Friday, May 05, 2006

Tau Gini Mah Gak Repot Yak..

Setelah kedurjanaan yang gw lalui untuk membuat Verpflichtungserklärung alias formal obligation dari pengundang di Jerman kepada gw, akhirnya mengambil jalur mudah. Menjadi turis sejati dengan booking hotel, sehingga gak perlu ngurus surat undangan bajingan semprul itu.

Sesuai informasi dari M'Ayu, hotel yang bisa dibooking lalu dicancel begitu aja tanpa kena biaya pembatalan alias cancellation fee adalah Hotel Ibis. Hokeh. Mari kita berkelana dari satu hotel ke hotel Ibis lainnya.

Gw masuk dong ke situs Hotel Ibis. Lalu mengetik Koln di sana. Untuk cadangan, gw juga ngecek hotel di daerah Bonn. Ngecek harga aja gichuw lhow.

Tadinya gw agak cemas mesti tetep mencantumkan nomor kartu kredit kalo booking hotel. Soalnya kan kartu kredit HSBC gw belum kelar tuh, nah kan repot lagi kalo ternyata bener-bener mesti nungguin tuh kartu untuk pesen hotel. Huhuhuhuhu. Untungnya sih enggak. Ada pilihan untuk menggaransi reservasi dengan mencantumkan kartu kredit. Ya kalo gitu mah kita pilih yang tidak memberikan garansi doongss.. lah wong bakal gw batalin juga gitu. Hokeh, berarti beres sampai sini..

Satu hal yang gak habis gw mengerti adalah kebijakan hotel yang beda-beda. Idih, mereka itu kan satu perusahaan gitu yak, kenapa juga sih gak punya kebijakan yang sama? Heran! Cancellation policy tiap Ibis, bahkan di satu kota Koln aja itu yah, bisa beda-beda. Ada yang minta pembatalan maksimal 7 hari sebelum tanggal kedatangan, ada yang bisa dibatalin sampai jam 6 sore pada tanggal kedatangan, ada juga yang minta maksimal jam 4 sore. Trus ada juga hotel Ibis yang memberlakukan free cancellation fee, tapi mesti bayar harga kamar semalem buat jaminan. Idih, ade apeeee seeehhh...

Secara gw suka sok berjaga-jaga sekarang, jadinya gw dan M'Eni tetep milih harga rate hotel yang paling murah dan bebas cancellation fee. Pilihan pun jatuh pada Hotel Ibis Koeln West Frechen. Jangan tanya ya itu di mana... gak penting! Kan bakal gw batalin juga.. ya gak siy? Ratenya adalah 84 euro/malam, yang berarti total 588 euro buat 7 malam. Tapi lagi-lagi, harga juga gak penting, toh bakalan gw batalin juga toh? Betuuulll...

Trus pesen kamar dong. 1 room for 2 persons, karena kan gw bakalan bareng M'Eni. Gw mencantumkan nama Suhaeni Kudus sebagai pemesan. Hokeh, kita jajal reserve room nih. Horeee.. munculll... Tapi, pikir punya pikir... mmmm tar dulu deh. Di form reservasi itu kan berarti hanya tercantum nama Suhaeni Kudus. Iya sih 1 room for 2 persons, tapi kalo ntar keberadaan gw dipertanyakan sama petugas kedutaan Jerman gimana? Bagaimana gw membuktikan bahwa gw akan sekamar dengan si Suheni Kudus sebagai pemesan kamar?

Hadoooohhh.. ribet ya bo. Daripada daripada kan mendingan mendingan. Akhirnya itu reservasi yang udah dibikin trus dibatalin dan kita mengulang reservasi. Kini kita memilih 1 room for 1 person, lalu memesan kamar secara terpisah. Gw pesen sendiri, M'Eni pesen sendiri. Dengan begitu, maka ada nama kami masing-masing di dalam lembar konfirmasi reservasi itu. Nah, sip kan? Siiip...

Gile dah bow. Tau gini mah dari awal aja pesen hotel trus batalin yak.. daripada investasi emosi, kemarahan, kebetean dan kedurjanaan karena repot ngurusin Verpflichtungserklärung itu! Ah, namanya juga hidup.. penuh pelajaran-pelajaran baru yang berharga... *sok bijak* Kepada yang terkasih M'Ayu, M'Ging, Pak Hendra dan Ibu Ani... gw yakin kalian juga mendapat pembelajaran baru.. aih.. Besok-besok, kalo ada yang mau berkunjung, mendingan suruh booking Hotel Ibis trus batalin aja deh!

Okeh, sekarang cek dokumen untuk keperluan aplikasi visa Kamis mendatang. Visa application form? Sip. Colour photo? Ada. Bank statement? Kaya raya. Travel health insurance? Udah lah, gw dah bayar £20 gitu! Evidence of student status? Effortless! Means of transport? Paling pertama gw pesen. Hotel reservation? Beres.

So? AWAS YA KALO VISA GW GAK KELUAR!

2 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Gue akan turut berdoa semoga visa jerman loe keluar...bukan apa2..hanya demi kesehatan mental loe aja...kekeekkkekkk.....

5/5/06 4:00 PM  
Blogger wordaholic said...

Cit, kalo ke Jerman, nitip dong. Itu loh yang gua bilang tempo hari: aneka.... (lu cari di red district pasti nemu) kekekekeke

15/5/06 8:48 PM  

Post a Comment

<< Home