Thursday, September 07, 2006

Mengintip Pembaca Blog

Tau sitemeter di blog ini gak? Itu tuh, yang ada di bawah shoutbox, yang iconnya kotak warna-warni. Nah itu tuh sitemeter. Gw menemukan sitemeter entah dari blog siapa yang waktu itu gw kunjungi. Terus setelah gw selidiki, kayaknya mantep nih buat naro sitemeter ini di blog.



Ah bener aja. Punya sitemeter di blog gw tuh bikin dagdigdug. Soalnya dengan mengklik sitemeter itu, maka gw tau profil siapa aja yang masuk ke blog gw. Gw bisa tau IP address-nya, bisa tau dia dari negara mana, bisa tau spesifikasi komputer tempat dia mengakses komputer gw, dan tentunya tau berapa lama dia mampir blog gw. Widiihh, mantep tuh buat berasa gr!

Dan biasanya kalo gw lagi berasa postingan gw asik *kiekeiekieke* gw sering-sering ngecek sitemeter gw. Pengen tau aja, apakah ke-gr-an gw beralasan atau enggak. Gw gak mencatat juga sih sebenernya ke-gr-an itu terbukti atau enggak. Tapi yang jelas, asik banget bisa ngeliat siapa aja yang ngebuka blog gw. Meskipun gw gatau orangnya, tapi kalo bisa nebak itu asik.

Misalnya gini. 195.228.51.# tuh IP-nya Tika dan Ucup di Budapest. 195 itu mestinya kode negara. Trus menemukan bahwa Tika melongok blog gw selama 36 menit kan bikin gw bahagia. Merasa berarti gitu lhoooo. Kalo yang ngelongok blog gw dari Jakarta, biasanya berkode telkomnet biasa. Itu bisa dari rumah gw atau ya dari tempat-tempat lain yang gak gw ketahui. Gak bisa nebak lahhayy.. pigimana juga caranya.

Kalo dnet.net.id tuh tante gw, kalo york.ac.uk tuh Erwin atau Elizar, sementara kalo mdx.ac.uk itu berarti Sly lagi ada di kampus siang-siang, niatnya mau belajar buat disertasi tapi malah buka blog gw, keikeiekeiek.. Kalo qmul.ac.uk itu Citta, manchester.ac.uk itu palingan Anto dan kalo bozz.com itu pasti Victor. Tuuh kan gw mengenali pembaca-pembaca gw dengan baik..

Kalo IP-nya planet.nl, itu tuh kan berarti dari Belanda.. nah itu pasti Astrid detik tuh. Iiih seneng rasanya kalo ada orang di luar Inggris, di luar sasaran promosi blog gw, trus mampir ke blog gw dan berlama-lama membaca tulisan gw. Hmmmhmhm... serseran! Atau kalo ada yang dari Swiss, maka itu berarti Mbak Pipit, gw dulu kenalannya lewat shoutbox doang karena dia posting tentang reality show.

Yang paling bikin degdegan tuh kalo ada IP yang gak gw kenali. Trus gw gak bisa nebak gitu. Misalnya dur.ac.uk, nah itu pasti tuh Durham. Duh, siapa yang gw kenal di Durham yak? Perasaan gw belum pernah main ke sana, trus gatau siapa pula yang di sana. Mana si misteriuse dari Durham ini suka lama-lama di blog gw pula. Iiih kan bikin gr! Huhuhuhu.. Yang misteriuse juga adalah blueyonder.co.uk, karena ini kan provider swasta gitu lho. Jadi bisa siapa aja. Gak bisa gw tebak dari universitasnya. Atau ini juga, freedom2surf.net. Huhuhuu akyu penasaraaaann.. Ayo dong ngaku.. siapa siy kamu..

Nah kalo yang IP address-nya 82.111.242.# mah gak heran kalo selalu berlama-lama di blog gw. Lah wong itu IP address gw.. kiekeiekie.. wajar dong naksir sama tulisan sendiri, hahahaha..

