Wednesday, January 18, 2006

Preparing York

Handai taulan, sahabat-sahabat terkasih sekalian, pertengahan Februari besok gw mau ke York! Cihuuyy.. ada Jorvik Viking Festival 2006. Haduh cihuy banget gak tuh?

Untungnya, di York ada kawan Erwin dan Elizar yang tentu siap menampung kami. Lalu kalo kita mampir ke Leeds, maka akan ada Doan. Ah, itung-itung ini kunjungan balasan setelah mereka bertiga bertandang ke London pas taun baru kemarin.

Viking Festival itu tanggal 16-20 Februari di York, tapi tentunya kita gak perlu dateng setiap hari toh ke sana.. yang penting adalah cari latar belakang foto yang berbeda, masa London melulu. Hihihihi. Waktu yang kita tentukan untuk berkunjung adalah berangkat Jumat (17/2) dan pulang Minggu (19/2) karena Senin udah masuk kuliah lagi setelah reading week.

Setelah woro-woro ke warga Yorkshire itu akan kedatangan kami, maka langkah berikutnya adalah memastikan sarana transportasi ke sana.

Bus
Yang pertama dicek adalah Megabus, karena tawaran tiketnya paling murah. Ada juga sih bus National Express tapi tiketnya lebih mahal (kecuali yang funfares). Sebenernya sih kalo ada tiket bangbus mungkin bisa lebih murah, kekekekek (hush). Nah, setelah dicek ke Megabus, ternyata bus hanya sampai di Leeds saja. Kalau memesan dari jauh-jauh hari (lebih dari sebulan sebelum tanggal keberangkatan) bisa dapet harga tiket bus London-Leeds seharga £1 saja. Gila kan? Nah, minggu ini, yang artinya sebulan sebelum berangkat, maka harga tiket £3. Teteup, murah.

Dari Leeds ke York itu mesti naik kereta. Naik sepur, kalo kata Erwin. Kereta Leeds-York itu harganya £5-6. Walah, mahalan harga tiket kereta-nya gitu daripada bus London-Leeds, huhuhuhu. Dan ternyata harga sepur alias kereta itu pun setelah didiskon bagi pengguna Young Person Railcard. Huhuhu, gw kan gak punya kartu itu. Tadinya sempet pengen ngurus sih, £20 untuk setahun, bisa dapet diskon 30 persen untuk berbagai pembelian tiket kereta, termasuk ke luar kota. Naahh, dengan gw tiada berpunya Young Person Railcard itu, berarti tarohlah harga kereta Leds-York itu sekitar £10, karena kan tanpa diskon.

Wah jadinya teteup mahal toh. Kalau ditotal berarti dari London-Leeds adalah £3 + £10 = £13, huhuhuhu, mahal! Untungnya cetingan sama Erwin membawa pencerahan. Mari kita ke moda berikutnya.

Kereta
Erwin langsung meminta gw membuka situs National Rail. Dia menemukan tiket kereta London-York(one way) seharga £9.5 Waduh, keren tuh! Apalagi ini langsung nyampe York dan gak usah mikir pake kereta alias sepur itu. Horeee. Tapi jam-nya ya terbatas, cuma berangkat jam 21, nyampe di York jam 23. Ah, gapapa lah.

Oke, langkah kedua, setelah memastikan pada rombongan Citta dan M'Eni tentang naik kereta ini adalah memesan tiket. Oke, step by step kita ikuti. Kereta yang akan dipilih adalah GNER Advance 1, berangkat dari Kings Cross, nyampe di York jam 23. Udah janjian juga sama Erwin untuk menyambut kedatangan kami. Setelah menempuh enam langkah pemesanan, sampailah di tahap terakhir: pembayaran.

Nah, ternyata, alakazam : tiket hanya bisa dibayar dengan kartu kredit. Muonyong! Gw kan cuma punya kartu debit Solo dari HSBC! Huhuhuhu, gak mempan deeehh.. Gw cek ke Mbak Eni dan Citta, tidak ada yang punya kartu kredit pula. Walah, siyal dah. Udah menempuh 6 langkah, ternyata harus keok di langkah terakhir. Huhuhuhuhu.

Hoke, berarti tiket mesti dibeli dengan cara tradisional, bayar kontan. Tadi pagi, berhubung kelas dibatalin, gw menuju ke stasiun Kings Cross Thameslink. Sebenernya sih bisa aja ke Kings Cross yang gedean, tapi males, karena pasti lebih ribet dan orangnya lebih banyak. Kalo Kings Cross Thameslink itu tuh cenderung sepi, jadi kan bisa cuek aja berlama-lama di loket dan nanya-nanya sama petugas karcis.

Oke, tadi gw mampir ke stasiun. Beli tiket. Oke, sip, lancar. GNER Advance 1, tujuan York. Dapet di Coach E, seat 64-65-66A. Sip.

Setelah itu gw nanya lagi ke petugasnya, apakah ada tiket kereta York-London, antara jam 12 siang sampai 6 sore, untuk hari Minggu tanggal 19 Februari. Dia dengan sabarnya mencari dan menelaah satu demi satu. Idih gile, top banget. Sabar bener. Gw ngebayangin, kalo ini di Jakarta, pasti si petugas udah gak sabaran banget, huhuhuhu. Tapi petugas loket gw ini baik bener, sungguh deh.

Seperti sudah diduga, gak ada yang murah untuk hari Minggu jam segitu. Paling murah itu £15, huhuhu, gak seru. Teteup aja mahal. Kembali gw melirik Megabus, dan tiket Leeds-London dijual dengan harga £5 saja. Ah, kayaknya pulang naik bus aja kali ya.

Malam ini, gw akan pesen Megabus untuk rute Leeds-London. Soalnya ada dua waktu pulang yang harus didiskusikan dulu bersama Citta dan M'Enny. Tenang aja, Megabus bisa bayar online pake kartu Solo, fiuh, lega.

2 Comments:

Anonymous Anonymous said...

kalo ga salah sih ya, yang benar menurut buku merah kbbi adalah "bus", bukan "bis". perkara gimana kita ngucapinnya mah terserah. gimana?

19/1/06 1:37 AM  
Blogger pippilotta said...

hoooo, bus ya? oke deh diganti. jangan sampai js badudu mayah..

19/1/06 6:13 PM  

Post a Comment

<< Home