Friday, July 28, 2006

Biduan Kita

Weitsss... Hari ini hari penting neeehh.. show time! Yeiiihhaaa.. Oh tentu saja yang show bukan gw dongs. M'Eni lah yang akan show di lomba karaoke-nya KBRI dalam rangka 17an... kiekeikeiekei.. Huibat jreenggg..

Dari pagi, gw udah telfon-telfonan sama M'Eni. Gladi resik dong. Pentiiinggg itu sodara-sodara. Dari kemaren-kemaren dia udah pilih lagu-lagu kandidat yang mudah-mudahan ada di daftar lagu karaokeannya KBRI. Soalnya lagu buat lomba baru bisa dipilih pas hari L alias hari lomba.. Wah, kan jadi gak bisa latian tuuuh. Duh, cemas kaaan.. Lagu-lagu yang jadi kandidat adalah Cindai, Terlena, Kopi Dangdut, Karena Cinta dan Greatest Love of All. Tiga lagu terakhir baru dilatih tadi pagi, setelah gw mendownload lagu-lagu itu lewat Limewire.



Walhasil, jadilah tadi pagi itu gw telfon-telfonan, sambil dengerin M'Eni nyanyi, sambil gw kirim lagu-lagu lewat cetingan. Tentu saja disertai pesan-pesan penyemangat dwongs.. Namanya juga eke manajeerrrrrr.. kikikikikik...



Setelah bergelut sebentar dengan aktivitas masing-masing, makan siang, mandi-mandi biar cakep, akhirnya tiba juga jam berangkat kita. Dari pagi gw udah tanya kostum panggung. Berhubung M'Eni emang demen warna coklat, jadilah dia pake kostum favoritnya yang seriiinnnggg bener dipake itu, kekekekek. Udah cakep, kunci pintu, yooookkk berangkattttt..

Tentunya kita naik 73 kesayangan kita bersama. Turun setelah Bond Street Station, lalu dari situ jalan ke KBRI. Sempet nyasar gitu ke KBRI, kekekek. Lah wajar doong, namanya juga cuma 2x ke sana. Pokoknya patokannya adalah stasiun itu, tapi terus lupa jalan tembusnya paling asik lewat mana. Setelah muter-muter dikit sampe deeehhh..

Kita nyampe di KBRI jam 16.35, terlambat dari keinginan semula untuk nyampe di KBRI jam 16. Soalnya pas M'Eni daftar lomba karaoke, dikasi tau kalo mesti dateng jam 16 untuk ambil nomor undian dan milih lagu. Jadi kita ceritanya mau dateng on time dooong. Ealah, begitu nyampe, ternyata kita peserta paling rajin. Paling pertama gitu. Ibu resepsionis bilang kalo acaranya baru mulai jam 17. Idiiiihhh, ini pasti sengaja pake jam ngaret deh, makanya jadwal sok dicepetin satu jam. Heraaaaaan, kami kan warga yang pengen tepat waktu! Grrrrrr...



Setelah nunggu di ruang tamu resepsionis, akhirnya kita disuruh ke lokasi lomba. Deket kantinnya KBRI. Gak lama, Rini dateng. Sama juga alesannya, berusaha jadi warga tepat waktu. Jadilah kita nunggu-nunggu aja gitu sampe kelaperrraaaaann.. BBQ yang dijanjikan belum tampak batang hidungnya. Apalagi alat pembakarnya itu baru dirakit, masih sambil baca manual pula. Halah halah.. taun depan neeehh bakar-bakarannyaaa.. huhuhuhu.. Tak lama, datang Sly, Tika serta Anto yang lagi ke London. Tuntutannya tetap sama: cepetaaannn doong mulaaaiii.. Nyanyinya keeek, makannya keeekk.. heraaannn..



Akhirnya muncul Ibu Rita yang buka meja pendaftaran lomba karaoke. Amiiinn, ada pergerakan juga. Bener aja, M'Eni nyaris jadi peserta nomor 1. Tapi karena doi keder, akhirnya milih jadi peserta nomor 2. Pas daftar dikasih tau lah sama si Ibu Rita kalo ntar akan pake sistem gugur. Barang siapa yang lolos, akan maju ke babak selanjutnya. Penilaian akan dilakukan oleh dewan juri. Dewan jurinya itu rahasia, karena itu label peserta mesti terus dipakai supaya dewan juri bisa terus menilai. Aiiyahhh.. seru amattt..



Setelah daftar ulang, pilih-pilih lagu, inilah diaa.. peserta keduaaaa.. lomba nyanyi karaoke KBRI.. mewakili kota Makassar, Sulawesi Selatan.. kita sambuuuttt.. Suhaeniiiii Kuuuuddduuuuussss... (plok plok plok, hayo mana suaranya...)



