Monday, December 26, 2005

I Shop Therefore I Am

Letihnya, dua belas jam menyusuri Oxford Street. Kekekekek...

Tangguh bener euy. Bayangin, di hari bertinju alias Boxing Day ini, gw bener-bener berangkat dari rumah jam 8.15 pagi. Ini hasil diskusi dengan rekan-rekan window-shopper gw tentunya: Mbak Eni, Rini, Cita-Danang. Dengan ambisiusnya, Citta menetapkan jam bertemu yaitu jam 8 pagi di Oxford Circus, di depan Nike World. Okeh. Sip. Gw berangkat jam 8 pagi lewat, dan tentunya Citta-Danang gak ada dong. Huh, untung agendanya belanja, kan kita jadi cuek. Tetep gembira dong, hahaha.

Ketika gw berangkat, gw sudah siap-siap terpukau dengan Oxford Street yang hiruk pikuk orang ngantri depan toko. Soalnya kan gosipnya gitu tuh, ngantri dari jam 5 pagi. Waktu kakak gw di London, temennya ada yang ngantri di depan toko NEXT dari jam 5 pagi. Bujubuneng, jam 5 pagi? Winter gini? Huhuhu, ternyata gak gitu-gitu amat yang terlihat tadi pagi. Pas jam 8 pagi gitu, masih sepi. Ada sih segelintir orang yang kayak gw dan Mbak Eni ngalur ngidul window shopping saat toko masih tutup. Tapi mayan dong, sembari pemanasan, sekalian ngetek toko mana aja yang mau disamperin.





Zara, Swatch, Clarks, Body Shop, Esprit, Monsoon, Bennetton. Yaaah, yang kira-kira males dibeli di Jakarta lah. Hihihi. Itu target awal. Tsaaahh.. target. Lho iya dong, belanja kan mesti punya target, plus disiapkan dengan strategi jitu, hihihi.





Nah, satu per satu, toko mulai buka deh. Eh tapi ada yang bener-bener ngantri ternyata, hihihi, di depan Mango dan GAP. Biasa aja deh mas, mbak, niat benerrr pengen belanja. [lah, talk to my haaanddd! siapa coba yang bangun dari jam 6 pagi buat boxing day? kekekekeke]

Cihuy, aksi belanja pun kita mulai. Tiga dua satu, hap hap hap, mulai!

Mampir-mampir gak puguh pun dimulai. Asal mampir, asal masuk. Masuk Monsoon, eh gak berapa lama, kok ramenya minta ampun. Mana tokonya sempit pula.



Oke, keluar. Pindah-pindah dikit, sampe kita terdampar di Zara. Nah di situ, baru deh berasa, waduh ini beneran boxing day neh. Orang rameeeeeee banget, trus yang gahar gitu ngaduk-ngaduk box. Gw jadi teringat masa-masa gw ngaduk-ngaduk box di Jakarta, meski sebatas di Pasaraya Manggarai, kekekeke. Trus ya pada gak beradab gitu, baju pada berjatohan gara-gara mereka brutal, tapi ya tetep aja dibiarin. Tadinya gw pengen ngambilin baju-baju jatoh itu, tapi ya males amat. Jadi gw cuekin aja.

Di Zara ini banyak bener yang menawan hati. Terutama knitwear-nya yang dimulai dari £5 itu. Huhuhu, kok ya terjangkau, benci aku. Tapi trus ya ngapain pula gw punya knitwear banyak-banyak, kayak ntar kepake aja di Jakarta, wong tiap orang dapet 50 matahari gitu, gerah amat. Trus banyak yang lucu-lucu-gak-penting gitu deh bow, pas banget buat gw beli, hihihi. Gw pun menambatkan hati pada sebuah jaket coklat berbahan corduroy dengan bordiran bunga di depannya, seharga £29. Jangan tanya, ini jaket, sumpaaaaaah keren banget. Pertama, dia corduroy. Kedua, dia coklat. Ketiga, dia Zaraaaaaa... kekekekeke... (dasar anak muda! konsumtif! kemakan merk! gatau diri! ... ya maap.. huhuhuhu)

Lalu kita ketemu Rini di Body Shop. Kalo di Jakarta mah gw ke Body Shop sekedar ngecek aja. Masih mahal gak? Oh masih, ya udah cabut. Kekekekeke. Tapi di sini, karena kulit kering akibat cuaca dingin, kan jadi perlu beli lotion yang serius, beli body butter gitu. Alesan alesan alesaaaaaaaaan. Setelah mengendus-endus beberapa body butter-nya Body Shop, gw merogoh kocek £10 untuk body butter rasa/wangi/aroma olive. Biar ketemu popeye... (mampus! garing! amit!)

