Thursday, January 19, 2006

Potong Rambut

Setelah 4 bulan kurang 2 hari ada di London, hari ini adalah kali pertama gw potong rambut di London. Tadinya agak-agak males potong rambut, karena m a h a l. Ada sih yang murah, di Angel, £5-6 gitu. Lalu Rini menyarankan untuk di salon dia aja, deket asramanya. Dia sibuk promosi sambil memamerkan potongan rambunya yang baru ke gw dan M'Eni.

"Berapa, Rin?"
"25."
"Emoh!"

Oke, lalu gw menemukan tempat potong rambut di Tottenham Court Road. Deket kampus dong, tinggal jalan kaki. Deket tempat belanja pula, dudududu. Harganya £6, tapi nama salonnya bikin ilfil : Mr Toppers. Iyyyaaa deeeehhh...

Akhirnya kita berpaling ke sebuah salon kecil, entah lah apa namanya. Yang penting adalah plangnya : For student £7.5. Nah itu dia yang penting. Oke, tadi abis kuliah gw dan Mbak Eni ke sana. Ternyata salon tutup jam 6 sore, dan kita nyampe jam 04.30, cocok dong.



Salon itu di mana-mana sama juga. Dipenuhi foto-foto gambar model rambut. Dan foto-foto itu familiar banget sama gw, kayaknya pernah gw liat lah di salon di Jakarta. Hihihi, jangan-jangan ini foto bertaraf internasional, kekekek...

Mbak Eni menunjuk salah satu foto di ruangan salon itu sebagai bentuk rambutnya yang baru. Tadi sih dia minta di-rasta gitu rambutnya, berhubung gw tinggal beli teh botol maka gw gatau hasil akhirnya kayak gimana... kekekek..

Lalu giliran gw yang dipotong rambutnya. Ih mbak-mbak salonnya kasar bener dah. Nyisirnya grak grok grak grok gitu, huhuhuhu. Mana di tengkuk gw lagi nangkring jerawat gitu, jadi kan gw ngilu gitu rasanya. Dia motong rambut sambil sibuk cerewet
nanya kita tinggal di mana, udah di London berapa lama, kuliah di mana, bla bla bla. Mumpung dia cerewet, ya kita tanya-tanya balik aja.

Ternyata tuh ya harga £7.5 itu hanya buat potong rambut doang. Tok til. Kalo pake cuci rambut dan ngeringin, tambah lagi. Kayak M'Eni, dia akhirnya bayar £14 karena ditambah cuci dan ngeringin. Sementara gw tentu saja bertahan di £7.5 dooongs. Kalo pelanggan non-pelajar, bayar potong rambut itu £10, kalo pake cuci dan keringin berarti jadi £22. Huhuhu, mahal ya boo.. coba itu dikurs, huhuhuhu...

Oke, lalu si mbak-mbak itu terus mengkaryakan rambut gw. Yah rambut gw mah ya modelnya begitu-begitu aja, gak akan nendyang juga gitu. Pekaranya cuma lebih pendek atau sedikit lebih panjang aja, hihihi. Pas di potongan terakhir, gw sebenernya berasa agak gantung, karena kok muka gw jadi keliatan bulet banget gitu dengan potongan rambut ini. Lalu si mbak itu menjelaskan bahwa ini adalah potongan rambut wedge-bob. Yea, whatever that means deh, gw sih oke-oke aja. Gak persoalan lah. Yang bikin gondok cuma petuah terakhirnya si mbak itu aja. Bahwa dengan potongan wedge-bob ini maka rambut gw dijamin berantakan dua bulan dari sekarang. Yang artinya, mesti potong rambut lagi. Huhuhuhu, gak bisa ya bertahan sampe September aja gitu? Biar hemaatttt gitu kali...

Ah, sutralah. Tengok kiri kanan, ngaca-ngaca dikit, done.

Begitu keluar salon, gw memberi sugesti pada diri sendiri bahwa rambut baru gw ini baik-baik aja. Oke, ini membuat gw tampak lebih bulet, menonjolkan pipi gw yang tembem, lalu kok tetep melenting kiri kanan gitu rambutnya... gapapa... yang penting rambut udah gak kayak singa. Baru berapa langkah keluar dari salon, komentarnya M'Eni mematahkan semangat banget dah. "Potongan rambut lu terlalu manis." Muonyong!

Hal lain yang bikin patah hati dari sesi potong rambut kali ini adalah rendahnya inisiatif Suhaeni Kudus untuk motret gw! Huhuhuhu, padahal kan gw bawa kameraaaaa.. hhh susah deh ngarepin model candid andelan gw itu untuk sekali-kali aktif memotret tanpa diminta...


Eh gw baru ngeh. Kan gw potong rambut tanggal 19 nih ya, berarti tepat empat bulan setelah gw potong rambut terakhir. Di Jakarta, Brown Salon-nya Rudy Hadisuwarno, seberang Tip Top Rawamangun. Abis itu ambil tiket ke British Council, abis itu ke Mc Cafe Sarinah, abis itu beli nomer baru Mentari, abis itu pulang dan nerusin ngepak koper terakhir kalinya, abis itu.. dududuu... hmmmhhh...

1 Comments:

Anonymous Anonymous said...

gue baru itung di kalkulator, ekivalen 7.5pon itu berapa. Ih, najis.
NinaRicci Rawamangun 25ribu. Salon bandung (lupa namanya) 20ribu. Hasil juga tetep kok. Pipi tembem. He..he.. -ta2h

20/1/06 3:33 PM  

Post a Comment

<< Home