Tuesday, May 02, 2006

Aku Hanya Ingin Diundaaaangggg...



Fiuh, sumpeh deh. Ngurus plesir emang bikin kepala cenut-cenut banget.

Rencananya, Juni besok gw pengen ke Jerman, tepatnya ke Koln. Kebetulan, temen kantor gw, Nita, bakal ikut pelatihan dari Deutche-Well (DW) sekalian liputan piala dunia. Pikir-pikir, boleh juga nih ke Jerman, tepatnya sih ke Koln, karena ada dua temen gw di sana, Mbak Ayu dan Mas Ging. Mereka tadinya di 68h, trus ngungsi ke DW. Nah trus Nita pelatihannya di Bonn, dengan jarak Koln-Bonn yang gak jauh. Mayan dong, dua kota terlampaui dengan mudah.. ya gak ya gak ya gak..

Salah satu yang penting diurus untuk kepergian ke Jerman adalah Verpflichtungserklärung. Hayooo apa tuuhhh.. Itu adalah semacam surat undangan gitu deh dari orang yang di Jerman kepada kita yang akan berkunjung. Menurut situs embassy Jerman, surat itu bisa diurus di city council oleh si pengundang kepada terundang. Halah bahasanya...

Tentu saja gw minta tolong Mbak Ayu dong. Sejak gw kelar booking visa appointment (dan mengeluarkan £14 demi mem-booking appointment itu! laknat!), gw langsung imel-imelan sama Mbak Ayu soal urusan invitation letter ini. Gw kasih lah data gw dan M'Eni, sebagai calon tamu, untuk kemudahan pengisian form di city council itu. Sip.

Beres? Enak aja.

Ternyata M'Ayu gak bisa ngebikinin surat undangan itu. Wakwakdut! Soalnya dia tinggal nomaden alias berpindah-pindah kos, sehingga gak punya surat kontrak rumah. Padahal untuk mengundang, mesti punya approval kalo emang tinggal di Jerman gichuw. Huhuhuhu, okeh. Apa langkah berikutnya? M'Ayu mengusulkan tanya ke travel, kali aja mereka nawarin jasa pembuatan invitation letter. Tapi gak mungkin kali ye. Masa iya gw cuma minta bikinin invitation letter, sementara flight-nya gak bareng mereka. Gak muksin, ya toh?

Kita berpaling ke Mas Ging. Hai Mas Ging, marilah kamu membantu akyu yaaa...

Okeeh, gw kirim email beserta contact details lagi. Mas Ging menyanggupi, meski dia mesti ngajak temennya juga secara dia belum terlalu gape berbahasa Jerman. Maklum dong, first-timer juga gitu di sana. Trus dia baru bisa ngurus invitation letter itu setelah dia pulang dari Hamburg. Okeee akyu tunggu yaaa...

Tentu saja gw jatuh iba sama M'Ging yang bakal ngurusin invitation letter itu. Soalnya mesti ke kantor apa itu entah yang letaknya agak jauh, lalu untuk ngisi form itu kan mesti cermat berbahasa Jerman, plus mesti ngelampirin surat kontrak rumah serta slip gaji. Huhuhu, repot amaatttt siiihhh boowww..

Setelah seminggu berlalu, mulai cek-cek kabar dong. Ternyata, deng dong, Mas Ging gak bisa juga dong ngurusin! Huaaaa tidaaaakkk.. Ada apa lagiiii iniii... Mas Ging ini gak bisa ngurusin karena mmmm karena apa ya, pokoknya karena persoalan administratif gitu deh. Pokoknya menyangkut surat perjalanan gitu deh, gw gak mudeng juga tadi dijelasin sama M'Ayu.

Hmmm... lalu apa yang harus dilakukan? M'Ayu berpalinglah ke Pak Hendra. Doi ini orang DW juga, orang Indo berkewarganegaraan Jerman dan bersedia bantuin juga. Nah ini dia yang pualuing puenting. Cihuuyy! Halo Pak/Bung/Mas Hendra! Makasih yaaaa...



Beres? Jauuuhhhhh...

Tiba-tiba M'Ayu telfon gw lagi. Untuk bikin invitation letter itu ternyata mesti ngelampirin health insurance. Halaaahhh... opo meneeehhhh ikiiii... Nah gw pusing dong, secara gw barusan aja ngecek situs beli travel insurance yang murah... tapi yang diminta di form invitation letter laknat siwalan itu kan health insurance. Apakah mereka sama? Atau berbeda? Atau serupa tapi tak sama? Setelah menjerit dalam kepanikan pada M'Eni, dia mengingatkan gw akan NHS. Oooiyaaa! Akyu kan punya asuransi kesehatan yaaaa...

