Thursday, September 14, 2006

Mari Kita Terbang

Berangkat bepergian jauh emang selalu ribet. Apalagi ini mau pulang ke Indonesia, for good ceritanya. Setelah semalem gw gagal total tidur cepet demi mempersiapkan fisik buat perjalanan jauh, tadi pagi gw mesti bangun pagi-pagi banget. Jam 5 pagi M’Eni udah ngebangunin gw. Sial, tidur gak pake selimut ternyata teteup aja dingin. Jadilah tadi gw bangun dalam kondisi kedinginan gitu, huhuhu. Tita udah gak di kamar gw, tapi di kamarnya sendiri, yang entahlah ada di mana itu. Tita cuma sempet bilang kalo kamar dia ada di lantai 6, kamar nomor 1, tapi gatau di cluster yang mana.

Semaleman gw sibuk ngeluar-ngeluarin barang yang mau dilungsurin ke Tita. Padahal udah berkloter-kloter tuh Tita bulak-balik ambil barang lungsuran untuk dipindah ke kamarnya, tapi teteuup aja banyak itu barang yang tersisa. Semalem gw nyuciin piring dan gelas yang tersisa, lalu ditaro di kontener buat dibawa Tita. Semua barang itu gw taro di lorong depan kamar gw, biar gw gak gila dengan ada banyak barang di kamar gw.

Setelah bangun, gw nimbang koper untuk terakhir kalinya. Fiuh, udah 25-26 kilo gitu deh. Iya sih, masih lebih dari kapasitas bagasi yang diperbolehkan sama Malaysia Airlines, tapi paling enggak mudah-mudahan gak terlalu gimana-gimana deh. Huhuhuhu. Sekalian juga tentunya gw nimbang berat badan dungs, kikikik. Mayan, berat gw sekarang 53.4 kilo, gak buruk-buruk amat lah. Kekekekeke..

Gw nganter timbangan yang gw pinjem semalem dari Benny, tetangganya Djatu, ke kamar M’Eni. Koper M’Eni ternyata 25-an kilo juga. Wih bagus deh. Gak jauh-jauh amat. Amin. Tapi teteup aja ada barang-barang dari koper gw yang mesti dikeluarin. Kalo ngeluarin baju gw, gw pusing juga. Lah wong di lemari pakean di rumah itu udah second and third liner gw semua, bukan baju yang nendang-nendang laaahh, kekekek. Biar gimana pun juga, pan kita mesti dress to impress dong, hiehiehiehie.. Untungnya ada penawaran maha baik dari Djatu yang siap menampung barang-barang yang gw keluarin dari koper. Gw segera aja menyiapkan Tita untuk beli kardus ekstra demi menampung barang-barang gw dan M’Eni yang dikeluarin dari koper, lalu dikasih ke Djatu untuk dikirim lewat kontener.

Kelar urusan timbang menimbang, gw turun ke satpam dan nanyain nomor kamar dan nomor ekstensionnya Tita. Kali-kali aja tu anak belum bangun, padahal kan taksi gw nyampe jam 7 pagi. Tik tok tik tok tik tok. Akhirnya Tita berhasil gw telfon, dan dia segera ke kamar gw untuk ambil barang sisaan. Tivi akhirnya gw jual ke dia seharga £15 saja. Lah wong gw belinya juga cuma £25 gitu lhow dari Rizka caem yang keabisan duit buat bayar taksi ke Heathrow waktu itu, kikikikik..



Mandi, sarapan kilat, beresin kamar terakhir kali, foto-foto sama kamar gw yang kosong. Huhuhuhu. Gw akan meninggalkan kamar ini. Kamar yang setaun bareng gw. Kamar yang gw tempelin segala macem buat disertasi gw. Kamar yang pintu kamar mandinya gw tempelin rupa-rupa poster dan lupa gw copot lagi. Kamar yang kamar mandinya warna ijo. Kamar dengan tempat tidur bersprei ungu bersarung bantal pink. Kamar yang gerah jaya pas summer kemaren tapi teteup aja lebih dingin dari kamar M’Eni untuk musim apa pun. Kamar yang diinepin banyak orang. Kamar yang.. huhuhu.. kamar gw! Huhuhuhu..

Setelah mellow-mellow dikit sama kamar gw, huhuhu, gw segera turun ke bawah. Eh bener deh itu pak taksinya udah nungguin. Laki-laki tua berambut putih dikuncir kuda. Mukanya udah sepet aja karena kita terlambat 15 menit. Iya iya maap dong pak. Tuh kan jadi gak sempet foto-foto terakhir di depan asrama. Bahkan peluk cium sama Tita sebagai pewaris tahta Paul Robeson House aja gak kesampean. Ah sudahlah, daripada bikin itu bapak bete, mari kita segera berangkat.



