Thursday, May 11, 2006

Akhirnya...



Selembar kertas inilah hasil dari kerja keras gw selama berminggu-minggu yang lalu. Secarik kertas bernomor 52 yang harus gw serahkan kembali kepada Kedutaan Besar Jerman untuk gw tukar dengan visa.. Ooohhh senangnya duniyaaa...

Jadi tadi pagi ceritanya gw ke sono nih, ke embassy-nya Jerman. Letaknya adalah di Belgrave Square, deket stasiun Hyde Park Corner dan Knightsbridge. Daripada pusing-pusing mikirin bis, ya udah lah kita naik tube aja ya. Daripada telat karena pake acara nyasar, ya udah lah kita berangkat jauh lebih pagi aja. Lagian gw juga mesti mampir cash machine buat bayar visa fee itu. Gw pun berangkat jam 7.15 pagi untuk appointment jam 9 pagi.. ohhh teladannya akyu..

Nyampe di Belgrave Square itu jam 8 lewat gitu deh. Visa section-nya ternyata gak persis di Belgrave Square-nya, tapi agak di belakang gitu deh. Udah ada orang yang ngatri lebih dulu dari gw rupanya, ah kalian rajin betul sama ini negara semprul satu ini. Hokeh, berhubung gw bersama belahan jiwa gw berinisial SK, jadinya ya kita bersenda gurau aja dong. M'Eni sendiri akan dapet visa appointmentnya itu hari Senin, makanya dia hari ini ngikut biar sekalian tau di mana lokasi embassy-nya gitu.

Jam 9 teng, pintu embassy buka. Horeee kita akhirnya segera menuntaskan kesemprulan ini deh! Berhubung invitation letter untuk visa appointment gak nyampe ke gw, akhirnya gw ngasih liat aja paspor gw ke petugas yang di depan. Beberapa minggu sebelumnya, gw sempet telfon ke embassy nanyain kok surat undangan untuk visa appointment gw gak nyampe-nyampe. Kan enggak banget kalo sampe gw mesti bikin appointment ulang! Ih emoh. Gila apa??

Untungnya di pintu depan itu lancar. Gw ngasi liat paspor gw, lancarrr.. Sampe di dalem, ada loket awal gitu. Di situ gw dikasih nomor antrian lalu dikasih selembar kertas isian lagi. Awalnya ditanya dulu,"What nationality?" Gw jawab dengan baik dan gembira dong,"Indonesian." Trus dia sibuk memilih-milih kertas dan mengambil selembar kertas buat gw. Wah wah, rupanya gw mendapat kertas isian khusus.. hihihi..

Gw pun cari tempat duduk buat nunggu sembari ngisi kertas isian itu. Wah bener aja. Isiannya pas banget deh buat negara-negara sarang teroris. Pertanyaannya model gini: pernah tinggal di negara-negara Schengen lainnya? pernah menggunakan identitas yang berbeda? jadi anggota kelompok politik atau religius? pernah ikut kamp pelatihan? pernah mencari sumbangan buat kelompok tertentu? pernah melakukan tindak kejahatan? Halah halah.. passs deh emang buat gw warga sarang terorejing geneh.. hihihihi..

Gw dapet antrian nomor 6. Gw merhatiin orang-orang yang nomor antriannya sebelum gw, sembari ngeliat jam. Hmm, okeh. Cukup 3 menit aja yang dibutuhkan untuk ngurus visa ini di depan loket. Siip.. Di dalam visa section ini ada tiga loket buat ngurus visa, dua loket buat ngurus paspor, satu loket kasir dan dua loket lagi buat ngurus apaan tauk. Ruangannya sih asik-asik aja yak. Paling enggak lebih besar dan lebih modern dibandingin visa sectionnya kedutaan besar Indonesia di London. Huh.

