Saturday, June 17, 2006

Naik Naik ke Puncak Dom



Koln gak lengkap rasanya kalo gak menaklukkan Dom yang tinggi banget itu! Nah, di hari terakhir gw di Koln, maka udah gw niatin dari pagi kalo gw mau menaiki 509 tangganya... apa pun yang terjadi. M'Eni gak memperlihatkan gelagat kepingin naik Dom, apalagi Nita yang besoknya mau ke Fans Camp di Dortmund, jadinya ya udah, gw sendiri juga gak ngapaa.. yang penting mah menaklukkan Dom!



Siang itu rame banget di depan Dom. Ntar malemnya tuh ada pertandingan Ghana lawan Republik Chek. Jadi udah pada rame-rame gitu dari jam segini. Idih padahal pertandingannya masih malem. Kan ntar pas pertandingan malah capek dan gak bisa teriak-teriak (gw perhatian banget gak siiiyy...)

Karena nungguin Nita lama banget gak nyampe-nyampe ke Koln, akhirnya gw dan M'Eni makan dulu. McD dong, apalagi yang murmer... Udah kelar makan, nurunin makanan dikit sambil puter-puter nyari suvenir, nah, gw udah siap nih menaiki Dom. Gak lama Nita dateng, jadi M'Eni dan Nita nungguin gw di taman depan Dom.



Lagi-lagi ada untungnya jadi pelajar, karena buat naik Dom hanya bayar 1 euro saja. Ih, asek dah. Mbok yao di Jakarta juga ada harga khusus buat pelajar gitu lho, kan sedeppp..

Okeh kita mulai memanjat. Kuncinya adalah pelan-pelan aja. Berhubung gw sendirian, kalo gw tiba-tiba di tengah jalan semaput kan gak ada yang ngegotong. Belum lagi kalo nggelinding 509 tangga ke bawah. Sungguh gak lucu bukan? Jadi ya tenang-tenang aja. Botol minum udah siap di tas, kamera udah siap diselempangin. Beres semua dah. Oke, mari kita memanjat.

Eh, gak manjat juga sih ya. Ini kan naik tangga biasa aja. Tapi tangganya muter gitu deh, mana space-nya sempit banget. Huhuhuhu. Jalur orang yang naik tangga itu tuh pas di puterannya, jadi gak kebagian dinding buat pegangan. Huhuhu, agak keder gw. Apalagi ini bule-bule pada semangat banget naiknya, jadi mereka bergerak lebih cepet dibandingin langkah kaki-kaki Asia gw ini. Tapi ya jangan menyerah dong.



Di tengah jalan, gw ketemu seorang bapak dan anaknya yang masih cilik. Aduh aduh, ini child abuse nih. Masa anak kecil disuruh naik 509 tangga siy! Ntar dia kalo gedean juga udah lupa kalo pernah naik Dom, percumalah ooom... Nah, karena ada anak kecil inilah gw jadi terpacu dan terpicu. Jangan sampe gw kalah sama anak kecil gituh, hahaha..



Setelah anak tangga ke entah berapa, kita nyampe di bidang datar. Dari situ jangan dikira udah kelar perjuangan. Masih mesti naik tangga lagi. Kali ini tangga standar, dari besi gitu. Nah ini lebih bikin jiper sesungguhnya, karena kan gw bisa liat bagian bawah. Gw suka curiga sih kalo gw takut ketinggian. Tapi kan rasa takut itu untuk dilawan toh? (cie sok berani)



Setelah naik tangga, mmmm mestinya ini udah puncaknya ya. Udah ada plang untuk jalan-jalan mengitari puncak Dom gitu. Edannya, di atas sini gw ngeliat ada loket berisi informasi buat turis. Ada bapak-bapaknya gitu yang jaga. Gw yang masih ngos-ngosan langsung jatuh kagum dong. Idih, ini bapak tiap hari kerja naik Dom sebanyak 509 anak tangga? Sinting!

Begitu sampe di atas, ah gw merasa perkasa telah menaklukkan 509 anak tangga itu! Oooh senangnya memandang Koln dari atas sini...





Waaa senangnya di atas siniii... Gw sibuk foto sana sini aja. Minta tolong orang buat fotoin gw, foto mandiri, foto-foto pemandangan, ihhh asoy dahh.. Gw juga sempat berhitung, ternyata dari bawah nyampe ke atas sini, dengan tiga kali berhenti buat ngos-ngosan dikit itu makan waktu kira-kira 36 menit. Yah, not bad lah. Lagian kan gw gak lagi ikut perlombaan toohh...

Setelah berlama-lama di atas, akhirnya gw turun. Nah turunnya lebih tricky gitu. Gw langsung berasa puyeng gitu karena mesti turun tangga muter. Huhuhuhu. Mana gelap pula. Untung gw bisa pegangan dinding, jadi kan berasa lebih aman gitu lhow.



Sampe di bawah, baru deh berasa lemesssssss bener dengkul gw. Kayak mau copot... huhuhu.. Berbeda dengan Nita dan M'Eni yang menghabiskan satu jam terakhir untuk santai-santai menikmati angin sore, gw kan mesti kerja keras naik turun tangga Dom, huhuhu... Tapi ya turis mah tetep turis. Abis itu jalaaaannnn lagi.



Di tengah jalan, pas kita melintas di Schildergasse (semacam Oxford Street-nya London deh), kita liat orang jualan kelapa parut. Say what? Ah ini dasar orang Jerman edan. Masa kelapa parut dijadiin cemilan? Banyak pula gitu yang ngantri. Astagaaaaa...



Mampir Aldstadt, nonton pertandingan sebentar, abis itu balik deh ke rumah Mas Ging menyusuri Sungai Rheine. Tuh liat kaki gw. Gak cantik dipandang mata banget gak siiyy... kikikikik..

0 Comments:

Post a Comment

<< Home