Wednesday, July 19, 2006

Duit Harom

Hari ini agenda makan siang gw udah jelas. Gak lagi tumis daging yang gw bikin errr... dua hari lalu kali yak, tapi makan siang gratisan. Horeee.. Kemarin pagi gw dapet telfon dari Citta yang ngabarin ada undangan makan gratis ini. Yippie. Katanya yang ngundang makan itu atase pertahanan KBRI di Inggris. Widih. Keren pisan.

Siangan, Djatu ngabarin yang sama. Tapi dari Djatu gw denger kabarnya agak beda. KSAU lagi ke London trus pengen ketemuan sama beberapa mahasiswa Indonesia. Tsaaahh. Gw berasa udah menang juara nyanyi kelurahan trus pak Lurahnya pengen ketemu gw.

Ah sapa deh yang dateng. Pokoknya ini mah makan gratis. Kita hajar aja. Hajaaarrrrr..

Semula, rencana makan adalah di Princess Garden, deket KBRI. Setelah gw tengok websitenya, widih, serius gitu bentuk rupa restorannya. Gak boleh pake baju semena-mena niy. Biar besok gak keder, pilih-pilih menu aaaah.. kekekek...

Nah jam 11 pagi tadi tuh, Citta nelfon. Katanya ada perubahan lokasi, jadinya di Royal China, Bayswater. Hooo oke deh. Sip dah. Gw dan M'Eni pun jalan ke Kings Cross, naik tube circle line yang berhenti di Bayswater. Pas nyampe Edgware Road emang ada pengumuman siy, sesuatu yang berakhiran dengan Hammersmith. Tapi gak jelas bunyi pengumumannya apa. Eeeh bener aja. Tiba-tiba ini kereta ngikutin jalurnya Hammersmith&City line gini. Iddiiiihh.. Abis itu terpaksa balik arah lagi, lalu nunggu tube untuk ke Bayswater. Huhuhuhu, sempet kesel dah. Mana panas pula tadi siang itu, huh.



Ya udah. Sampe nih akhirnya kita di Royal China. Mayan serius juga ternyata. Di dalam sudah ada M'Dedy-Djatu, Tika, Citta, Sly, Vina, Wisnu dan beberapa temen yang gw baru tau mukanya juga. Jadi kita tuh dibagi dalam 3 meja bundar yang bersebelahan. Meja paling kanan itu meja para laki-laki, ada KSAU dan atase pertahanannya beserta teman-temin yang co. Sementara meja tengah itu ibu-ibu KBRI-nya kayaknya. Lalu gw di meja paling kiri. Idih, kayak di mesjid aja dipisahin laki-perempuan.



Bodo deh, yang penting makan aja. Interior restonya juga mayan serius niy. Pasti rada mahal. Mbuh lah kalo makan di sini bayar berapa. Kayaknya siy ini masuk kategori restoran yang gak bakalan gw lirik atau pertimbangkan untuk datengin.

Huhuhu, menunya gak nendaaaang. Bukannya kita gak tau terima kasih yaaaaa.. tapi tetep aja. Mendingan makan di Four Season, seberangnya stasiun Bayswater. Waaaa di situ kan bebeknya uendaaaangg bangettttt... Nyam nyam nyam..

Sepanjang makan ya kita ngobrol-ngobrol doong. Udah lama juga gak ketemu. Ngomongin gempa Pangandaran dan gempa yang barusan terjadi di Jakarta (huhuhu). Trus Sly cerita soal disertasi dia. Citta dan Djatu masih menanti ujian. Sementara Tika menikmati hidup, hiehiehie... Kita semeja sama Jake, drivernya KBRI. Jadi keder gitu karena ada bule yang semeja sama kita. Pengen nyerocos pake bahasa Indonesia, eh kasian dianya cengo. Tapi karena dia minoritas, jadi gemeess gitu kalo mesti ngomong bahasa Inggris segala, hiehiehiehie...

