Sunday, April 30, 2006

Jasa Proofreader

Neny yang semalem nginep di tempat gw ternyata membawa pencerahan tersendiri bagi kehidupan akademik gw di masa-masa mendatang. Tsah, ini kalimat bombastis amat...

Jadi semalem itu Neny nginep di tempat gw, setelah seharian kemaren (dan hari ini) rapat PPI UK. Trus tadi pagi kita sarapan bersama dong, berbagi suka duka tentang essay. Beneran deh, yang miss-all-the-fun dari semua kelaknatan bernama essay kayaknya Tika doang, wikikikik...

Dalam perbincangan soal essay itulah, Neny cerita soal jasa proofreader yang dia gunakan. Wooo ada toh jasa proofreader... Gw pikir selama ini tuh ketika orang ngomong 'proofreader' ya minta dibacain sama temen aja atau kita sendiri lah yang baca itu tulisan dengan jeda beberapa waktu dari tulisan itu dibuat. Biar fresh itu otak ceritanya.

Ternyata Neny (dan Pauline) adalah pengguna jasa proofreader. Proofreader-nya Neny itu tuh profesor di English Course-nya Birmingham University (atau University of Birmingham? Ah whatever dah) Neny memilih si proofreader yang ini karena secara tu orang dosen di kampus juga gitu, jadi dah tau lah style essay yang diinginkan. Jasa proofreader itu adalah seharga £20 per jam. Lho, kok jam-jam-an? *kayak hotel check-in* Soalnya satu jam itu biasanya dihabiskan untuk membaca essay sepanjang 3000 kata. Jadi kalo essay-nya lebih dari 3000 kata, ya berarti bayar lebih dari £20. Ooohhh gituuu...

Tadi Neny sempet buka email di kamar gw, trus dateng lah itu revisi essay Neny yang dibalikin sang proofreader. Essay-nya udah dikoreksi lengkap dengan coretan-coretan berwarna biru dan segala macem. Kalo kata Neny sih kalimat dia gak ada yang diubah, tapi dimodifikasi dikit aja dan jadi lebih enak dibaca.

Seketika gw kagum dong sama Neny. Secara dia pake proofreader segala buat essay-nya, berarti essaynya itu kelar jauh-jauh hari sebelum deadline. Karena kan mesti di proofread dulu itu. Idih gile, top bener. Gw langsung teringat essay horror gw yang baru kelar tanggal deadline jam 12 siang itu.. dudududu...

Kemudian terbersit (inget, cuma terbersit!) pikiran mulia bahwa disertasi gw kelak mesti pake proofreader. Huhuhuhu, disertasi kan 10 ribu kata. Mari kita berhitung, huhuhu berarti butuh lebih dari £60 buat proofreading disertasi.. huhuhu.. mahal.. yaoloh.. huhuhuhu.. gimana dong... kan mendingan buat plesir, makan, beli buku, huhuhuhu.. aduhh.. huhuhuhu...

Ah, hidup emang penuh pilihan-pilihan berat.

1 Comments:

Anonymous Anonymous said...

eh kamyu, kemarin saya tidak dateng raker ppiuk gara2 seharian jadi proofreader laporan pencemaran tambang di Papua!

puyeeeeng tauuuk... dr pagi sampe jam 2 pagi proofreading segala macam tailings, limestone, ARD, dan parametrix! jadi bayangkan profesor itu yg mesti proofread disertasimu dan nemuin kata2 macam sundel bolong, hantu ayam botak, rumah kentang, dan jelangkung... (disertasinya jg ttg film horor Indonesah kan?)

1/5/06 11:43 AM  

Post a Comment

<< Home