Friday, November 25, 2005

Kirain Jurnalis BBC, Taunya Pedagang

Ah akhirnya ketemu juga sama Bimo(*). Uhuy. Setelah sok ngambek dua kali karena gw tolak ajakannya untuk ngopi di sekitar Covent Garden, kesampean juga dia ketemu gw. Kekekekek.

Dengan kejamnya, semula dia ngajak ketemuan jam 8 pagi di Liverpool Street Station. Astaga mak, jam 8?? Di tengah udara dingin begeneeeh? Pagi-pagi masih -1 derajat boooo. Tapi ah karena gw anaknya penurut, gw jawab sms-nya : ok. Huhuhuhu, dalam hati merana tuh. Lalu besoknya dia sms lagi : jam 9 aja, tapi kalo lu datang jam 10-an juga gapapa. Lah, ini pegimane. Akhirnya sampai di kata sepakat : jam 10 pagi langsung di Spitalfield Market(**).

Cihuy. Ke Spitalfield! Gw pernah direkomendasiin Komang (Wahyu Dhyatmika - Tempo) untuk pergi ke sana karena barangnya mayan murah-murah. Tring tring, hati ini langsung tergoda. Gw pun belum pernah ke sana. Cihuy.

Okeh. Gw sampe di Spitalfied Market ini lebih awal dari waktu janjian. Akhirnya gw keliling-keliling dulu di seputaran pasar itu. Lalu jalan-jalan agak jauhan dikit karena Bimo gak dateng-dateng. Huhuhuhu, dingin ya bo. Untung gw masih punya wafer, jadi punya kunyahan dikit. Ini dia pasarnya...





Nah, jam 10.30 baru dah nongol tu anak. Monyis. Bawa travel bag geda gitu. Berat kayaknya, membuat gw gak pengen nanya "Berat ya Bim?", karena kalo nanya bisa-bisa dianggep pengen bantuin bawa. Emoh. Trus kenalan sama Wulan. Wulan ini flatmate-nya Bimo, lagi nunggu graduation abis kelar kuliah Arts and Heritage Management di London Metropolitan University. Hai Wulan!

Jadi tuh, Bimo ini mau jualan di Spitalfield Market. Travel bag geda itu isinya berbagai macam baju, tas dan dompet batik gitu. Siap dijual dengan tema 'christmas gift from mystical Java' (hoyeah, pake mystical segala!). Beli khusus di Jakarta buat dijual di London. Huibat dah, niat.

Setiap orang bisa jualan di Spitalfield Market ini. Modalnya cuma punya barang dagangan, trus ngantri lapak aja. Hahaha, lapak. Stall gitu kali, biar keren dikit bahasanya. Kalo nyewa di weekdays bayarnya £10, sementara kalau di weekend itu £70. Wuidih, jauh amat beda harganya. Ya demikianlah. Barang-barang yang dijual di Spitafield saat akhir pekan katanya emang berkualitas lebih bagus, pengunjungnya pun jauh lebih banyak. Setimpal kali ye sama calon keuntungan.

Prosedurnya tuh ya langsung nongol aja di Spitalfield ini untuk ngetek lapak. Ntar sama si broker lapak ini diatur, siapa yang udah pernah jualan di Spitalfield dan siapa yang belum, dibikin dalam dua antrian yang berbeda. Kalo yang pernah jualan di Spitalfield tuh udah aman dapet lapak-lapak mereka, baru deh para pedagang karbitan ini dicariin tempat. Bimo dapet lapak yang agak minggir gitu. Yah maklum lah. Namanya juga jajal hoki.

Ini dia lapaknya Bimo!(dia pikir dia keren kali ya pake tu saputangan putih di kepala, ck ck ck...)



Barang dagangannya Bimo itu banyaaak banget. Variannya adalah baju anak-anak co-ce, kantong hp, tempat koin, tas tangan kecil-sedeng, gede, lima topeng, dan satu kemeja co ukuran dewasa. Kenapa cuma satu? Karena sedianya Bimo make tu baju sebagai penjual. Tapi pikir-pikir mungkin sekalian dijual aja kali ye. Mangkanya aneh banget dah liat satu baju ukuran gede gitu nyempil di sana.



