Sunday, June 18, 2006

Aaahhh Impiankuuuu...

Setelah mengenal Paris hanya lewat buku les di CCF pas SMP dulu, akhirnya gw benar-benar menjejakkan kaki di kota ini. Huhuhuhu... senangggnyaaa... Oh aku terharuuuuu... huhuhuhu...



Begitu sampe di Gare du Nord, gw dan M'Eni langsung berupaya mencari peta. Tujuannya tentu saja menemukan New Hotel Gare du Nord yang udah kita booking itu. Alamatnya di Rue de St Quentin, terletak persiiiis di seberang stasiun. Idih, caem banget dah.



Setelah nemu peta di stasiun, kita jalan keluar dari Gare du Nord ini. Aduuh duuhhh, gw berharap pemandangan yang lebih caem gitu. Begitu keluar stasiun, yaoloh, gak seru banget pemandangannya. Kayak Jakarta. Ribetnya, macetnya, joroknya, semrawutnya, kayak Jakarta banget deh! Gak menawan banget. Gak membuat hati berdesir-desir lah.. Di depan stasiun lagi ada perbaikan jalan, jadinya ya ada pagar-pagar seng di sana sini. Trus jalanan jadi maceeeetttt bener. Dan sumpah semrawut abis. Coba itu bandingkan dengan London yang teratuurrrr... olala...



Begitu kita keluar pintu, iiih langsung ketemu dong sama si New Hotel Gare du Nord ini. Caeemm. Sumpah mati persis di seberang Gare du Nord. Kita bergegas ke sana dan segera check in. Iiih bapak-bapaknya ramah banget. Menyapa dengan bahasa Inggris, kooperatif, ramah, aduh menyenangkan sekali dehhh. Gw sok-sokan belagu gitu dong, sesekali menyelipkan kosa kata bahasa Perancis yang masih nyangkut di kepala gw. Asal dia ngomongnya pelan-pelan mah gw masih bisa dehh, hihihi...

Kita dapet kamar di 422. Liftnya ampun dah keciiiiilll banget. Pas nyampe di lantai 4, ini lift ada persis di pengkolan gitu. Begitu keluar lift langsung tangga. Mana tangganya model yang muter gitu, jadinya ya bahaya banget gitu kalo gak ati-ati (segala yang gak ati-ati ya bahaya. bukan begitu?) Bergegaslah kita buka kamar nomor 422. Yak seperti apakah kamar seharga 69 euro semalam untuk kamar double standard?

Jeng jeng jenggg... ini dia kamar kamiiii... Gapapa deh kamar kecil. Yang penting persiiiisss di depan Gare du Nord!



Begitu kelar naro koper, cuci muka dikit biar seger, memastikan penampilan tetap prima di hari pertama di Paris, okeh, kita siap jalan-jalan! Di resepsionis, kita minta lagi peta dari si bapak baik hati itu. Okeeehh.



Peta metro-RER-bus udah ada di tangan, peta kota Paris juga udah siap. Berarti abis ini kita ke Gare du Nord untuk beli 1 carnet (terdiri dari 10 tiket yang bisa dipakai di metro/RER/bus) seharga 10.70 euro. Karena M'Eni adalah penghitung yang cermat, maka diputuskan bahwa kita beli 1 carnet untuk berdua. Toh kita cuma akan di Paris sampe Selasa siang, jadi mentok-mentok paling pake tranportasi sebanyak 5 kali. Manteppp..

Okeh. Agenda hari ini adalah Musee du Louvre sampe tutup. Soalnya kesempatan mendatangi Louvre hanya hari Minggu dan Senin, karena Selasa tutup dan udah gak sempet lagi pula kitanya. Okeh. Kita naik Metro (tube) nomor 4 menuju Chatelet. Mestinya dari situ udah deket sama Louvre.



Sip dah. Tiket udah di tangan. Lalu gimana makenya? Dudidamdidam. M'Eni pun nanya sama orang. Oooo ternyata sama aja kayak di London. Kayak kalo kita pake travel card gitu. Tinggal dimasukin tiketnya, trus ntar nongol lagi, diambil deh. Kita pun sukses sampai di platform. Tengok peta, oke, gak ada yang keliru.



Metro-nya pun lewat. Yaoloh, kayak PJKA aja warnanya. Putih bergaris ijo tosca gitu. Bedanya cuma ini kereta masih utuh pintunya, seperti kata M'Eni. Hihihihi. Gw berasa agak spooky gitu sih selama di stasiun Metro serta di dalam Metro-nya. Berasa gak aman gitu kalo ngeluarin kamera, misalnya. Apakah itu hanya perasaanku yang halus saja? Oh.