Itu baru keasikan mengetahui siapa yang ngebuka blog gw yak. Lebih seru lagi kalo ngebaca bagian "Referring URL". Ini khususnya bagi mereka yang baru mampir di blog gw. Gw pernah nemu orang yang referral-nya itu google, dan si X itu mengetikkan nama gw. Aih aih, kamu siapaaa.. pengen kenalan yaaa.. huhuhu, ngaku aja deeii, akyu anaknya baik kookk..

Atau ada juga keyword-keyword (alias keywords, ih gak penting) ajaib yang membawa seseorang ke blog gw. Kayak si 86.142.182 nih. Dia pasti di London, karena emang ada tulisannya juga kalo dari London, kekekeke. Trus masa dia nyangkut ke blog gw karena dia ngegoogle dengan kata kunci 'foto seronok'! Masyaampyuuuunn.. masa sih ada postingan gw dengan frase 'foto seronok'?? Ckckckckck.. Atau ada juga yang nyangkut ke blog gw dengan keyword 'kerokan di bahu'.. kikikik.. jadi maluuuu.. hiehiehiehieihi..

Bulan Mei lalu gw juga pernah menemukan ada orang yang nyangsang di blog gw dengan keyword 'yoga' atau apa gitu. Pokoknya terkait yoga. Ih gw gr dong. Eh bener aja. Abis itu gw dapet email dari mbak Inne, yang tentunya gw gak kenal, dan dia sekadar menyampaikan bahwa dia baca tulisan gw. Begini bunyi imelnya:

"Dan aku baca cerita tentang latihan yoga kamu itu.., dan alhasil aku ketawa ngakak....thanks banget...tulisan kamu udah buat aku yang lagi stress di kantor jadi seger lagi....(Lucu aja tulisannya., kayaknya kamu berbakat untuk jadi penulis cerita komedi deh....kayak cerita LUPUS)."

Tuuhh kaaann.. akyu menangis terharu niiiiyyy.. huhuhuhu..

9 Comments:

Blogger Sri Kusmiati said...

iya deh gw ngaku. gw juga suka ngintip...hiks.btw..gambar sidemeternya kagak keliatan jelas cit..

7/9/06 7:55 AM  
Anonymous Anonymous said...

asikkk..ketauan kalo suka ngintipin blogs favorit gw.... ta2h-dnet

7/9/06 5:17 PM  
Blogger Astrid said...

wahahaha...kalo gue nggak muncul di shoutbox, lo juga penasaran nggak, dapet penggemar dr belanda? kikiki...=)

7/9/06 6:13 PM  
Blogger Unknown said...

cit, setelah tahap mengenali audiens, lo masuk ke tahapan membina audiens. kirim imel pemberitahuan kalo misalnya ada tulisan baru. atau mulai dengan ngasi hadiah2 buat pembaca yang paling sering mampir.

dijamin nasabah lo makin banyak kekekekkkkk

11/9/06 8:53 AM  
Anonymous Anonymous said...

eh..kenalan dulu...gw doyan baca blog elu...karena lucu isinya, jadi hiburan dikala bete :)

eva (temennya tonyhotland dan nita68h)

11/9/06 10:53 AM  
Blogger pippilotta said...

hai eva. kamu pasti temennya nita yang ditemui nita di jerman kan! hayo ngaku! *apa sih cit* aduuuuuuu senangnya blog gw bisa jadi hiburan. nanti dapet mangkok cantik ya!

11/9/06 11:31 PM  
Anonymous Anonymous said...

yep betul, aku ketemuan ama nita di berlin :) baca blog elu tyt lu ke jerman jg ya pas itu? sayang gak ketemu jadi gak bisa kenalan langsung :P

eva

12/9/06 7:02 AM  
Blogger pippilotta said...

wooiya ya elu kan tinggal di denmark ya! karena itulah ada yang *.dk, keikeiekie.. hore hore.. happy reading yak!

12/9/06 7:53 AM  
Blogger ikram said...

saya yang melsa.net.id

31/10/06 6:45 AM  

Post a Comment

<< Home