Sunday, September 03, 2006

Tukang Jilid

Eh, gw pamali gak sih ngomongin ngejilid disertasi dari sekarang? Kekekeke, kelar juga belooom gitu lhooo. Tapi gapapa dong. Namanya juga persiapan. Kali aja ngejilid di negara maju macam Inggris ini sama lamanya dengan buka bank account. Mana tau toh? Jadi yang namanya perencanaan, sodara-sodara, adalah hal yang pentiiiiinggg byanget.

Karena London bukan Depok yang punya Margonda dengan sederet tukang fotokopi dan jilid, maka kita perlu mencari tau di mana sebenernya kita bisa ngejilid. Caranya apalagi kalo bukan tanya ke la googlita. Gw google dong: binding. Wah kok yang keluar mesin-mesin buat ngejilid. Oke, kita persempit: binding dissertation london. Nah kan baru keluar. Mantep tuh.

Selidik punya selidik, keluarlah satu file dari University of London. Ternyata University of London punya daftar tukang jilid buat disertasi! Ajaiiibbbb.. Tukang jilid ada didaftar.. Emang ini negara edan pisan, bikin gw makin cinta aje! Ada 24 binders yang didaftar di situ. Wah ini daftar baru dibuat Agustus 2006 lho, berarti baruuuu banget dong. Hebriiinggg..

Oke, gw riset dong. Gw kan konsumen teladan, mesti riset harga dan membandingkan dulu sebelum membeli. Dengan segala sesuatu ada di internet gitu lhooooo keterlaluan aja kalo gak ngeriset dulu. Gw pilih-pilih beberapa binders yang kira-kira gak terlalu jauh dari rumah gw plus punya website.



Bentuk jilidannya ada macem-macem. Ada soft binding, ada hard binding. Wiiiih, kalo pake hard binding, berasaaaaa gayaaa deh booo. Huhuhuhu, jadi degdegan. Kalo soft binding-nya siy biasa-biasa aja yaaa. Ya karena tukang jilid ini pada rekanan sama University of London, jadinya ya mereka nge-bind dengan standar universitas. I wonder, emang standarnya kayak apa siy? Bukannya sama aja ya antar universitas? Ah, mereka bisa ajeeee..

Yang bikin males itu harganya. Mana ngerjainnya lama pula. Kalo mau murah, berarti pilih yang waktu pengerjaannya paling lama, yaitu sekitar 5 hari. Lima hari? Ih, disuruh lomba aja deh tuh sama tukang jilid Margonda! Pasti pada kalaaaaahhh semua. Huh. Untuk hard binding yang dikerjain 5 hari, harganya antara £23-27. Nah yang dikerjain ekspres, alias satu hari, harganya tentunya lebih mahal dong. Nyampe £45! Yaoloohh, mahal amat! Bujuuuggg daaahh..

Kalo soft binding, harganya lebih gak bikin degdegan lah. Pengerjaannya juga relatif lebih cepet, 1-3 hari. Yang 3 hari itu £13-16 gitu, sementara yang 1 hari itu £20. Halah beda tipis. Bedanya £10 gitu ngapa sih. Heraaann..

Nah riset ini membawa pencerahan ke gw. Artinya gw emang mesti kelar ngerjain disertasi sebelum tanggal 10 September. Biar cukup waktu buat ngeprint, lalu terkagum-kagum sama hasil print out gw, lalu nyediain waktu yang cukup untuk ngejilid. Deadline gw tanggal 15 September gitu lhoooo.

Tik tok tik tok tik tok tik tok..

Iye iye iye. Ini lagi ngerjain disertasiiii, huh.

Eh tapi asiknya sampul disertasi gw warna apa ya? Dudidamdidam.. Biariiinn deh isi disertasi gw acakadut, yang penting sampulnya kereeeennn.. Let's judge a dissertation by its cover!

8 Comments:

Anonymous Anonymous said...

adek, mamah aja udah wisuda. ayo cepetan selesaikan, terus pulang! ditungguin sasa. mau jemput di bandara.

3/9/06 3:03 PM  
Anonymous Anonymous said...

di tempat gue kalo mo jilid yg oke cuma 45 menit bayar 15 pound tuh. tapi gue jilid pake ring binding aja lah yang gretong....cuma perlu plastic cover ama kertas buffalo. gimana tuh cit?

4/9/06 12:14 AM  
Anonymous Anonymous said...

bouw, ngejilid kok repot. pake aja binder plastik panjang yang dulu suka buat jilid makalah pas SMP/SMA. inget, jangan ngeprint di kampus pas deadline, soalnya dijamin rame dan tinta pasti habis, ngeprint di warnet aja ya. good luck bouw! :-) gita

4/9/06 12:34 PM  
Blogger pippilotta said...

jadi jilid spiral aja kali yak? cuma £2 nih kalo di ULU. jaauuuhhh ya bo sama jilid soft cover. abis kalo tulisan 'thesis binding' pasti pilihannya soft atau hard siy, kan gw jadi keder.. apa emang mesti soft/hard gitu lhooo..

iya nih gw udah siap-siap kertas dan tinta di rumah. kalo niat, gw ngeprin di kampus sebelah aja, relatif lebih sepi.

4/9/06 12:39 PM  
Blogger pippilotta said...

eh iya. hoodies ULU-nya udah tuh. navy blue seperti pesenan. masa gw beli juga, huhuhu. kita udah gak serumah lagi sih. coba masih, kan gantian aja, kekekek..

4/9/06 12:50 PM  
Anonymous Anonymous said...

Untuk penjilidan rasanya sudah ada standarnya deh (warna, hard atau soft cover), jadi apa bisa milih2 warna atau penjilidan? Cek dulu tuh jangan sampe keliru

Pa2h

5/9/06 3:09 AM  
Blogger pippilotta said...

A simple ring binding, or even just a plastic hinge to hold the sheets in place is enough. Just check in the faculty office and they will show you. Easy.

nah tuh dari mark hobart, supervisor gw. manteeeepp. hidup ring binding murah meriah seharga £2! cihuuuyy!

5/9/06 8:12 AM  
Anonymous Anonymous said...

Cit, Kalau pingin Ring Binder yang agak bagus, jilid aja di FedexKinko samping PC World Tottenham Court Road, Belakangnya UCL Hospital, depan stasiun Warren Street agak menyamping sedikit. Tepat di samping Sainsbury (oh ya, depannya TESCO...he he he lengkap sudah dunia)
10 menit bisa ditunggu, sekitar £2.8, plus VAT...

7/9/06 11:27 PM  

Post a Comment

<< Home