Thursday, October 13, 2005

Pampasan Perang

Kali ini perjalanan gw ke rumahnya Yudi-Sari-Ansel sungguh luar biasa. Tadi pagi gw sendirian dateng ke sana, tanpa rombongan Tika dan Mbak Eni. Naik bis, sempet nyasar dikit, dikit sumpah (nyasar dikit kok jalan nyampe Shadwell cobaaa..) Setelah naik bis dua kali (tiga kali deng, kan sempet keterusan), trus dijemput Yudi di Iceland, akhirnya gw sampe lagi di rumah mereka.

Begitu gw sampai, bertegur sapa dengan Sari, lalu gw mengomentari satu kantong besar yang isinya pakaian. "Aih, kalian pasti udah kelar beres-beres ya untuk pulang Sabtu besok.." Trus gw duduk dong, menikmati ruangan yang hangat setelah ujan-ujanan menuju rumah Yudi.

Lalu Sari keluar kamar. Dan dia menunjuk kantong besar yang baru gw komentarin itu. "Cit, ntar itu bawa duvet-nya ya. Elu mau sweater lagi gak?"

Dweng-dweng. APA? Jadi kantong besar itu buat gw? Omigod! Ini kantong sumpeh geda banget gitu lho bow. Bayangin aja sebuah kantong yang bisa memuat sebuah duvet single dan sebuah duvet double. Coba tuh. Gile aja.

Lemes dah gw.

Lalu setelah itu Sari mulai bergerak ke arah dapur. Yak, satu karton dikeluarin. Isinya berbagai macam bumbu yang god knows how gimana gw menggunakannya. Ada coriander, ada mixed spice, ada kecap bango dua bungkus gede, ada saus tiram setengah botol gede, ada kecap asin, ada minyak goreng satu botol belum dibuka, ada mayonaise, ada .. duh, ada segalanya deh. Gw sampe puyeng sendiri.

Lebih puyeng lagi karena ada barang-barang yang masuk kategori 'buset, di jakarta aja gw gak bakalan kepikiran masak pake beginian, gimana di sini?'. Jadi barang-barang itu misalnya sambel pecel beberapa bungkus, terasi, asam, dan kemiri. "Sar, ini kemiri bakal apaan? Rambut?" Huekeke, dia pun menjawab "Alis dong bo."

Setelah itu, ibarat sulap, satu per satu barang di dapurnya beralih ke dalam kantong-kantong besar yang dipersiapkan untuk gw. Ada satu kantong gede yang isinya berbagai macam bumbu, termasuk beras, wajan, kursi kecil, tempat sampah kecil, dll. Juga ada tempat baju (yang kayak buat naro hasil seterikaan itu lho), satu kontainer kecil tanpa tutup, lalu isinya berbagai rupa-rupa juga. Trus jangan lupa dong, kantong geda yang isinya duvet itu. Gw langsung buru-buru menyarankan supaya duvet double itu dihibahkan saja ke Tika mengingat Ucup-nya akan segera tiba.

Ah jangan lupa juga. Kini gw punya rice cooker! Huray! Gak perlu ngantri rice cooker-nya Xiaoying lagi deh.. Tadinya Yudi dengan baik hatinya mau ngasih rice cooker PLUS magic jar hanya dengan harga 5 pounds saja. Tapi gw tolak dengan berat hati dan tangan, karena gak sanggup bawa magic jar lagi. Lagian tu magic jar geda gitu, lah emangnya gw mau makan segentong? Akhirnya gw mendapatkan rice cooker dengan gretong, asal gw ngebayarin travel card-nya Yudi untuk nganterin gw dan barang-barang pampasan ini. Deal!

Gw gak sanggup ngerinci dah barang apa aja yang dimasukin ke dalam dua kantong besar plus satu keranjang pakaian itu. Dan, oh jangan lupa. Ransel gw yang semula kempes kosong, langsung padat berisi dan montok gitu disesaki berbagai macam barang. Liat itu barang yang di belakang Ansel. Huhuhuhu, dan itu belum semuanyaaaa...



