Saturday, March 25, 2006

This is Anfield!

Sodara-sodara, tadi pagi gw bangun jam 4 pagi demi ke Liverpool! Pertama, udah kayak sahur ajah. Kedua, ke Liverpool lagi??

Jam 4 pagi Boer nelfon gw dengan ceria. Dia udah siap sedia berangkat dari hotelnya, yang di sebelah rumah gw ini, untuk ke Euston Station. Huhuhu, gw baru melek, trus langsung buru-buru bergegas dong. Apa seh, buru-buru bergegas.. pengulangan banget gak seh.. Eh, lanjut dwongs. Bangun, cuci muka, sikat gigi, siap-siap ransel, ke dapur manasin sarapan, bikin teh panas buat sangu, masukin apel ke dalam ransel, okeh siap. Gw jemput Boer dulu ke kamar gw karena dia mau naro koper.

Eh sebenernya mau ngapain sih ke Liverpool? Jadi ceritanya tuh ada pertandingan Liverpool vs Everton. Ini sejatinya adalah pertandingan yang seru karena dua klub ini musuh bebuyutan dan ada di satu kota, sama-sama di Liverpool. Liverpool berwarna merah dan Everton berwarna biru. Lalu apakah ini berarti gw suka bola? Ya enggak laaahhh... dikira gila apa gw? Gw sih penggembira aja bagi perjalanan kerja Boer, hihihi..



Jam 5 kurang, kita udah di halte bus depan rumah. Fiuh. Gile aja, niat banget siy bow. Gak berapa lama, bis yang akan membawa kita ke Euston pun sampai. Jeng jeng jeng, nyampe deh di Euston. Kita segera mencari platform untuk Virgin Trains yang akan membawa kita ke Liverpool. Kereta berangkat jam 05.31 dan sampai di Liverpool Lime Street Station jam 09.32. Sip, tidur lagi neh di kereta!

Sepanjang perjalanan, gak terlalu sukses sih tidur. Juga gak terlalu sukses belajar, seperti yang gw harapkan, hihihi. Yang ada cuma tidur-tidur ayam gitu sembari berharap supaya esok lusa pemerintah Inggris bikin kereta yang kursinya bisa direbahin, huhuhuhu...

Hokeh, kita sampai juga di Liverpool! Berhubung masih rada pagi, jadinya masih sempet ngapa-ngapain dulu. Jadilah kita bergegas ke Mathew Street untuk menjumpai Cavern Pub/Club, tempat The Beatles manggung ratusan kali di sana. Demi kawan Boer dong, masa udah berhasil menjejakkan kaki di tanah kelahiran The Beatles trus melewatkan momen emas begitu saja?



Setelah mampir di dua toko yang mengklaim sebagai original store-nya The Beatles, gw dan Boer berlari-larian menuju Queen Street Square. Di situ kita akan menunggu bis yang akan membawa kita ke Sandhills Station.

Sebelumnya, gw sempet nanya sama petugas di tempat informasi bis. Dia menyarankan untuk naik bis nomor 17 ke Anfield. tapi gw ngotot mau ke Sandhills dulu, soalnya dari sana ada soccer bus yang akan membawa kita ke Anfield. Nah dia heran dah. Soalnya Anfield dan Sandhills ini tuh letaknya berseberangan, satu di kiri, satu di kanan. Karena itu dia heran, ngapain gw mesti jauh-jauh ke kiri untuk ke kana. Eh paham gak sih maksud gw? Kekekekke.. yaaa pokoknya gitu deh!

Berhubung determinasi kita tinggi dalam menemukan Sandhills, kita ngotot cari tau bis mana yang ke sana. Oke, akhirnya nemu juga setelah tanya-tanya pak pulisi. Naik bis nomor 52 atau 53 dari bus stop nomor 11, berhenti di Stanley Street. Hokeh, mari kita laksanakan. Setelah kliwatan satu stopan, akhirnya kita menemukan jalan ke Sandhills Station ini. Selain dengan bis, tentu saja juga bisa naik kereta ke Sandhills, tapi pastinya dong kita cari jalan yang agak ribet dikit, kikikikik...



Begitu kita sampai di Sandhills, kita bertatapan lah dengan si soccer bus. Soccer bus ini beroperasi dua jam sebelum kick-off alias pertandingan mulai, bayarnya cuma 1 pounds sajah. Tampilan bus-nya sih gak menarik karena berwarna abu-abu, ih plain banget deh. Tapi mungkin gak berani pake warna tertentu kali yak, soalnya ntar dikira memberi dukungan pada satu klub tertentu, nah ini kan repot.

Soccer bus ini bekerja untuk melayani transportasi menuju tiga stadion di Liverpool, yang pasti salah duanya adalah stadionnya Liverpool dan Everton. Niat semula sih Boer udah mau bikin promo tivi sejak dari dalam soccer bus, tapi ternyata gagal karena isi bus tidak padat dan sesak seperti yang diharapkan. Oke, kita kubur dalam-dalam saja keinginan itu. Cukup nikmati saja perjalanan ini.. hihihi..



Dweng dwong, bus pun berhenti. Lah, tapi mana stadionnya? Ooo ternyata kita mesti jalan dikit dulu. Kita lewat ke satu jalan kecil yang terletak di belakang stadion Anfield, banyak rumah penduduk di sana. Daearah perumahan gitu lhow. Satu ciri khas yang gw tandain banget adalah karena jendela udah pada ditutup dengan tripleks atau dibiarin bolong dengan bekas pecahan kaca masih nempel di pinggiran jendela. Wekekekke, emang dah ini kelakuan para suporter! Sangar-sangar bener sih abis nonton bola. Kan kasian itu yang tinggal di deket stadion, tingkat stres mereka pasti melonjak setiap kali match day, huhuhuhu...

