Monday, March 06, 2006

Juling Pesen Buku

Sebagai keponakan teladan, gw dapet tugas dari tante gw, Tatah, untuk memesan buku. Ini buku-buku yang teramat penting bagi nasib anak-anak autis di penjuru nusantara, makanya boleh lah kita membelinya. Dari hari Minggu, Tatah udah ngasih empat judul buku yang mesti dipesen. Hokeh, sip, kita cek yak satu per satu.

Pertama, tentu saja gw cek perbandingan harga di situs Bookhead, yang dikasih tau Mas Israr dari jauh-jauh hari. Lalu ketemulah itu a1books, abebooks dan beberapa lainnya yang menawarkan harga buku paling murah. Abis itu gw jajal satu per satu situs-situs baru itu. Tapi oh tapi, ternyata situs-situs itu pada di Amrik dan melayani pembelian di Amrik doang. Dududud, semoga gw gak salah ngerti...

Abis itu gw kembali lah ke situs Amazon tercinta. Begitu nemu buku-buku yang gw cari, langsung dong gw klik bagian 'new and used' karena dia mencantumkan harga buku yang lebih murah dibanding si Amazon ini sendiri. Third party seller gitu deh. Begitu kelar, ternyata tiga buku yang gw pilih itu berasal dari seller yang sama. Serta merta gw pikir ini bakal menghemat ongkos kirim dwongs. Ealah, ternyata gak begitu caranya. Tiap buku kena ongkos kirim £2.75 lagi.. huaduh, sama aje dooongg..

Lalu, wait wait.. kayaknya tadi gw liat ada iklan free super saver delivery deh. Hum, mari kita teliti lagi. Di icon kecil pojok kanan atas Amazon, ada iklan itu, di mana pembelian di atas £15 akan gratis ongkos kirim. Nah lho, tapi kok buku yang gw beli tetep kena ongkos kirim ya? Mari-mari, kita cermati lagi. Terms and condition, klik. Baca-baca dikit.. humm. ternyata free super saver delivery ini tidak berlaku bagi buku yang dijual third party seller. Hooo.. pantesan.. oke.. berarti gak terlalu ngaruh dongs yaw kalo beli dari pihak ketiga..

Okee, mari kita ulang lagi pencarian buku tersebut. Fiuh. Singsingkan lengan baju dulu neh. Kita cari lagi satu per satu buku yang dipesen Tatah, tapi kali ini beli di Amazon, bukan beli kepada pihak ketiga. Naahh.. sip sip. Beres. Keplok keplookk.. sukses juga pesen buku banyak. Deg-degan sih, karena bakal ngeluarin duit banyak.. dududududu...

Eh, mumpung udah free delivery, kalo gitu gw nitip buku ajah! Kemudian gw carilah itu buku Jean Baudrillard yang kini jadi idola gw. Telfon-telfonan dikit sama M'Eni, eh dia nitip buku juga. Hokeehh.. mari kita hajar bleh sama-sama...

Sip. Proceed to check out. Gw sampe juling merhatiin judul-judul buku itu, jangan sampe ada yang keliru gitu lho bukunya. Soalnya judulnya pada panjang-panjang semua dan mirip-mirip gitu.. rawan keliru. Okeh. Semua udah beres. Free super saver delivery udah dicentang. Hhhh.. okehh.. fiuh.. leganya..

Total abis berapa? Wakwaaaaww.. £50-an.. dudidamdidam... tralalalala...

Pekerjaan belum berakhir saudara-saudara. Soalnya ada satu buku lagi yang mengganjal. Jadi buku ini tuh kalo di Amazon harganya £25, sementara di toko buku online lain harganya cukup £11 saja. Udah termasuk ongkos kirim pula. Nah, cemerlang banget toh. Sialnya, dia cuma terima pembayaran pake kartu Visa/Master -yang tidak gw miliki itu- serta cek. Dengan terpaksa gw centang yang 'cheque' dwongs, ya gimana lagi.. masa beli yang £25 hanya karena gw gak menerima tantangan baru bayar pake cek? Enak aje...

Sip. Beberapa saat kemudian, gw dapet confirmation letter dari si penjualnya, Booksgalore. Fiuh, untung itu orang sama-sama di Inggris, jadinya kan lebih cincay. Idih, apanyaaa coba yang lebih cincay, kikikikik... Mr Gray sang penjual buku ini tinggal di Ipswich dan minta supaya cek dikirimkan ke sana.

Wakwaw. Another problem is approaching my dear. Kukukukuk.. dengan malu-malu gw terpaksa mengaku bahwa gw belum pernah melakukan pembayaran pake cek. Dudidamdidam.. ya gapapa dwoongs.. Apa yang harus gw lakukan? Tentu, bertanya.

Sip, kita liat dulu siapa yang online di YM. Cihuuy, ada Erwin. Pas lah nanya sama dia. Triing.. dan mulailah gw cetingan sama Erwin merikues pedoman pengisian buku cek yang gw dapet dari HSBC. Dan ini berarti untuk pertama kalinya gw tau apa aja yang tertera di selembar kertas cek... kikikik.. Untung aja Erwin gak rikues ongkos konsultasi. Kalaupun iya, humm.. Kings Roaster Chicken mau kan Win? Kekekekek...

Sekarang gw masih memandang-mandangi kertas cek gw. Masih kosong. Besok aja deh gw isinya. Toh gw baru akan ke kantor pos hari Rabu, jadi masih ada waktu untuk mengisinya dengan tenang. Ya gak? Ya doongg..

Huhuhu, gw langsung berasa miskin gini abis pesen buku.. huhuhuhu..

1 Comments:

Anonymous Anonymous said...

wah sama cit, gue juga lagi nyari buku nih buat kantor. yang dari temanya aja ga mungkin ada di gramedia. travel book, lengkap dengan peta per daerahnya di indonesia. gue ceklah 2 toko buku yg gue pikir pasti ada nih, mengingat temanya yg aneh. aksara dan qb world book. ternyata cuma ada di qb menurut website. gue telplah si qb ini, ternyata habis. untungnya pegawai qb dengan baik hati menunjukkan dimana gue bisa mendapatkan buku itu. di toko buku periplus, plaza indonesia. makanya gue sekarang mau ke sana. da...

7/3/06 8:59 AM  

Post a Comment

<< Home