Hm, abis itu laper deh. Makan di McD, lalu meneruskan perjalanan belanja kami. Tsaaah.. sedep banget tu kalimat! Mampir-mampir gak puguh pun kembali dimulai. Belanja sama artinya dengan mempertarungkan ideologi. Kekekeke, serius amat. Eh, ya iya dong. Apalagi di musim diskon gini. Kita seolah-olah didorong untuk belanja barang mahal dengan konteks "Ini lagi diskon gila! dan ini cuma sekarang! beli! segera!", padahal barangnya ya emang teteup aja mahal. Gak yang jadi barang bermerk selangit seharga £1 semua gitu kaliii. Padahal barang yang mau dibeli bisa jadi gak dibutuhin. Atau bisa aja gak bakal kepake di Jakarta.

Beda dengan barang yang gw beli. Hihihi, cari pembenaran niyee... kekekeke...

Abis itu gw belanja apalagi ya? Eh, ternyata udah! Gile, gw cuma belanja jaket plus body butter! Idih gileee... mayan menahan diri dong buat orang yang mengaku shopaholic. Ternyata gak percuma tetap mempertahankan perspektif Asia dalam melihat harga barang, hahahahaha.

Dan maafkan teman-temanku, kalian gagal mendapatkan oleh-oleh dari gw di hari bertinju alias boxing day ini. Karena, satu, gw luput mampir Virgin dan HMV untuk melongok CD (huhu, kamyu, maaf yaa..). Trus kedua, ah perasaan ni barang gak semurah yang gw bayangkan dan harapkan. Soalnya toko-toko suvenir yang tersebar di Oxford Street ini gak mencanangkan diskon Boxing Day gitu, jadi ya gak ngaruh. Bisa sih gw beli teh-teh Inggris di Whittard gitu misalnya, tapi ada juga ntar gw embat duluan. Hihihi, rawan. Berbahaya.



Sore menjelang, seperti biasa Rini nagih kopi. Jadilah kita ke Starbucks. Ada di suatu tempat terpencil, masuk dari Regent Street, eh kok lucu tempatnya. Tepatnya, sepi, jadi asik, hahaha... Lihatlah wajah kami. Gembira bukan? Namanya juga abis belanjaaaa...

Abis dari Starbucks sebenernya gw nyaris merogoh dompet lagi. Ada sepatu lucu di Clarks. Huhuhuhu, lucu gitu deh. Di Oxford Street itu ada dua toko Clarks, plus satu di Regent Street. Nah di Regent Street itu sepatu lutju itu berharga £20. Ahay, mau dwongs. Tapi, sepatu lutju itu gak punya ukuran 4,5 bagi kaki Asia gw yang mungil ini. Oke, pindah toko, hajar bleh. Eh di toko satunya, lah kok sepatu yang sama harganya £30? Wadaw. Gawat amat. Mana si mbak-mbaknya yakin betul bahwa harganya ya £30 itu, meskipun gw udah bilang kalo di toko Clarks sebelah harganya £10 lebih murah. Untung aja teteup gak ada nomer 4,5... kalo gak kan terpaksa gw beli. Taelaaa... terpaksaaaa...

Eh, sebenernya, besok masih ada tugas belanja lagi nih. Marks and Spencer tadi gak buka. Swatch juga kayaknya baru besok mulai sale. Hum, dan ternyata, buset dah, NEXT beneran akan memulai sale jam 5 pagi besok! Hayyyaaahhh...



Tapi untungnya gw pelajar yang baik. Gw sudah menetapkan agenda mulia untuk hari Selasa dan seterusnya, sampai diriku tiada sanggup mengenal perbedaan hari lagi. Ngerjain essay. Bajingaaaaaaaannnnn...

ps: judul postingan ini dicuri dari tagline-nya Selfridges yang terpampang di kaca toko.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home