Setelah berjalan-jalan, gw dan Boer menemukan pintu masuk ke Anfield ini. Poto-poto, itu sudah pasti. Boer mulai bekerja dan menggarap promo tivi buat Liga Inggris di kantornya. Makin rame bow dan semua orang pada pake kaos merah semua. Aura merahnya Liverpool udah berasa banget dari tengah kota alias City Center-nya Liverpool. Meraaaahhh semua pisan. Di megastorenya LFC juga penuh abis dengan orang yang belanja pritil-pritil, kayaknya sih buat bekal menonton pertandingan yak.



Kembali ke Anfield, emangnya gw dan Boer punya tiket gitu buat nonton? Ya enggak laaahh... Tadinya sih emang Boer sempet berharap dapet ID untuk nonton bola di Liverpool, tapi ternyata gak kesampean. Tapi kenapa kita tetep ke Liverpool? Kikikik.. gile ya bow, militan betul bagi Boer untuk dateng ke Anfield tanpa bisa nonton di dalam stadionnya, sementara itu lebih militan lagi buat gw yang gak doyan-demen-tau-ngerti bola untuk mengarahkan kaki ke Anfield, hihihihi...

Jam 12.45, pertandingan mulai. Pulisi-pulisi berseragam kuning dan oranye mulai bersiaga nutup-nutupin gerbang menuju ke dalam Anfield. Pemeriksaan tiket rada ketat juga, trus kita sempet ngeliat orang dikeluarin dari stadion di menit-menit awal karena dia bawa handycam. Walhasil Boer jadi rada parno dong kalo ngeluarin handycam, kalo tiba-tiba diambil ya kan modar wae.



Nah, pertandingan mulai, suara-suara riuh mulai terdengar dari dalam stadion. Kami segera mencari pub terdekat untuk nonton bola. Inceran gw sih nyari tempat anget dan tempat duduk doang, kalo Boer kan emang pengen nonton bola, hihihihi.. Akhirnya nemu sebuah pub dan di situlah kita nonton bola. Dari tiga gol yang dihasilkan Liverpool, gak ada satu pun yang sukses diliat langsung sama Boer. Untuk gol pertama dan kedua, Boer lagi meleng, sementara untuk gol ketiga, Boer lagi nempelin double tape di bendera tipi yang dia bawa. Maklum, namanya juga on duty, hahaha...



Okeh, lima menit sebelum pertandingan usai, gw dan Boer udah meninggalkan pub. Kita kembali ke stadion untuk mencoba mencari peruntungan bentuk promo Liga Inggris yang lain. Secara Anfield itu gede gitu lho, maka pintu keluar/masuknya pun banyak bener. Nah, ini gak baik untuk kepentingan gambar televisi yang diinginkan Boer. Jadilah kita memutuskan untuk kembali ke jalan kecil yang jendela rumahnya udah pada butut semua itu.

Pas jalan-jalan ke belakang itulah, kita baru menyadari bahwa pintu stadion udah dibuka bagi penonton yang mau keluar dan gak ada pulisi yang jaga. Gw dan Boer segera berlari menuju pintu menuju Anfield itu.

Dweng dweeeennggg... we're inside Anfield!



Boer langsung sumringah bahagia gitu karena dia itu penggemar Liverpool. Kalo gw jelas girang, karena bisa masuk stadion tanpa mengeluarkan sepeser pun, kikikikik... Di dalem kita pas lagi di tengah suasana riuh rendah Liverpool yang menang atas Everton, lagi nyanyi-nyanyi lagu mereka lah. You'll never walk alone. Idih, untungnya gw ke situ bareng Boer yang doyan bola, kalo enggak mah nyanyian para suporter itu gak ada artinya buat gw, hahahaha...

Eh tapi asik juga ada di dalam stadion. Tsaaahhh.. Megah gitu lhow bow. Apalagi persis saat gw masuk itu pas para suporternya nyanyi-nyanyi gitu. Jadi berdesir gitu lho rasanya denger ada ribuan orang sama-sama nyanyi demi kemenangan Liverpool.. tsaaahhh...



Di dalam Anfield, gw dan Boer puas-puasin foto berbagai gaya. Mumpung di dalem gitu lhow bow, kapan lagiiiii? Besok-besok kan kalo mau masuk ke stadion itu mesti bayar tur stadion atau ya bayar tiket nonton bola. Wayah, daripada buat nonton bola, gw mah mendingan beli kartu super asia banyak-banyak biar bisa nelfon sampe nungging. Eh ya gak perlu nungging juga sih nelfonnya, cukup duduk manis aja.



Yang jelas siiyy, seberapa pun gw gak demen sama bola, berada di tengah keriuhan stadion itu pengalaman yang syedep benerrrr... gratisnya itu bow gak nahan! Kikikikik...

2 Comments:

Anonymous Anonymous said...

citra....untung gak ke gep pak pulisi, kalo ampe ketangkep terus dilaporin fco....bisa dikirim pulang...kekekekk.....eniwei, kok loe bisa2nya tau dari 3 gol gak ada satupun yg diliat temen loe itu? berarti....berarti...katanya gak doyan bola....

26/3/06 4:08 PM  
Anonymous Anonymous said...

hehehe posenya citra di "world capital of rock" itu sungguh luar biasa, ya gak sih?

31/3/06 12:34 PM  

Post a Comment

<< Home