Di dalem, kursinya gak seasik tube London. Gak empuk gitu. Bener-bener berasa kayak kereta di Jakarta aja gitu. Sumpek, orang banyak yang berdiri, trusss.. ada yang ngamen! Yaoloohh.. Ini gw di mana sih sebenernya?

Kita nyampe juga di Chatelet. Gw agak overestimate sama pilihan pintu keluar, jadi kita asal keluar aja. Iiihh padahal mestinya keluar di Rue de Rivoli ajaaa gituuu.. eh malah sok-sokan keluar di jalan antah berantah gitu. Tapi emang agak membingungkan plang-plang di dalam stasiun Metro-nya sendiri. Mau keluar aja gw bulak balik kesasar gitu. Idiihhh... gak seru dehhh..

Akhirnya gw menyerahkan perjalanan pada M'Eni. Biarin deh dia yang sekali-kali membimbing gw dalam kegelapan dengan membaca peta. Kikikik.. jarang-jarang neh.. mesti dioptimalkannnn...



Setelah jalan-jalan gak keruan sembari mencari arah, akhirnya kita sampai di Gereja St Eustache. God knows apakah ini gereja ngetop atau enggak. Ya kita nikmatin aja deh.. hihihihi..



Abis itu kita jalaaaaaannn lagi sampe pegel linu. Tujuannya teteup mencari Musee du Louvre. Tak kenal menyerah, terus berusaha, terus berjalan... untuuunggg cuaca lagi bersahabat. Jadinya ya asiiikkk aja dahh.. Sampai akhirnya, kita lihatlah itu piramid dari kaca... Aaaahhh kita sudah sampaaiiii.. hore hore horeee... tepuk tangan duluuuuu..



Buru-buru masuk dooongg.. Ngantrinya gak lama, lalu ada pemeriksaan tas di mesin X-Ray bentar, trus masuuuk dehhh. Cihuuyy. Okeh, kita menuju mesin tempat kita harus membeli tiket masuk. Liat jam dikit. Nah lho, udah jam 5 sore! Idiihh, padahal ini museum tutup jam 5.30! Waduuuhh.. apa yang harus kita lakukaaannn..



Oke, tenang-tenang. Berarti jangan sampe masuk ke Louvre hari ini. Gile aja. Bayarnya 8.5 euro trus cuma ditempuh dalam setengah jam? Gak muksin banget. Menurut majalah yang gw baca di rumah M'Ging aja tuh ya, Museum Louvre baru akan kelar dalam 6 bulan jika menghabiskan 1 menit per barang yang dipajang di museum. Laahh, masa iya bisa dalam setengah jam? Gak mungkin toh. Lari-larian dalam museum aja bisa lebih dari setengah jam kaliiii...

Akhirnya diputuskan untuk say goodbye dulu sama Louvre. Sasaran kita selanjutnya adalah menyusuri Sungai Seine menuju Notre Dame. Idiihh, caem dahh..



Pertama, kita menyeberang Seine dulu lewat Pont Des Arts. Aduh menyenangkan. Coba itu bandingkan dengan jembatan-jembatan di Koln yang membelah Sungai Rheine (kenapa sih namanya mirip-mirip gini?), kering kerontang dan gak cantik, huhuhu. Okeh, stop comparing. Biarlah setiap kota punya jati dirinya masing-masing, kikikikik..



Trus kita jalan-jalan menyusuri sungai sembari nyatet harga-harga suvenir. Macem-macem gitu deh. Dari Eiffel mini, trus berbagai macam postcard dan lukisan berbagai tempat wisata di Paris. Mmmm menyenangkan. Tapi sebagai turis handal dan hemat, gak boleh langsung tergoda. Paling enggak tetep mesti bandingin harga dulu dan mencari penawaran termurah dong. Apalagi Seine ini pastiiii laris banget didatengin orang, dengan begitu logikanya ini tempat menjual suvenir dengan harga mahal. Tul gak? Semoga betul deh, hihihi..



Ah menyenangkannya berjalan sore hari di sini. Di sisi yang gw lewatin sih gak terlalu rame, jadi asik gitu lho. Setelah mampir sejenak di Pont Neuf, jembatan tertua di Paris, kita meneruskan perjalanan ke Notre Dame. Jauh juga yaaaa jalannyaaaa... huhuhu... Betis mulai cenut-cenut neehh..

Akhirnyaaaa nyampe jugaaa ke Notre Dame!



Udah udah udaaaahh... pegel aaahhh.. pulang aja yoookkkk.. Besok kan juga perjalanan jauh lagi karena udah barengan sama Citta dan Sly. Moulin Rouge-nya besok aja dehh barengan sama mereka.. yuk yuk yuk...

Pulang naik bus biar dapet pemandangan kota, berhenti di Gare du Nord, beli makanan di Asia Express, lalu ngelurusin kaki di hotel.. hhhhhh... sedeeeppp...

0 Comments:

Post a Comment

<< Home