Satu jam kemudian kita nyampe di bandara. Langsung menuju ke tempat check-in-nya Malaysian Airlines. Udah rada ngantri, tapi gak panjang. Di situ udah ada kotak buat ngukur hand luggage yang diperbolehkan sama Heathrow, yaitu ukuran 45x35x16 cm. Jadi tas yang kita bawa tinggal ditaro di dalam kotak itu, kalo tasnya masih muat dalam situ, berarti aman. Tas laptop gw agak gembung dikit, tapi ternyata masih ngepas banget sama ukuran kotak. Aman. Lancar.

Pas check in dan nimbang koper, tiba-tiba berat koper gw itu jadi 30kg, sementara koper M’Eni jadi 28kg. Lah kok nambah yak? Perasaan terakhir nimbang masih 25-26 kilo gitu. Wah, apa jadinya kalo isi koper gw gak dikeluarin? Bisa-bisa jadi 35 kilo kali tuh. Tapi untungnya dengan berat koper segitu, aman-aman aja. Mas-mas loket juga gak pake tanya-tanya atau protes karena barang kita terlalu berat misalnya. Dia dokem-dokem wae.

Yang lucu itu pas ditanyain sama mas-nya, “Do you have any other handbag?” Dari awal M’Eni memang bingung, apakah tas pinggang isi duit yang dia bawa itu mesti dilaporin sebagai handbag atau enggak. Kalo kata gw sih enggak. Lagian tas pinggang itu kan mestinya tas rahasia, yang orang lain gak tau. Namanya juga buat nyimpen duit. Tapi karena ditanya sama mas loketnya, eh langsung aja gitu si M’Eni ngangkat baju di bagian perut dan memperlihatkan tas pinggang yang melekat di perut itu, “Is this ok?” Dasar edun kowe. Perempuan berkerudung, di loket Malaysian Airlines, tiba-tiba angkat-angkat baju gitu lho di depan laki-laki, kiekeiekieke..



Makan Krispy Kreme yang-katanya-enak-banget-padahal-dia-donat-belaka sambil leyeh-leyeh dikit, abis itu segera saja kita masuk ke departure gate. Kali aja antrian masih panjang gitu lhow. Eh bener aja. Begitu masuk, antrian udah rada panjang. Baru deh dengan mata kepala sendiri gw ngeliat gimana ketatnya penjagaan di bandara.

Tiap orang dikasih satu kotak buat naro laptop. Jadi itu laptop emang mesti dikeluarin dari tasnya, trus ditaro di kotak yang disediain itu. Abis itu dikasih kotak berikutnya buat naro barang lain-lain, dari jaket, barang-barang dari kantong celana sampe sepatu. Jadilah itu pada nyeker gitu sebelum menuju mesin x-ray. Untung kaos kaki gw gak bolong.

Setelah itu kelar, beres deh. Tinggal belanja-belanja dikit, kekekeke. Masiih aja. Trus gw ngeliat antrian VAT. Dulu M’Yani emang pernah cerita soal dia yang rajin ngeklaim VAT, tapi dia gak memperjelas gimana caranya. Jadi ya gw iseng-iseng berhadiah aja ngantri di situ. Gw emang udah sempet ngumpulin kwitansi-kwitansi yang ada tulisan VAT receipt-nya di situ. Tapi setelah nanya sama mbak loket, ternyata ya gak bisa begitu caranya. Mestinya tuh pas baru beli barang, kita minta form VAT refund sama toko penjual, baru deh bisa mengklaim refund VAT. Karena modal gw cuma kwitansi aja, jadi ya gagal. Oooo ngono. Ya udah deh gapapa. Namanya juga iseng-iseng berhadiah doang.

Puter-puter dikit, abis itu muncul keterangan di monitor keberangkatan. Malaysia Airlines MH003, London-Kuala Lumpur, di gate 34. Okeh, mari kita berjalan ke sana. Ngantrinya mayan juga, tapi ya cepet aja, karena kan si petugasnya cuma ngecek paspor dan boarding pass aja. Lancar.



So far, flightnya baik-baik aja. Makanannya standar laaah, gak nendang-nendang amat, meskipun M’Eni teteup aja berharap salah satu makanannya adalah sambal udang ala C&R. Ya gak mungkin banget gak sih. M’Eni makan nasi dan ayam, sementara gw pilih ikan dan kentang. Sengaja milih menu beda, biar bisa icip-icipan, kikikkik.

Saat ini jam 7 malam di London. Tadi gw udah makblek tidur gitu begitu kelar makan siang. Salah timing nih kayaknya. Mestinya kan ya sekarang ini gw tidur, biar ntar gak jetlag-jetlag amat. Huhuhu. Tapi ya gimanaa dong. Namanya juga semalem kurang tidur.

Pantat gw udah mulai panas neh. Kapan nyampenya yak?

0 Comments:

Post a Comment

<< Home