Nah, udah abis niy makanannya. Berarti saatnya salam-salaman bubaran. Meja kita pun didatengin seorang Mas-mas bertampang baik. Di tangannya ada berlembar-lembar duit. Duit? Iyeeee duit! Astaga, gw udah cemas. Masaaloh. Masa ada bagi-bagi duit sih di acara makan-makan gini? Aduuuuuuuhhh dasar dah lu tentara! *maafkan aku kakung...*



Eehhh bener aja. Itu mas-mas ngebagiin duit ke kita. US$100. BAYANGIN. SERATUS DOLLAR!! MASAALOH!! Situ oke apa bagi-bagi duit sebanyak itu?

Dikasi aja gitu ke kita satu per satu. Kita semua pada bengong. Gw langsung sebel gitu. Idiiihh.. Hari gini ngasi-ngasi duit? Wooooiii negara kita masi ngutang banyaaaaak sama luar negeri! Kagak usah sok-sokan ngasi duit dah! Monyet!

Lalu terjadilah percakapan seperti ini:
Gw : Boleh gak kalo saya gak terima duitnya?
Mas : Yah jangan dong Mbak.
Gw : (makin kesel) Tapi kalo saya gak mau terima duitnya gimana?
Mas : (bingung) Yah..
Tika : Gimana kalo kita sumbangin aja Mas? Boleh gak?
Mas : O ya boleh kalo gitu Mbak.

Gw rasanya nyoloooooott banget. Dasar kampret. Apa-apaan siy pake ngasi duit segala? Kalo ngajak makan-makan, ya udah lah gapapa, itung-itung kenalan sama KSAU dan atase pertahanan itu (meskipun sampe sekarang gw gatau namanya siapa, soalnya belum gw google, kekeke). Tapi kalo pake ngasi-ngasi duit? MASAALOH! (ketok-ketok meja tiga kali) Paaaakk masih banyak orang Indonesia yang miskiiin! Bakal apaan ngasi duit buat mahasiwa Indonesia yang ada di Inggris? Kagak ada gunanya Pak! Ntar juga kita abis-abisin buat ke disko! Mendingan juga buat beli onderdil pesawat! Ganti oli pesawat! Jagain tuh wilayah udara Indonesia! Bayarin tuuuh gaji prajuriiiitt! Perbaiki nasib tentara-tentara biar pada gak berbisnis gak jelas dan koruuuuupp! Ngapaaaiiiiiiiiinnnnnnn buang-buang duiiiiittttt... tokaaaaiiii...

Monyet monyet monyet.

Tika langsung menenangkan gw. Dia langsung ngasi ijin gw kalo mau minum coca cola lagi demi menenangkan diri. "Tenang nak, tenang. Mau minum coca cola lagi? Boleh boleh ya naak.."

Terserah dah dia itu ke London plesir kek, jalan-jalan kek, ngabisin duit negara kek, atau kerja beneran. Terseraaaaaah. Mau pake duit negara kek, mau pake duit pebisnis yang cs-an sama TNI-AU kek, terseraaaaaaaaahhh.. Tapi kan ya gak usah bagi-bagi dosa gitu dong! Kalo situ korup, nilep duit negara, atau ngapain gitu kek yang berdosa, ya situ aja yang masuk nerakaaaa.. kagak usah ngajak-ngajak giniiii...

Hhhhhhhhhhhhhhhh... *kepala berasep*

Abis itu dateng deh dua bapak-bapak berjas hitam dan ijo, mau sesi salam-salaman niy. Kata Djatu, yang jas ijo itu adalah si KSAU. Huh, jadi doi nih pelakunya. Itu duit gw geletakin aja di kursi. Gak pengen gw pegang rasanya. Pengen gw balikin ke muka dia sambil gw selekitin. Gw hina-hina apa kek. Iiiiiiiiiiiiihhhh. Tapi berhubung gw kesel banget, gw suka keder berbuat kesalahan gak penting. Gimana kalo ternyata yang jas ijo itu ternyata si atase dan gw salah ngomel? Kekekek, gak penting ya? Eh, penting dong. Mau ditaro di manaaaaa muka iniiii kalo gw salah ngomeeeel... kekekeke..

Selesai kelar sesi salaman itu, ya udah bubaran. Beberapa dari kita masih stay di restoran itu sambil ngadem. AC jadi barang mewah di London yang sekarang pwanasnya minta ampyun ini. Trus M'Dedy cerita kalo duit US$100 itu dikeluarin dari dompet si KSAU, trus dibagiin aja gitu ke anak-anak. Itu duit masi liciiiiiiiiiinn bener deh. Dalam kondisi yang disukai money changer di Jakarta deh. Liciiiin, keluar dari dompet, berlembar-lembar pulaaaa. Ada 15-an orang kali yang dibagi-bagiin duit gitu.