Gak lama, nomor antrian gw muncul di papan. Asiik, biar cepet kelar deh. Gw kasih paspor gw, dokumen-dokumen yang gw bawa, plus fotokopi paspor. Negara-negara istimewa sarang teroris emang dapet tugas tambahan yaitu bawa fotokopi paspor. Berbangga hati lah... Okeh, si mas-mas petugasnya periksa-periksa dokumen gw sambil tanya-tanya dikit gitu deh. Tapi dia gak tanya horoskop gw, sial.

Trus beres deh. Dia pun bertanya: visanya mau diambil langsung atau dikirim lewat pos? Gw jawab, gw ambil langsung aja deh. Gw teringat surat undangan untuk visa appointment ke embassy ini yang gak kunjung dateng, jadi ya daripada daripada, mendingan gw ambil sendiri aja deh. Tapi setelah gw bilang gitu, gw berubah pikiran. Maklum, gw kan perempuan labil *tsah* Lalu gw bilang, eh lewat pos aja deh. Mas-masnya mulai ngeliat gw dengan bete. Yaaa kita kan konsumen.. bole dong ragu-ragu.. hihihi.. Lalu dia bilang, kalo lewat pos ada postal charge lagi. Kalo kuping gw bekerja dengan baik sih dia bilang £4 gitu yak. Waduh, kok mahal amat. Kan gw pelit. Jadinya gw ubah lagi deh pilihan gw, ehmm... gw ambil langsung aja deh! Okeh, dia menentukan tanggal kedatangan gw kembali untuk ambil visa itu yaitu tanggal 26 besok. Gw dikasih secarik kertas bernomor 52, di situ tertera 26 May 2006. Siiip...

Dia balikin paspor gw, berkas-berkas gw dimasukin dalam sebuah map, lalu gw disuruh bayar visa fee di kasir. Visa fee Jerman ini adalah 35 euro atau £25. Sip, gw bergeser ke loket kasir dan segera membayarkan ongkos urus visa ini. Okeh, gw memastikan lagi ke petugas di kasir bahwa gw tinggal dateng lagi ke embassy sesuai tanggal yang tercantum dan voila.. beres. Hokeh, dia mengiyakan. Lalu gw keluar deh.

Sampe di luar, gw beres-beresin berkas gw lagi sebelum masukin ke dalam tas. M'Eni pun bertanya, "Lho kok paspornya gak ditahan?" Dudidamdidam.. iya juga yak. Kan visa itu ditempel di dalem paspor ya.. tapi kenapa ini paspor ada di tangan gw? Ah tauk ah. Abis dia gak nahan paspor gw juga gituh. Bodo ah. Abis itu langsung aja deh gw dan M'Eni cabut dari sana.

Mampir HSBC dulu ambil kartu kredit dan Switch, mampir Tesco beli roti, mampir KFC beli makan siang, terus pulang deh.

Sampe rumah baru deh gw kepikiran lagi. Ini kenapa paspornya tetep ada di gw yak? Ini keteledoran mereka atau keteledoran gw atau semesatinya begitu? Gw mencoba mencari rasionalisasi aja deh. Jadi gw duga gini nih. Paspor akhirnya dibalikin ke gw karena gw pilih opsi untuk ambil langsung visanya ntar tanggal 26 Mei. Dengan begitu, kelak ketika gw nongol lagi, baru deh paspor gw dicap dan ditempelin itu visa ke Jerman. Nah, kalo gw pilih opsi kirim lewat pos, baru paspornya ditahan karena ntar mereka sekalian nempelin visa di dalem paspor gw.

Eh gitu gak ya? Huhuhuhuhu... Tauuukkk ahhhh..

1 Comments:

Blogger wordaholic said...

Cit, kok isian form-nya pertanyaannya gitu ya. Mangsud gua kok pertanyaannya lurus-lurus aja. Kalo gua yang ngisi--biarpun gua seorang kapiten eh seorang teroris--gua akan menyangkal semua pertanyaan yang menjurus. Gua akan jawab yang lurus-lurus aja. Kalo ntar dideteksi pake lie detector, gak tahu apa kalo Indo itu rajanya boong. Itu form kok gancel amat.

15/5/06 8:44 PM  

Post a Comment

<< Home