Monday, December 05, 2005

On Open Air

Kekekeke, tadi dwongs gw diwawancara radio-nya SOAS, Open Air Radio.

Programnya berjudul "Listening Between the Lines", isinya semacam media monitoring gitu deh. Penyiarnya Catherine dan Becka, dua temen kuliah gw yang Transnational News. Diwawancara soal apa? Lah, apalagi kalo bukan soal embedded journalist? Kekekek, dagangan gw banget tuh :P



Ruangannya kecil bener, di lantai 5, kampus Russel Square. Cuma terdiri dari dua ruangan, satu studio dan satu lagi kayak ruang operatornya gitu. Tapi Open Air Radio itu pake sistem single-operator, makanya Catherine dan Becka yang emang gak pernah bersentuhan dengan piranti siaran radio, keliatan tegang banget pas mau mulai siaran. Kekek, padahal kalo gw disuruh siaran sambil ngoprek-oprek mixer juga panik ngkali.

Programnya cuma 30 menit sih. Lucu juga rasanya jadi narsum ya. Hahaha, padahal cuma duduk di sisi yang lain dari meja siaran, tapi rasanya pemandangannya sungguh beda. Pertama sih, setting-an ruangan itu gak terlalu enak. Jadi di sisi meja sebelah sana, adalah Becka dan Catherine itu, duduk sebelahan. Lalu di seberangnya adalah gw. Tapi diantara gw dan penyiar terhalang monitor kompie gede gitu. Dwoh gak enak bener. Gw bisa berhadapan dengan Catherin dengan baik, tapi Becka mesti ngintip-ngintip gitu kalo mau ngomong sama gw. Haha, gantung bener rasanya. Sementara eke kan kalo ngomong mesti menatap mata dong, biar konsen, jadinya ya juga gantung karena kehalangan monitor.

Biasa lah, obrolannya soal embedded journalist, kenapa gw ikut, reaksi publik gimana terhadap wartawan melekat, kantor gimana, bla bla bla. Udah di luar kepala untuk beberapa hal, tapi pengalaman gw siy, setiap kali gw cerita soal embedded journalist ini ke orang lain, selalu aja gw menemukan ada hal-hal yang gak gw ketahui. Soalnya kan gw di Aceh dan berita dari Aceh tentu saja bukan cuma yang gw liput. Karena itu gw jadi gak merasakan atmosfer di 68h sendiri selama memberitakan konflik Aceh.

Ini semua tentu saja bermula dari presentasi gw untuk kelas Transnational News Environment. Dengan ajaibnya, gw (dan Sadia, temen dari Pakistan, yang ternyata warga Chevening juga) kebagian tema tentang propaganda. Wadoh, keren banget tuh. Pas bener sama jati diri gw, tsaaaahhh... Nah pas presentasi itulah gw puter filmnya David O'Shea (SBS TV Australia) tersayang, "In Bed with TNI". Duh itu film pujaan banget deh. Tentu saja karena gw doyan banget tu film, bukan karena ada gw-nya di film itu, kekekekek... [btw, film ini bisa ditonton di sini atau ya pinjem aja sama gw, gw bawa nih]

Sejatinya, gw tergoda juga untuk bergabung di Open Air Radio ini. Tapi waktu dulu gw menanti-nanti pertemuan pertamanya di ruang G51 kalo gak salah, eh kok gak kunjung datang orang-orangnya. Karena gw pemalu dan males nunggu, jadinya gw cabut aja. Sempet diemail-in juga sih soal Open Air Radio ini, tapi kok jadi males. Lagian bacaan kuliah gw aja gak kelar-kelar, apa iya masih sempet ngurusin Open Air Radio?

Boong deng, alesan utamanya kan karena terlalu giat jadi turis :D

2 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Nah akhirnya punya pengalaman jadi narsum deh. Jadi kalau nanti lagi jadi penyiar, bisa ngerasaain bagaimana rasanya persaaan sang narsum :)

Papah

6/12/05 7:42 PM  
Anonymous Anonymous said...

iya, tauk tuh...jadi narsum tuh ga' selalu enak lageeee...apalagi kalo yang wawancara rada-rada (dodol gitu, maksudnya). udah dijawab, malah nanya yang tadi lagi. tsaaahhhh, mana seringkali live...susah menyembunyikan kejengkelan dwongs... - tatah

7/12/05 1:49 PM  

Post a Comment

<< Home