"Buat jajan," gitu kata si KSAU pas ngasi duit.

Jajan? JAJAN? Masaaloh paaaakkkk... Kita gak butuh duit jajan yang diambil dari negara Paaaaakkk.. Mendingan dikumpulin aja, trus dikasi ke korban gempa! Atau dijadiin dana buat bayarin pendidikan anak-anak yang tinggal di kolong jembatan! Masiiii banyaaaaaaak Pak yang lebih butuh dari kita! Buat jajan??!! WTF! Paledut! Tokek! Monyeeeettttttttt....

Hhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh...

Gimana Indonesia mau maju kalo orang-orang berjabatan penting masih berpikiran cetek kayak gitu? Iiiihh!

Itu duit bakal segera gw sumbangin ke korban gempa! Najong gw terima duit kayak gituan. Ih.

8 Comments:

Blogger Unknown said...

kalo gw jadi lo juga pasti gw balikin jek. bener.
serius gw.
eh lo jgn ngeliat gw kayak gitu dong.
eh benerrran.
gw balikin ama amplop2nya

19/7/06 7:24 PM  
Anonymous Anonymous said...

duh, mual deh.....

19/7/06 8:18 PM  
Blogger pippilotta said...

bujug dah. kagak pake amplop, vic. kalo pake amplop, berarti masih ada 'malu'-nya kali yak. lah ini dibagiin gitu aja. begitu ajaaaaa.. duitnya telanjaaanggg gitu..

galih baik deh. masa dia ngasih nama dan foto ksau-nya gitu. plus cuplikan CV pula *terharu* menurut galih, secara CV sih si pak ksau ini cukup 'positif' lah. huhuhu, mengapa dia harus menodai CV-nya dengan begini yaa.. huhuhu..

19/7/06 8:22 PM  
Anonymous Anonymous said...

Busyeeeettt dah itu ksau....!!!????!!!! Udah pasti itu bukan duit pribadi atawa gaji die. Jadi jelas itu duit haram atau komisi yang berbau korupsi. Mana ada anggaran negara buat dibagi-bagi gitu. Gileeee betullll????!!!!

19/7/06 10:19 PM  
Anonymous Anonymous said...

cit, mungkin bapatua ini lagi ketiban rezeki, jadi duitnya bisa aja halal -mungkin loh- tapi yg jadi soal besar bt gw ialah kenapa pula musti ngasih duit? PONGAH itu namanya --> BELAGU dan KURANG KERJAAN! Kalo mo meninggalkan kesan, mbok ya ngasih yang laen gitu, seperti ..Sony Walkman plus USB plus MP3 player dengan kapasitas 1GB.. ya nggak sih, huahuaheu..

20/7/06 12:10 AM  
Anonymous Anonymous said...

coba gue inget2 dulu....gong xi fat choi masih lama kan? kok udah bagi2 angpao? Terus, emang sinterklas ada gitu di UK panas2 gini? Oooo....gue rasa tu bapak ngira mahasiswa Indonesia di Inggris bakal gembira nerima uang 'pembagian' seperti anak2 kecil pas lebaran, gitu...yang gak bakalan tanya duitnya darimana. Lah...kemana aja pak? *geleng2 kepala sambil berharap kepala citta dah gak berasap*

20/7/06 12:37 AM  
Anonymous Anonymous said...

Citra ini rame deh.. disela2 bikin disertasi pasti aku sempetin nengok blog nya.. hukumnya wajib lho.. kapan ke Manchie lagi.. ntar masak2 lagi yuuk..

20/7/06 2:37 AM  
Blogger pippilotta said...

aduuuu ini pasti mas iwan/pak sipri deiii.. baik hati gini nawarin masak-masak di manchie. errrrr.. tepatnya siy kalian yang masak, kita tinggal makaaann.. heuhuehuehue...

anto kurang teladan niiyy *ngadu* abis gak pernah sukses dirikues bawa moonlight cheese cake! huhuhuu..

22/7/06 12:30 AM  

Post a Comment

<< Home