Abis itu.. Nyanyi? Makan? Enggak doong.. Nunggu dulu. Lagi? Iyaaa... Jadilah kita ngobrol-ngobrol ngalur ngidul. M'Eni sibuk membicarakan dunia bareng Dini, Tika asik sama Rini, sementara gw dan Sly ngobrol soal... mmm, tadi kita ngobrol soal apa ya Sly? Kekekekek.. Lalu tiba-tiba, Sly dicolek Ibu Rita, panitia karaoke itu. "Bapak, boleh minta tolong?" (eh gitu bukan sih kalimatnya, gw ngarang deh kayaknya, tapi serius pake bapak) Ealaaahhh, ternyata Sly diminta jadi si juri rahasia itu. Ahaayy.. ih dia tau aja sih milih Sly jadi juri? Ketara ya kalo Sly ini mantan direktur Indonesian Idol? Kekekekekke...



Setelah dinanti-nanti, akhirnya lomba karaoke dimulai juga. Fiuh, it's about time getoh! Rini udah ngedumeeeel aja dari tadi karena gak mulai-mulai. Sly juga ngomel melulu karena kelaperan, kikikik...

Lomba pun mulai, horeeee plokplokplokk.. Pada duduk rapi dong. Sly duduk di bangku deket tempat penyanyi, namanya juga juriiii.. ciieeee.. Abis itu gw sama Rini milih berdiri di pojokan belakang, biar leluasa gitu ngeliatnya. Peserta pertama, aduh, Pak Muntako kalo gak salah ya namanya? Nyanyi lagunya Ebiet G. Ade. Heran deh, Ebiet gak pernah bikin lagu ceria ya? Sediiiiihhh melulu..



Lalu tibalah giliran M'Eni, cihuuyy.. suit suiitttt.. mari tepuk tangaaaaannn.. Doi nyanyi The Greatest Love of All-nya Whitney Houston. Mayaaan dong buat bikin keder peserta lain. Lagu itu kan penuh eksplorasi vokal keren gitu. Lalalalala, M'Eni punya menyanyi-nyanyi dengan gembira, lengkap dengan improv yang dia lakukan sendiri. Pak Marty, dearest dubes kita itu, keliatannya mulai naksir suara M'Eni (diih, gosip pisannnn!).



Setelah itu, baru deh peserta-peserta berikutnya. Kami menikmati aksi-aksi mereka itu ditemani BBQ gratisan dari KBRI dooongg.. mayyyaaannnn... Pesertanya ada yang okeh, ada yang sedeng, ada yang edan. Kami para suporter M'Eni nandain mana-mana aja yang kira-kira bakal jadi pesain M'Eni. Ada yang namanya M'Weni, suaranya okeh juga. Yang lainnya, yaaaa bole deh buat hiburan. Peserta yang gokil tentu saja Wisnu bersama lagu Somewhere Over the Rainbow. Breeeekk, tiba-tiba itu temen-temen maennya Wisnu ngerubung di ruangan. Kekekekk... seru seru seruuu.. mana Wisnunya edan gitu. Setelah Wisnu kelar nyanyi, disuruh lah lanjut jadi sesi hiburan, nyanyi dangdut sama Dini yang juga gak kalah edan. Hihihihi.. lucunyaaaa kalian berduaaaa..



Peserta nomor 13 itu yang pwaling pwoooollll.. Pak Musa namanya. Hai Pak Musa. Kostumnya, manstaf! Kemeja merah polkadot putih, dengan dasi kuning motif serupa! Hayyaaahhh.. maju terus pantang mundur! Pas dia mulai nyanyi, membuat kita bertanya-tanya apa gerangan lagu yang tengah dinyanyikan.. meskipun kita sama-sama menemuni liriknya lho! Mungkin Pak Musa ini berbakat tebak-tebakan lagu kali yaaakk.. Selain kostumnya yang manteeep, aksi panggungnya juga mentoooookkkkkk...

Sepanjang aksi tiap peserta itu, mau gak mau kan kita semua mesti melototin video karaoke itu. Gile emang deh dunia video karaoke. Kagak kreatif banget. Ini masih mending sih, videonya rada beda dibandingkan dengan video karaoke kebanyakan, yang umumnya bersetting pantai, lalu ada ce-seksi-rambut-panjang dan co-keker-telanjang-dada, sok sendu, sok merenung, atau lari-larian sambil pegangan tangan, trus ntar rambut ketiup angin, trus tatap-tatapan.. halaaaahh.. basi deeeehh..



Naaah, kalo video yang dipake buat lomba karaoke ini lebih banyak pemandangan alam, minus figuran. Tapppiiiiiiii... every now and then, muncul lah itu nama Haji Mulyono dan Hajjah Nurifah. Entaaaaahh siapa gerangan mereka berdua. Mungkinkah mereka composer musik karaoke ala organ tunggal itu? Mungkinkah mereka sutradara pemandangan alam yang dipakai di video klip basi itu? Oooohhhh.. Tapi bener-bener deh, itu nama duet maut nongooooll melulu namanya.. terutama pas lagi bagian interlude atau instrumental gitu.. Bener-bener deh.. salam metaaaaaalll buat Haji Mulyono dan Hajjah Nurifah deeeiiiii... kikikikik..



