakang (atau itu bagian depan ya? ah whatever deh), ada tamannya yang cantiiiikk bener. Ih gw langsung berasa pengen bikin disertasi di situ gitu. Eh ngawur banget, kikikik..



Kita puas-puasin lah jalan-jalan di sekitar taman itu. Tadinya sih kepengen juga masuk ke istana itu. Tapi waktunya udah mepet dengan Nita yang mau kelar kelas di DW, sementara kunci kamar dia ada di M'Eni. Jadinya ya puter-puter di sekitaran aja. Katanya sih kalo masuk ke istana itu, kita ntar dikasih sepatu khusus gitu dan dilarang megang-megang apa pun yang ada di dalamnya. Mmm, pasti karena istana itu adalah World Heritage Site-nya UNESCO, makanya mesti dirawat dengan sebaik mungkin.

Duh, durjana deh emang plesir buru-buru. Berhubung udah ampir jam 4, gw mesti cabut buru-buru gitu ke Bad Godesberg. Kenapa? Pertama, karena kunci kamar Nita ada di M'Eni. Kedua, karena Nita punya agenda penting sore ini setelah kelar kelas, yaitu nyuci baju. Huhuhuhu, jadilah gw mesti terbirit-birit gitu balik ke Bad Godesberg. Ih, untung kagak bayar tiket U-Bahn, kekekeke...



Jam 6 sore teng, kita nyampe di Bad Godesberg. Aih, enak juga di kota penuh kakek nenek gini pas sore hari. Berasa muda belia. Kikikikik. Abis Nita dateng, kita balik deh ke kamar hotelnya. Nita masuk-masukin baju kotornya, bersiap nyuci di laundry. Nadia, temennya Nita yang dari Afrika Selatan, juga mau gabung nyuci baju. Begitu juga dengan Sheila yang dari Brasil.

Hihihi, Sheila ini lucu deh. Masa dia dapet surat dari cleaning service-nya, ngasih tau kalo cleaning service gak bisa ngevakum kamarnya Sheila berhari-hari (atau berminggu-minggu?) karena barangnya kececeran di mana-mana... Hahahaha, gile dasar katro bangettt... kekekekek..



Abis itu, kita tur deh seputaran Bad Godesberg. Tur rumah tangga sih tepatnya. Karena agenda Nita sore itu adalah belanja mingguan plus nyuci baju. Ih nyuci bajunya ribet gitu. Tempat masukin koin dan mesin cucinya sendiri tuh berbeda lokasi. Trus Nita dengan edannya misahin nyuci baju yang putih dan berwarna. Halaaahh, buang-buang duit itu mah namanya! Mendingan juga beli sabun cuci, trus nyuci baju yang putih di wastafel hotel lalu baju berwarna aja yang dicuci di laundry. Toh dryer-nya laundry itu juga gak kering-kering amat gitu, masih anyep. Lagian di kamar hotel Nita, wastafelnya lumayan gede. Plus ada bath tub yang bisa difungsikan sebagai baskom raksasa buat nyuci tooohh...

Malam hari pun kita tutup dengan makan malam. Untung Nita udah cerdas selama di Bad Godesberg. Jadi dia udah punya ketel listrik yang dibeli seharga 10 euro, lalu mangkok plastik buat wadah mi instan. Jadi deh kita bertiga, gw M'Eni dan Nita, makan mi instan rame-rame... kikikik.. sedeepppp... (dan hemat!)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home