Friday, September 08, 2006

Final Draft

Sebentar lagi gw dengan gagah berani masukin file-file disertasi gw ke folder baru berjudul Final Draft. Iiih mantep. Berarti itu udah kumplit dengan spasi ganda, font Book Antiqua 12, rata kiri, judul di tengah, pokoknya cakep deh.



Final draft gw kelak gak bakalan ditengok dulu sama supervisor gw, Mark Hobart, sebelum disetor. Ihik, begitulah. Jadi gw sejatinya gatau apakah maha karya gw ini bener, ngawur, atau siwer. Tebak-tebak buah manggis aja deh. Gw cuma berupaya teguh beriman sama outline yang udah gw serahin sebelumnya, plus dengan cermat dan hati-hati mengikuti komentar yang dikasih Mark terhadap outline gw itu. Semoga lancar kalo begitu caranya.

Metoda begini beda sama yang lain. Arryati misalnya, dia ngasih final draft dia dulu ke dosennya, beberapa hari sebelum dikumpulin. Atau Citta yang dulu pas bikin disertasi rajin konsultasi dan suka diubah sana sini sama supervisor-nya. Rini dulu juga gitu kalo gak salah. Ada jeda seminggu antara first draft sama final draft. Gw suka berasa diabaikan kalo ngebandingin sama metoda yang lain. Belum lagi cemas, ini sebenernya yang gw kerjain itu bener atau salah yaaa. Cemasnya itu lebih besar ketimbang berasa gak diabaikan siiyy..

Mungkin metoda yang diberlakukan SOAS itu karena supervisor gw sekaligus penguji. Ntar tuh disertasi gw diponten sama dua orang, Mark dan satu orang lagi, entah siapa. Nah mungkin karena pertimbangan itu maka supervisor gak boleh liat final draft? Muksiin..

Ah sebodo teuing deh. Gw lama-lama jadi apal sama isi disertasi gw. Karena bulak-balik gw baca, jadinya gw gak bisa kritis sendiri sama tulisan gw. Ini sebenernya antar kalimat nyambung gak sih? Antar paragraf nyambung gak sih? Huhuhuhu. Entahlah. Gw udah gak bisa mikir lagi. Kelamaan gw pandangin juga gak akan membuat disertasi gw lebih baik. Jadi mendingan gw segera beresin teknis dan penampilannya aja biar bisa segera gw jilid dan serahin.

Hoiya. Akhirnya gw akan pilih ring binding. Hidup Mark!

A simple ring binding, or even just a plastic hinge to hold the sheets in place is enough. Just check in the faculty office and they will show you. Easy.

Nah mantep. Situ tau aja gw cari binding yang murahan! Keikeiekeiek.

Jadi sodara-sodara, disertasi gw diserahin hari Senin ya. Sekaligus memperingati lima tahun 9/11 dan ulangtaun kakak gw.

Mantep.

4 Comments:

Anonymous Anonymous said...

jangan lupa bikin backup... sumpah, ngga lucu banget kalo elu mesti ketik ulang tuh desertasi. kirim sbg attachment ke email elu sendiri. taro di usb. pokoknya semua dah... biasanya di hari-hari terakhir suka banyak setan jail bouw...

hiii, gue 30 bouw senin. haaaa, i hit the number 3... kacau nih, gelambir tambah banyak, setiap malam mesti pake krim malam, kalo begadang dikit aja berasa lemes banget besoknya... gawat, sudah mulai uzur nih gue

8/9/06 12:29 PM  
Anonymous Anonymous said...

YA OLOH..30 udah panix...gimana gw yak?? glambir?? nah, itu boleh cemas..secara belom ngeluarin cucu keponakan geto (hihihi...ditanyain tuh ama...you know who lah)...
btw buwat adek...ucapan kami-kami para sesepuh hanyalah "alhamdulillah"...dan "bismillah"...
kutunggu kehadiranmu di jakarta yang semakin semrawut (SUMPAH!), nak...ta2h

8/9/06 2:48 PM  
Blogger pippilotta said...

lalu kenapa gw yang masih kepala 2 tapi gelambirnya udah banyak aja? humm.. misterieuse..

kalo kata jege, itu perkara pilihan motif. mau pilih motif kotak-kotak atau bulet. gw pilih motif paisley boleh gak? kiekeiekieke..

8/9/06 3:46 PM  
Anonymous Anonymous said...

Alhamdulilah, akhirnya selesai juga.......

Pa2h

10/9/06 5:09 AM  

Post a Comment

<< Home