Thursday, July 13, 2006

Berbakti pada Disertasi

Huhuhuhu.. susah ya mau konsen bikin disertasi. Bawaannya mau ngapain yang lain aja. Tiba-tiba nyari kasetnya Jamie Cullum lah. Pengen ngepak koper lah. Pengen masukin buku ke kardus lah. Huhuhuhu. Mana wangsitnya belom ngetok pintu pula..

Hmm, mungkin kalo gw ngoceh soal disertasi, gw jadi semangat ngerjain kali yak. Sekadar membangun suasana gichuw lhow..

Jadi gw mau bikin disertasi soal reality show. Eh, bukan soal reality show-nya deng. Tapi soal media commentaries terhadap reality show. Kenapa gw pilih media commentaries? Soalnya media kan sifatnya otoritatif, meng-hail people untuk setuju sama opini dia gitu. Aparatus ideologi. Tsah. Althusser benerr...

Nah, reality show yang mau gw liat adalah reality show dengan sub-genre terkini, yaitu yang amal. Itu lho, yang 'korban'nya adalah orang miskin, lalu dikasih duit atau naik haji gratis atau apa-apa lainnya gitu. Sebagai contoh, gw ambil Lunas dan Uang Kaget.

Kenapa? Kalo Uang Kaget, karena dia adalah yang paling pertama di sub-genre ini. Sekarang udah masuk taun produksi kedua pula. Hebat kan. Ratingnya juga terhitung paling bagus di antara reality show yang lain. Yang rada 'aneh' juga dari Uang Kaget ini adalah tampilan pertamanya. Coba deh diliat. Helmy Yahya pasti selalu didampingi sama tentara dan pulisi. Idih, ade ape mas.

Lalu kalo Lunas, karena dia rada beda, dengan kehadiran fake debt collectors itu. Ratingnya juga lumayan. Tahun 2005, ratingnya rata-rata 3, sementara rating rata-rata di tahun 2006 adalah 2. Mayan lah buat reality show. Sekarang siy udah abis produksinya Lunas, tapi ya gapapa toohh..

Untuk urusan rating, tiada lain tiada bukan, saya berterima kasih kepada Leli, teman terkasih dari kuliah sampe sekarang, yang memberikan data rating AC Nielsen buat gw. Daaan tentunya buat Victor dan Mas F yang memberikan rekaman kedua program itu dwongs.. Ah, apa jadinya akyu tanpa kaliyan...

Kesamaan dari kedua program itu adalah ada tokoh 'pemberi'-nya. Di Uang Kaget ada Helmy Yahya yang pake baju pesulap dan topi tinggi. Kalo di Lunas, ada si gadis baik hati yang pake baju putih-putih semua. Keduanya kan cukup distinctive, kalo dibandingin sama si orang miskin yang bajunya sekadarnya doang.

Lalu apa yang pengen gw liat? Gw pengen liat gimana penggambaran si orang miskin itu dalam reality show tersebut. Kan ada relasi kelas juga tuh, yang diwakili oleh si orang miskin dan tokoh pemberi. Gw suka gondok kalo liat tampilannya Helmy Yahya di situ. Arogan betullll.. apalagi pas si orang miskinnya lagi nangis-nangis abis dapet duit. Huhuhuhu, gak enak bener dah ngeliatnya.

Nah, kan gw pake media commentaries tuh, gw ambil dari Kompas dan Republika. Sengaja gw ambil dua, biar bisa gw bandingin. Kompas itu punya tulisan banyaaaak bener soal reality show. Dan kebanyakan isinya negatif, hahaha. Nyela-nyela reality show melulu dah. Sementara Republika, abu-abu gitu sikapnya. Ngritik reality show siy, tapi agak setuju juga kadang-kadang. Apalagi pas charity reality show, wah doi mah oke-oke aja. Di salah satu tulisan Republika tentang sinetron religius yang kabrut-kabrut itu, eh dia mah setuju wae. Padahal kan itu sinetron kabrut abis. Kembali ke charity reality show, Kompas menganggap ini adalah eksploitasi terhadap orang miskin, sementara Republika tidak beranggapan demikian. Nah, asik toh kalo gitu...

Sebenernya siy gw udah tau apa yang mau gw tulis. Tapi kok rasanya suka macet aja. Outline siy udah ada. Udah di-oke-in pula sama Mark Hobart. Tapi kok ya rasanya suka gengges. Mandek aja tiba-tiba. Wangsit belum kunjung datang pula. Yang ada malah wangsit update blog, huhuhuhu..

Baca bahannya juga gak males siiiyy, meski suka dilanda kantuk mendadak pas baca bahan yang susah dan njelimet. Huhuhuhu, gw masiiiy mandek aja di kata ke-800, padahal disertasi gw itu mesti approaching 10,000 words. Ah tenang-tenang, gw gak stres kok. Sumpah. Cuma suka keder aja kalo mesti baca yang berat-berat, hiehiehiehi. Huhuhuhu, tapi gw harus membulatkan tekad, karena mau gak mau gw mesti bergumul lagi sama Bakhtin, Barthes, Baudrillard (kenapa mereka semua diawali huruf B ya?), Foucault, Althusser dan teman-temannya yang kejam lainnya.. Tolooonggg...

Tapi meski wangsit belum kunjung datang, gw bolehlah cukup berbahagia karena gw masih jatuh cinta sama tema disertasi ini. Coba itu pas jaman gw skripsi. Yaolooh, gw sampe bosyyeeeennn bacain Gaya Nusantara, meski tetap jatuh cinta pada gay studies yak.. Untunglah sekarang gw belum bosen sama reality TV.

Television is a fascinating topic. Eh salah. Fascinating a topic, meniru pola grammar-nya Nadine Chandrawinata, hiehiehiehihei... Si Mbak itu lucu banget. Humoris, kalo kata Citta, hihihi..

Ah udah ah. Mari yuk kita ngetik disertasi lagi. Masa update blog melulu..

0 Comments:

Post a Comment

<< Home