Kemudian M'Ayu meminta supaya health insurance itu di-fax ke gw. Wakwaw. Hal baru lage neh. Kalo di Depok mah gw tau mesti nge-fax di mana. Lah ini di London? Ada wartel gak ya? Tapi ingatan gw yang maha tajam ini mengingatkan gw akan sebentuk tempat kecil deket Kings Roaster. Tulisannya sih emang sewa internet doang, warnet gitu, tapi gw asumsikan saja dia punya fax. Kalo ternyata gak punya ya ntar gw ragukan kredibilitasnya!

Okeh, jadilah gw tadi tergesa-gesa jalan ke sana dan ngefax. Huh, untung ngefax cuma £1.50 doang. Coba kalo mahal kan bisa gw tempiling bolak balik tuh!

Siiiiippp... Trus abis itu begitu gw sampe rumah, M'Ayu telfon gw lagi. Ternyata health insurance yang dibutuhkan adalah health insurance selama gw di Jerman, which means, dibikinin oleh M'Ayu sebagai pengundang.

WHAT?

Hadooohhhh kenapa sulit banget seeeeehhhhh... Tuluuungggg... Jadilah kita berdua tadi ketawa-ketawa miris gitu. Gw menjerit pilu,"Oh aku hanya ingin diundaaangg.." sementara M'Ayu balas menjerit,"Oh padahal kau hanya ingin berkunjuungg..." Huhuhuhuhuu...

Trus M'Ayu berkonsultasi lah sama Ibu Ani, sesama warga DW juga. Ibu Ani ini bilang, selama duit di bank itu cukup meyakinkan, gak perlu ada health insurance itu. Buru-buru gw bilang dong kalo jumlah duit gw meyakinkan! Meyakinkan kalo dibandingin rupiah sih.. huehuehuehue... Bla bla bli bli, si Ibu Ani ini ternyata piawai sebagai pengundang, karena sering ada temen-temennya dateng ke Jerman berkat surat undangan dari dia. Nah, kata Ibu Ani ini, bisa kok pake surat undangan pribadi aja, gak usah berbentuk Verpflichtungserklärung rikiplik ini...

Heee? Nyang boneng ting? Huhuhuhu... beneran niihhh... Gak tricky lagi neehh... Dan Ibu Ani ini dengan baiknya mau membuatkan surat itu untukkuuuu... oooh senangnyaaaa..

Gw siap menunggu kejutan berikutnya nih. Selama kejutannya terjadi sebelum tanggal 10 Mei, gw masih sanggup deh menghadapi. Secara visa appointment gw tanggal 11 Mei getooo lhoooo... secara gw udah booking tiket getooh lhoooo... *nyolot*

5 Comments:

Anonymous Anonymous said...

ingatan lo maha tajam? masa siiih..
kan dulu gue pernah bilang, bikin EU health insurance, berlaku kalo traveling di semua negara EU. dan gretong via NHS!

apply di websitenya NHS, dlm bbrp hari dikirim ke rumah. effortless!
health insurance is only one click away...

waktu itu gue kasih linknya jg di email.

2/5/06 9:23 PM  
Anonymous Anonymous said...

apply European Health Insurance Card lewat website itu cuma buat british/european nationals non, kalau perantau macam kita ya hrs lewat pos.

2/5/06 10:01 PM  
Anonymous Anonymous said...

hehehe... asal registered di NHS bisa kok. gue udah apply mll website bbrp bln ll, granted.

2/5/06 10:13 PM  
Blogger pippilotta said...

iya nih. eke juga barusan daptar. itung-itung undian berhadiah. kalo lewat pos, 21 hari gitu bow. sementara kalo online, dikirim dalam seven working days. ih seneng deh.

2/5/06 10:25 PM  
Anonymous Anonymous said...

keuletanmu membuatku bangga..... btw, dek...ta2h duluuuuuu juga jalan-jalan ke sana...tapi ditenteng ama kakung. jadi ga' pake urus apa-apa. wah, kalo ta2h crita uti kalo kamu mau ke koln-bonn, pasti uti excited....

3/5/06 11:28 AM  

Post a Comment

<< Home