Setelah ditata menurut feng shui yang dipelajari dengan cermat, jadi beginilah tampilan dagangan batiknya Bimo! Cihuy! Hore! (ah kirain dia tajir kerja di BBC, ternyata sambilan dagang juga buat menyokong gaya hidup playboy-nya itu...)

Kita buka dagangan itu di tengah angin musim gugur yang dingin. Sumpah mati, dingin kayak setan! (ah padahal kan setan di neraka yang mestinya panas, tapi kenapa 'dingin kayak setan', jadi yang bener neraka itu dingin atau panas? 'penting gak sih bahas ini?' seperti kata olin dalam film '30 hari mencari cinta'. inget bim film itu? kekekekekek. aduh ini footnote panjang bener. nyempil di tengah pula. fokuuus dong kalo cerita, gilaaaa)

Dinginnya emang ampun-ampunan. Kaki dan tangan gw berasa bekuuuuu. Kuping gw juga sepoi-sepoi kena dingin. Jadilah gw buru-buru beli topi (alesan! alesan! alesaaaaan!). Gw dan Wulan akhirnya memilih untuk keliling Spitalfield Market biar gak berdiam diri dalam kebekuan angin monyong ini. Biarin aja dah Bimo jaga dagangan sendiri. Trus kita ninggal Bimo makan siang pula (sementara dia cuma bertahan pake croissant, uuuu keciaaan deh situuu). Makan siangnya enak, makanan Thai, ayamnya potongan gede dan gak pelit, porsi kuli dah(oooh I just love big portion, kekekekekek).

Barang dagangan itu baru diinventarisir dan diberi harga pada saat ditata. Uh dasar Bimo ini pedagang amatir. Semua harga ditentukan mendadak. Rentang harga antara £5 sampai £20. Mayan dwongs buat Christmas gift...

Akhirnya kita tutup dagangan juga deh. Jam 4 sore. Idih, cepet amat ya kita dagangnya.. hahahaha. Kelar menata stall jam 11.30 trus udah kelar jualan aja jam 4 sore. Hihihihi, dasar penjual gak tangguh. Tapi rekan-rekan pedagang yang lain juga pada udah tutup gitu jam segituan. CD yang gw incer pun udah keburu masuk koper si pedagang, huhuhuhu, gak jodoooh. Ah, jelas saja kami tutup cepet. Di musim gugur gini, jam 5 sore aja kan gelepnya udah mana tahan, belum lagi angin keji kejam ini..



Kita pun beres-beres pulang. Barang-barang batik itu sudah masuk ke travel bag lagi. Gantungan baju udah diturunin. Taplak (lebih tepatnya sih korden difungsikan jadi taplak meja) sudah dilipat. Semua masuk ke kantongnya masing-masing.

Eh eh eh. Tar dulu. Kok langsung adegan pulang aja... Jadi, untungnya berapa dari tadi jualan di Spitalfield?










NONE. NIHIL. TIADA. KOSONG.
GAK ADA YANG LAKUUUUUUUUUUUU....
(ini pasti karena jualan di weekday, wajar dong, kan sepi. bener gak? bener laaah)


* Bimo itu dulu di 68h bareng gw. Sekarang di BBC London Siaran Indonesia. Demennya sok mesra sama perempuan, kekekekek.

** Spitalfield Market ini terletak di Brushfield Street. Stasiun tube terdekat adalah Liverpool Street Station. Keluar dari stasiun, jalan di Bishopsgate, lalu waspada dengan plang. Ada plangnya kok : Spitalfield Market. Pasar yang ahoy juga dikunjungi deket situ adalah Petticoat Lane Market : kaos 10 pounds dapet lima, top kan...

1 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Salah. Bimo itu anak yang soleh dan baik hati. Itu terlihat dari pancaran matanya yang tulus dan teduh.

Dan iya, hiks...gak laku...kayaknya kita salah kalkulasi fengshui...mungkin urutan warna baju yang digantung dan salah kalibrasi mana timur mana barat.

Tadinya sih kekurangan itu sudah gue antisipasi dengan ngepretin lembaran sepuluh dan lima pound ke barang dagangan sebagai penglaris...tapi kok ngga ngaruh ya? mungkin teknik itu cuma bisa di tanah jawa. Nah kalo di tanah Inggris musti disembur bir baru deh bisa penglaris.

27/11/05 6:39 PM  

Post a Comment

<< Home