Sepanjang babak pertama itu, Sly bekerja keras sebagai juri handal ibukota. Siap tersenyum ke arah kamera setiap kali dia mau memasukkan hasil penilaian ke kaleng suara. Dari awal diangkat sebagai juri, dengan muka keji, Sly langsung bilang bahwa dia kejam dalam menilai. Gw langsung ngasi anceman, gak ada makan-makan di rumah gw kalo M'Eni dikasi ponten jelek.. kikikik.. norak beneerrr ancemannya..

Seperti mudah diduga, M'Eni melaju lancar ke babak semifinal. Di babak itu dia nyanyi Karena Cinta-nya Joy Tobing. Orbitannya Sly dulu getooohhh.. kikeiekeike..

Seperti diduga juga, maka doi lolos ke babak final.. aih aih.. plok plok plokkk.. kamu mengharumkan nama Makassar! Huheuheuheuheu.. Di babak final ini dia nyanyi Cindai-nya Siti Nurhaliza. Caem? Jelaangg dooossss... Nikmatilaahhh penampilan M'Eni di babak finaaalll.. plok plok plooookkk... [bisa juga dilihat di sini]

*Muhun maaf kalo kepotong, goyang, atau ada suara-suara ekstra yang gak penting*



Lalu lalu laluuuuuuu... bagaimanakah hasilnyaaaaa....



Horeeeee.. M'Eni juara dua! Persiiisss seperti nomor pesertanyaa.. yaitu nomor dua, kikikikikikik.. Pemenang pertamanya adalah M'Weni, yeeeaaa, mirip lah namanya, kekekekek. Lagu pertama dan kedua dia itu andelan kafe banget, I Will Survive dan Killing Me Softly. Pas lagu di babak final, gw dan Sly udah sibuk nebak-nebak, lagu kafe mana lagi yang bakal dia nyanyiin. Eeee ternyata doi nyanyi lagu Goyang Inul, hahahha.. lucunya kamuuuu.. Selamaatttt yaaaa M'Weni..



Ah apa pun yang terjadi, kamyu teteeeuuuppp biduan kami. Mau dooong poto-poto dulu sama biduaaaaann.. Kami suporter yang sangat hebaatt lhooowww.. Menanti dengan sabar, ceria dan tak henti-hentinya ikut menyanyi dari babak penyisihan, semifinal sampai final... Tujuh jam! Cateeettttt.. huhuhuhu..



Jadi jadi jadi... hadiahnya appaaaa? Gile, tetep misterius gini sampe akhir lomba. Apakah itu buku tulis yang dibelakangnya ada tebakan dari dua gambar yang serupa? Atau penggaris dengan contekan kali-kalian di belakangnya? Atau rautan kaca? Atau kotak makanan berisi jelly dan wafer superman?

Oooohhh.. misterieeuuuussseeee..

5 Comments:

Blogger Unknown said...

Selamat.. selamat... hehehe.. Kalo tau ada lomba ginian, boleh juga tuh berpartisipasi.. cia elah.. :-) O ya, ni cakap kite orang Malaysie ni, merajo' bukan merajuk le..

29/7/06 11:10 AM  
Anonymous Anonymous said...

Tin, sayangnya gak ada lomba karaoke antar kedubes se-Inggris. Kalau ada, bisa dong Martin Manurung yang sudah dapat berbagai penghargaan international itu turun gunung lagi dan membuat duo Martin-- dengan MartyNatalegawa. Hehehe...

29/7/06 11:45 AM  
Anonymous Anonymous said...

Wah jadi inget pergi karaoke rame2 abis tes ielts nih....sekalian juga inget kalo eni punya bakat nyanyi TOP BGT. Selamat kepada manejer-nya yang dengan sepenuh hati mendukung kemajuan karir biduanitanya untuk go international...kekekekkk.....

29/7/06 12:42 PM  
Anonymous Anonymous said...

ASELI..kali ini niy postingan paling T O B B G T..top bangeeet..Trie Utami a.k.a SK, selamet yaaa?? Duuuh..pas gw dgr suaranya menyanyi, lgsg merinding, hebring euy! Gimana klo liat langsung yak??
Kepada mpok menejer, selamat jg, hmm..jd mikir2..kyk boleh jg niy beneran nawarin lo jd menejer artis..kekekek!

29/7/06 2:56 PM  
Blogger pippilotta said...

atas nama m'eni, saya mengucapkan terima kasih atas apresiasi teman-teman. ahaayyy.. serius bener, kekekekek.. m'eni masi suka keder sendiri gitu kalo liat video ini. gegar keartisan, hiehiehie..

29/7/06 3:09 PM  

Post a Comment

<< Home