Karena barangnya begitu banyak, Yudi berbaik hati nganterin gw balik ke rumah. Duh, jelas aja gw gak sanggup pulang sendirian dengan barang yang segumbreng getoh. Untuk pulang, diputuskan untuk naik bis aja. Soalnya kalo naik tube, masya ampun, tobat dah. Mesti jalan lagi dari Kings Cross atau Angel dengan barang kayak rombongan sirkus gini? Nggak dah.

Akhirnya kita naik bis. Naik 115 dari deket rumah Yudi, depan Iceland, sampai Aldgate station. Lalu lanjut dengan 205 sampe depan rumah gw. Huayah, ngos-ngosan abis tuuuh... Barangnya berat-berat byanget!

Stelah Yudi pulang, gw menggelar barang-barang pampasan perang itu. Gw telfon Mbak Eni dong buat bagi-bagi barang. Begitu masuk kamar, Mbak Eni langsung ngikik gitu. "Buset, gak kurang banyak?"



Ini dia barang-barangnya setelah digelar di kamar gw.

Haduh, puyeng gw. Belum sebulan tinggal di London, kok barang gw rasanya banyak banget gitu. Walhasil, udah ada barang yang gw umpetin di bawah meja dan kolong tempat tidur. Kantong besar itu gw biarkan terisi duvet single, lalu ada juga kantong berisi bumbu-bumbu yang bisa bertahan lama. Lalu di kolong tempat tidur, gw selipin kantong besar berisi panci dan peranti makan yang sedianya-buat-Tika-tapi-belum-diambil itu. Ah, jangan lupa juga ada lampu meja yang ada di dalam lemari (ada yang mau gak?)

Gw juga segera bebenah kamar. Isi koper gw bongkar, lalu koper gw umpetin di bawah meja. Keranjang pakaian gw pake untuk naro semua pakaian gw. Bumbu-bumbu segera gw ungsikan ke dapur, ih gw langsung berasa koki profesional itu dengan bumbu-bumbu aneh ini.

Sabtu besok, Yudi-Sari-Ansel akan pulang ke Jakarta. Yudi udah ketawa-ketawa aja ngebayangin dia bakal segera ikut arisan keluarga besar Alibasah. "Haha, iya ya, arisan. Udah ampir dua taun gini gw gak ikut arisan," begitu kata dia. Ansel pasti langsung jadi pusat perhatian keluarga besar karena dia emang menawan betul anaknya.

Titi dj ya bow. Maaci buat semua pampasan perangnya!

2 Comments:

Blogger Dyah Puspita said...

Bener-bener pampasan perang!! Begitu kelar ngliat semua foto-foto elo, uti langsung minta ditelponin eyang sarjono. Dan bertukar-pikiranlah mereka tentang "betapa beruntungnya citra ketemu yudi disana"...he..he..
Uti langsung excited karena dapet saran dari eyang sarjono bahwa 'duvet' elo yang putih bersih itu bisa dikembalikan...cihuy...
BTW, bibi trenyuh lihat elo cuma makan ama tempe. Gue disuru kirim kering-keringan kesana. Malah dia nanya "emang ga' ada yang jualan disana?" ha..ha.. bibi tea...
Eh, elo bilang mau ngumpetin koper di bawah meja? Geda gitu?

14/10/05 11:30 AM  
Blogger pippilotta said...

waduh gawat. duvet gw belinya di toko kecil gitu, di chapel market. lagian udah dedel duwel gitu, benangnya pada copot. yang penting kan sekarang ada duvet cadangan dari yudi-sari.

hush, perspektifnya dibalik dong. "betapa beruntungnya yudi-sari ketemu citra" kalo nggak kan bumbu-bumbu itu dibuang percuma, begitu juga barang-barang lain.

pemulung itu jangan dianggap negatif. karena kami ikut membersihkan dunia. tsaaaahhh... ngeles!

14/10/05 6:08 PM  

Post a Comment

<< Home