Thursday, May 25, 2006

Tanpa Bumbu Instan

Iiihh gile, gw bangga betuuull sama diri sendiri. Hari ini gw masak sop ikan, tanpa bantuan bumbu instan! Lahiyah, masa sop aja pake bumbu instan, kikikik..

Ini bermula dari ikan trout yang gw beli di Sainsbury beberapa waktu lalu. Sama nasibnya seperti salmon, gw gatau itu ikan mesti gw apain. Lalu gw melongok-longok sejumlah website resep masakan yang udah gw add di favorite links gw. Lalu gw menemukan resep ini. Wah keliatannya menantang tuh.

Oke, gw baca baik-baik resepnya. Resep ini butuh ikan tenggiri, jahe, serai, kecap ikan, tomat hijau, belimbing sayur. Ikan tenggiri ganti trout, beres. Jahe, ada, sisaan dari Mas Iwan dateng duluuuuu banget. Serai, lupakan aja. Kecap ikan, apa pula itu, lupakan. Tomat hijau, udah gw ganti jadi cherry tomato, beres. Belimbing sayur, lupakan. Siiipp.. berarti gw siap masak!

Lalu gw potong-potong sayuran yang mau gw cemplungin ke dalam sop gw itu. Gw siap dengan buncis doang sih. Yaaa mendingan lah, secara gw gak doyan makan sayur gini. Siap semua dipotong-potong, lalu gw ambil jahe di dapurnya M'Eni. Jahe 2 senti seberapa yak? Ah ngarang aja deh, gak dimarahin siapa-siapa ini kalo salah. Okeh, itu jahe gw potong-potong.

Terus gw lari lagi ke kamar, ngecek resep, apa lagi yang mesti gw lakukan. Eh, baru deh gw baca dengan waspada. Ternyata 8 siung bawang merah dan 3 siung bawang putih itu mestinya dihaluskan. Artinya, diulek. Hayyah, masa iya gw pengen ngulek? Kagak dah. Lagian itu irisan bawang gw bisa dipercaya kok, jadi tenang aja. Terus gw baca dengan saksama lagi, eehhh ternyata jahe mestinya dimemarkan, sementara itu jahe udah gw iris tipis-tipis gitu. Hihihihi, wadoh salah baca. Ya udah, masih ada sisa jahe, gw memarkan aja. Biar rada mirip lah sama resepnya.

Siiipp.. nyalain kompor, siapin panci, panasin minyak, tumis bawang-bawangan, abis itu masukin air dan cemplungin segala sesuatunya. Dalam waktu sekitar 15 menit saja, sop ikan gw kelarrr... Yum yum yuuummm...



Coba itu lihat bentuk rupanya. Meyakinkan tooohhh... Aih, gw semakin percaya diri menaklukkan dapur neh. Tapi tenang, bumbu Brahim dan Munik teteup nomor satu, kikikik...

2 Comments:

Anonymous Anonymous said...

rasa, dek...rasa???? masakan 'kan bukan dari 'tampang' doang dwongs!- ta2h :))
ntar lebaran buka catering buat cipinang ya...

25/5/06 3:58 PM  
Anonymous Anonymous said...

Your are Excellent. And so is your site! Keep up the good work. Bookmarked.
»

22/7/06 6:24 AM  

Post a Comment

<< Home